Sejarah Bola Voli Pantai

Bola Voli Pantai
Sejarah Singkat

Permainan bola voli pantai pertama kali dimulai pada tahun 1920-an, berawal dari sebuah kota yang bernaman Santa Monica, yang terletak di wilayah California. Permainan yang merupakan perkembangan dari permainan bola voli ini mulai mengembangkan sayapnya di wilayah Eropa dengan lamban. Penyebarannya ke wilayah- wilayah yang terdapat di benua Eropa mulai terlihat pada sekitar tahun 1930-an, sepuluh tahun setelah pertama kali diciptakan. Perkembangan permainan ini betul-betul berjalan dengan lamban. Hal ini dapat dilihat pada masa kepopulerannya. Permainan bola voli pantai ini baru mulai terkenal pada sekitar tahun 1980-an.


Brazil dan Amerika Serikat adalah dua negara yang selama berpuluh-puluh tahun telah berkecimpung dan mendominasi permainan bola voli pantai pada kelas internasional. Selain Brazil dan Amerika Serikat, belakangan ini Australia juga telah muncul sebagai negara terkuat yang ketiga dalam permainan bola voli ini. Beberapa negara yang lain, yang terletak di Eropa juga telah berusaha untuk terus mengembangkan potensi mereka.


Pameran Voli Pantai internasional pertama

Pada tahun 1986, pameran Voli Pantai internasional pertama di Rio de Janeiro diselenggarakan dengan 5.000 penonton. Juga, di Champions Voli Brasil, pemain voli pantai Jackie Silva, Isabel Salgado, Renan, Bada, William, Montanaro, Jackie Silva, Isabel Salgado, Vera Mossa, Regina Uchoa, bersama dengan para pemain pantai Amerika Pat Powers dan Sinjin Smith menjadi terkemuka angka dalam pertumbuhan internasional Voli Pantai. Juga di tahun 1986, Australia Beach Pro Circuit dimulai.

Pada tahun 1987, sanksi FIVB internasional pertama turnamen Voli Pantai dijalankan di Rio de Janeiro, Brazil. Hadiah uang adalah $ 22,000. Sinjin Smith dan Randy Stoklos adalah pemenang. Pada tahun 1990, Voli Pantai FIVB pertama Sirkuit Internasional memiliki total sebesar $ 140.000 di hadiah uang. Turnamen ini bernama Seri Dunia dan terdiri dari turnamen laki-laki di Brazil, Italia, dan Jepang. Banyak penggemar dibiarkan berdiri keluar dari stadion karena penuh, sementara Sinjin Smith dan Randy Stoklos menjadi Men’s Worl Champions (Juara Dunia Laki-laki)

Pada tahun 1992, uang hadiah mencapai $ 950.000 untuk Voli Pantai World Series. Seri ini terdiri dari enam peristiwa.
Kompetisi Bola Voli Pantai FIVB wanita pertama yang pernah dalam sejarah voli pantai terjadi di Almeria, Spanyol.

Juara Dunia Perempuan pertama adalah Nancy Reno dan Karolyn Kirby.

Sinjin Smith dan Randy Stoklos menjadi Juara Dunia untuk 5 kali.

Pada tahun 1993, untuk pertama kalinya dalam sejarah voli pantai, voli menjadi olahraga Olimpiade ketika Komite Olimpiade Internasional memberikan status medali olahraga. Dua puluh empat tim laki-laki dan perempuan delapan belas tim akan bersaing untuk Voli Pantai pertama Olimpiade Medali Emas di Olimpiade Atlanta 1996 mendatang.

Franco Neto dan Roberto Lopes dari Brazil pertama non-Amerika untuk memenangkan Men’s World Champions. Kirby Karolyn dan Masakayan Liz adalah Juara Dunia Wanita.

Pada tahun 1994, Voli Pantai FIVB World Series tops 1 juta dolar dalam total hadiah uang dengan dua belas turnamen. Pada tahun 1994, Voli Pantai termasuk dalam Goodwill Games diadakan di St Petersburg, Rusia.

Brasil, Amerika Serikat, dan Chile tuan rumah event Voli Pantai Perempuan FIVB.

Juara Dunia Pria adalah Kvalheim Jan dan Maaseide Bjorn (Norwegia) dan Juara Dunia Wanita adalah Monica Rodrigues dan Samuel Adriana (Brasil).

Pada tahun 1995, Voli Pantai FIVB World Championship Seri 27 total turnamen baik untuk pria dan wanita menyediakan US $ 3,5 juta di hadiah uang.

Brasil tim Franco Neto dan Roberto Lopes memenangkan Kejuaraan Dunia. Franco dan Roberto mencetak rekor dengan tujuh turnamen menang di musim ini. Jackie Silva dan Sandra Pires yang Champions Perempuan.

Pada tahun 1996, FIVB Kejuaraan Dunia Voli Pantai Seri memegang 29 turnamen dan hadiah uang sampai dengan $ 4,3 juta.

Brazil Ze Marco dan Emanuel Rego mendominasi Kejuaraan Dunia Jackie Silva dan Sandra Pires memenangkan Kejuaraan Perempuan. Rego set catatan FIVB laki-laki untuk hadiah uang  dalam satu musim, $ 174.000.

Pada tahun 1997, Brasil Ze Marco dan Emanuel Rego kontrol Tour Kejuaraan untuk beberapa tahun berturut-turut mengulang sebagai Champions Men’s. Adriana Behar dan Bede Shelda memenangkan Kejuaraan Perempuan.

Pada tahun 1998, pertama kali dalam sejarah voli pantai FIVB World Tour, laki-laki dan pemain perempuan dihargai hadiah uang total yang sama, $ 170.000.

Tim menerima informasi tentang bagaimana untuk lolos ke Olimpiade berikutnya. Dua puluh empat tim laki-laki bersama dengan jumlah yang sama tim wanita akan bersaing dalam Olimpiade 2000 di Sydney.

Sebuah kampanye televisi besar memberikan paparan besar bagi World Tour.

Beach Volleyball termasuk sebagai olahraga utama bagi South East Asian Games, Central and Pan-American Games, and Universiade.

The FIVB memperkenalkan peluang baru untuk amatir dengan menyediakan Challenger, satelit, dan turnamen Amatir.

Lebih dari 120 Federasi Nasional sekarang memiliki acara reguler Voli Pantai.

Pada tahun 1999, Kejuaraan Dunia Pria dan Wanita diselenggarakan di Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah voli pantai.

Untuk pertama kalinya, Beach Volleyball termasuk dalam Pan American Games.

Brasil Jose Loiola dan Emanuel Rego dan Adriana Behar dan Shelda Bede mendominasi Kejuaraan Dunia lagi.

Pada tahun 2000, Brazil mendominasi musim laki-laki dengan tiga tim gabungan untuk memenangkan sembilan dari tiga belas event. Para wanita Amerika mendominasi musim perempuan dengan tiga tim menyelesaikan di peringkat empat teratas dan menggabungkan untuk memenangkan tujuh dari tiga belas event.

Pada tahun 2004, Misty May dan Kerri Walsh memperpanjang kemenangan turnamen beruntun dengan 14 kemenangan setelah mengalahkan Holly McPeak dan Elaine Youngs di Hellas Terbuka. streak Misty dan Kerri’s dari 14 turnamen berturut-turut istirahat Karch Kiraly/Kent Steffes dan Greg Lee/Jim Menges rekor 13.

Shelda Beda dan Adriana Behar mendapatkan banyak kemenangan  dalam sejarah voli pantai tim perempuan dengan 31 kemenangan mereka bersama-sama dalam Japan Open.

Pada tahun 2005, Adriana Behar, dengan menyelesaikan medali perunggu nya di Swiss Open di Gstaad, menjadi wanita pertama yang dalam sejarah voli pantai pernah ke atas satu juta dolar dalam kemenangan karir FIVB.

Sumber