Sejarah Renang Gaya Kupu-Kupu

Renang Gaya Kupu-KupuPada akhir tahun 1933, perenang Amerika Serikat bernama Henry Myers berenang gaya kupu-kupu di perlombaan renang Brooklyn Central YMCA.

Gaya kupu-kupu merupakan hasil pengembangan gaya dada. Pelatih renang David Armbruster dari Universitas Iowa meneliti masalah hambatan air sewaktu berenang gaya dada. Pada tahun 1934, Armbruster diduga telah memperbaiki metode mengayunkan lengan ke depan sewaktu berenang gaya dada. Armbruster menyebut gaya "baru" tersebut sebagai gaya "kupu-kupu".

Walaupun gaya kupu-kupu sulit dipelajari, perenang gaya kupu-kupu bisa berenang lebih cepat. Pada tahun berikutnya (1935), perenang Jack Sieg dari Universitas Iowa mengembangkan teknik menendang seperti sirip ekor ikan, Sieg berenang dengan tubuh dimiringkan ke salah satu sisi. Ia menyebut tendangannya sebagai "tendangan sirip ekor lumba-lumba".

Armbruster dan Sieg lalu bersama-sama mengembangkan kedua teknik ini menjadi gaya renang yang sangat cepat. Satu ayunan lengan kupu-kupu dipadu dengan dua tendangan lumba-lumba. Richard Rhodes mengklaim bahwa Volney Wilson adalah orang yang menciptakan "tendangan lumba-lumba" setelah mempelajari gerakan ikan. Volney Wilson mencoba gerakan barunya di penyaringan wakil Amerika Serikat untuk Olimpiade 1938. Hasilnya, Wilson terkena diskualifikasi.


Artikel yang berhubungan dengan Renang Gaya Kupu-Kupu:

Aturan lainnya:

Pengertian Renang Gaya kupu-kupu

 Renang  Gaya kupu-kupu
Gaya kupu-kupu adalah salah satu dari empat gaya renang yang diperlombakan dalam Olimpiade. Karena gerakan kakinya, gaya ini juga dikenal sebagai gaya lumba-lumba/dolphin.

Gaya ini merupakan turunan dari gaya dada/gaya katak. Dengan posisi dada menghadap ke bawah, kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah, lalu ke belakang, dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan di atas permukaan air. Pada saat tarikan tangan ke belakang, kedua belah kaki secara bersamaan menekan ke bawah. Gerakan kaki dan tangan ini dilakukan untuk mendorong badan bergerak ke depan (atau ke atas permukaan air untuk mengambil nafas). Pada saat kepala masuk kembali ke dalam air, tangan mengikuti masuk, dan kaki kembali menekan ke bawah. Gerakan kaki naik-turun menyerupai gerakan sirip ekor lumba-lumba. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air.

Berbeda dari gaya lainnya yang umumnya mudah dikuasai, perenang pemula memerlukan waktu lebih lama untuk mempelajari koordinasi gerakan tangan dan kaki dalam gaya kupu-kupu. Sebagian besar pemula juga menganggap gaya kupu-kupu sebagai gaya tersulit untuk dipelajari. Dibandingkan ketiga gaya berenang lainnya, teknik gerakan yang buruk dalam gaya kupu-kupu tidak dapat ditutupi dengan besarnya tenaga yang dikeluarkan perenang.


Dibandingkan gaya renang lainnya, berenang gaya kupu-kupu memerlukan kekuatan yang besar dari perenang. Perenang tercepat gaya kupu-kupu dapat berenang lebih cepat dari perenang gaya bebas. Kecepatan renang gaya kupu-kupu didapat dari ayunan kedua belah tangan secara bersamaan. Gaya kupu-kupu adalah gaya renang terbaru dalam pertandingan renang. Perenang gaya kupu-kupu pertama kali ikut dalam lomba renang pada tahun 1933.


Artikel yang berhubungan dengan Renang Gaya Kupu-Kupu:

Aturan lainnya:

Renang Gaya Bebas

Gaya bebas (bahasa Inggris: front crawl) adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian "dicambukkan" naik turun ke atas dan ke bawah. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan keluar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. Dibandingkan gaya berenang lainnya, gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air.



Latihan Teknik Pernapasan Pada Renang Gaya Bebas

Teknik pernapasan pada renang gaya bebas dilakukan dengan cara memutar leher ke kanan atau ke kiri dan bersamaan dengan itu tangan melakukan gerak tarikan. Atau ketika tangan melakukan gerak dorongan, mengambil udara melalui mulut saat di atas permukaan air.

Latihan pernapasan pada Renang Gaya Bebas
Latihan pernapasan pada Renang Gaya Bebas

Latihan 1
Melakukan teknik pernapasan renang gaya bebas berpegangan di dinding kolam. Latihan tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  1. Posisi badan telungkup terapung di permukaan air, kedua tangan memegang dinding kolam, kedua kaki lurus kebelakang.
  2. Lakukan gerakan pukulan kaki sebanyak dua kali pukulan dan putar leher ke kanan atau ke kiri, lalu hirup udara diatas permukaan air melalui mulut.
  3. Setelah bernapas melalui mulut, lalu masukkan lagi muka ke dalam air dan buang napas di alam air. Latihan ini dilakukan berulang-ulang.

Latihan 2
Melakukan teknik pernapasan renang gaya bebas dengan berpegangan pada papan pelanpung. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  1. Posisi telungkup di atas permukaan air. Badan, kedua kaki dan lengan lurus memegang papan pelampung.
  2. Lakukan gerakan kaki sebanyak dua kali atau empat kali, lalu putar leher ke kanan atau ke kiri, ambil napas melalui mulut diatas permukaan air.
  3. Masukkan lagi muka ke dalam air dan buang napas dilakukan berulang-ulang.

Latihan 3
Melakukan teknik pernapasan renang gaya bebas dengan posisi badan terapung diatas permukaan air. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Posisi terlungkup di atas permukaan air dengan badan, kaki, dan lengan lurus.
  2. Lakukan gerakan kaki dan tarik lengan kanan ke belakang, lalu putar leher ke atas dan hirup udara melalui mulut.
  3. Saat lengan diputar dan masuk di air, lalu putar kembali leher dan masukkan muka ke dalam air dan buang napas di dalam air.
  4. Latihan dilakukan berulang-ulang.

Sikap Tubuh Dalam Renang Gaya Bebas

Posisi badan pada renang gaya bebas adalah telungkup datar (sedatar mungkin dengan permukaan air) atau streamline sehingga tahanan air dapat ditekan sekecil mungkin. Kunci posisi badan yang baik terletak pada sikap kepala. Dengan kata lain, kepala merupakan kemudi dari posisi badan. Bila kepala terangkat maka bagian bawah dari badan, yaitu pinggang dan kaki akan turun.<

Oleh sebab itu, harus dijaga agar kepala tidak boleh diangkat, tetapi menoleh ke samping ketika mengambil napas. Berikut ini sikap tubuh yang perlu diperhatikan dalam renang gaya bebas.
  • Posisi tubuh pada saat berenang adalah streamline atau sejajar sedatar mungkin dengan permukaan air.
  • Tubuh harus berputar pada garis pusat atau sumbu rotasinya.
  • Hindarkan kemungkinan terjadinya gerakan-gerakan tangan atau kaki yang mengakibatkan tubuh menjadi naik-turun atau meliuk-liuk.

Koordinasi Gerak Dalam Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas memerlukan koordinasi yang baik antara gerakan kaki, gerakan tangan, teknik pengambilan napas, teknik pengeluaran napas, serta penempatan posisi badan yang benar.

Pergerakan dimulai dari posisi mengapung telungkup, dengan posisi kaki diayunkan. Ayunkan kedua kaki bergantian ke atas dan ke bawah secara terus-menerus. Ayunkan tangan kiri ke depan untuk masuk kembali ke dalam air, sedangkan tangan kanan digerakkan naik ke permukaan air. Pada saat itu, gerakkan kepala ke kanan untuk mengambil napas.

Namun, jika kita lebih suka bernapas ke kiri, maka ayunkan tangan kanan ke depan untuk masuk kembali ke dalam air dan tangan kiri akan naik ke permukaan air. Saat itu tolehkan kepala ke kiri untuk mengambil napas. Ulangi langkah-langkah tersebut dengan tetap selalu menggerakkan kaki ke atas dan ke bawah.

Koordinasi gerakan ayunan tangan atas, gerakan kaki, dan sistem pernapasan pada renang gaya bebas agak rumit dilakukan secara bersamaan, sehingga beberapa kesalahan terkadang dilakukan selama berenang dengan gaya bebas. Untuk itu, berikut ini diberikan beberapa tips dalam berenang gaya bebas.


Latihan Gerakan Dalam Renang Gaya Bebas

Untuk mendapatkan hasil lebih baik lagi dalam berenang dengan gaya bebas diperlukan beberapa latihan, latihan-latihan ini juga sangat baik diberikan kepada anak-anak yang ingin belajar berenang dengan gaya bebas, latihan-latihan yang dapat dilakukan dalam renang gaya bebas yaitu Latihan meluncur, Latihan gerakan kaki, Latihan gerakan tangan, dan Latihan mengambil nafas. Berikut ini tata cara pelaksanaan latihan gerakan renang dalam gaya bebas.


Latihan Meluncur
  1. Berdiri di pinggir kolam dan salah satu kaki menempel pada dinding kolam.
  2. Badan dibungkukkan ke depan sejajar dengan permukaan air dan kedua lengan diluruskan.
  3. Tolakkan kaki yang menempel pada dinding kolam sekuat-kuatnya dan pertahankan agar badan tetap lurus.
  4. Pertahankan posisi kaki dan tangan tetap lurus sejajar dengan permukaan air sampai berhenti. Usahakan jangan mengambil napas selama dalam keadaan meluncur.
  5. Lakukan berulang-ulang sampai memiliki kecepatan dan jauh ke depan.

Latihan Gerakan Kaki
  1. Latihan gerakan kaki dapat dilakukan secara bersama-sama pada waktu latihan meluncur. Atau dengan cara berdiri menghadap dinding kolam, kedua tangan berpegangan pada dinding kolam
  2. Kedua kaki diluruskan ke belakang dengan posisi badan tertelungkup.
  3. Kaki digerakkan ke atas dan ke bawah secara bergantian dalam keadaan lemas (rileks).
  4. Gerakan kaki dimulai dari pangkal paha.

Latihan Gerakan Tangan

Latihan di tempat.
  1. Berdiri dengan badan dibungkukkan dan kedua tangan lurus.
  2. Kemudian tangan kanan ditarik ke bawah sambil menekan air sampai berada di bawah badan.
  3. Pada waktu tangan sampai di bawah badan, siku cepat dibengkokkan dan tangan diangkat ke atas kembali ke depan lagi.
  4. Lakukan secara bergantian antara tangan kanan dan kiri.
  5. Lakukan secara berulang-ulang.

Latihan Mengambil Napas
Dalam latihan bernapas dapat dilakukan secara bersama-sama dengan latihan gerakan tangan.

1. Latihan di tempat, cara pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
  • Prinsipnya sama dengan latihan gerakan tangan di tempat.
  • Pada waktu siku dibengkokkan dan diangkat, pada saat itu pula kepala dimiringkan sehingga muka keluar dari permukaan air untuk menghirup udara (bernapas).
  • Waktu mengambil napas biasanya dilakukan pada waktu gerakan tangan kanan saja
  • Perbandingannya 2 kali menarik tangan sekali mengambil napas.
2. Latihan sambil meluncur, cara pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
  • Pada prinsipnya sama dengan latihan di tempat, hanya dilakukan dalam keadaan meluncur.
  • Cara mengambil napas dilakukan satu arah saja, yaitu ke arah kanan.

Latihan Teknik Gerakan Kaki Pada Renang Gaya Bebas

Gerakan kaki dalam renang gaya bebas berperan sebagai tenaga pendorong atau penggerak dan terutama berperan sebagai pengatur keseimbangan tubuh saat berenang didalam air. Untuk dapat menguasai gerak kaki saat berenang, perlu dilakukan beberapa latihan.

Latihan Teknik Gerakan Kaki Pada Renang Gaya Bebas
Latihan Teknik Gerakan Kaki Pada Renang Gaya Bebas


Berikut ini adalah bentuk-bentuk latihan gerakan kaki pada renang gaya bebas yang dapat dilakukan oleh perenang.


Latihan 1

Latihan gerak dasar menendang sambil duduk di pinggir kolam. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara melakukan gerakan kaki menendang bergantian kanan kiri, dan sumber gerakan dari pangkal paha. Latihan ini dilakukan sambil duduk di pinggir kolam.


Latihan 2

Latihan gerakan kaki pada renang gaya bebas dapat dilakukan dengan bantuan salah seorang teman. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara meminta bantuan teman untuk memegang kedua lengannya ketika di dalam air.

Lengan, badan, dan kaki diluruskan. Teknik gerakan kaki naik turun, kanan dan kiri bergantian. Pada saat menggerakkan kaki, perenang maju ke depan, sedangkan teman yang memegang lengan bergerak mundur


Latihan 3

Latihan gerakan kaki renang gaya bebas dilakukan dengan cara kedua tangan berpegangan pada papan pelampung. Latihan ini dapat dilakukan ketika didalam air dengan menggunakan papan pelampung sebagai pegangan tangan.

Lengan, badan, dan kedua kaki lurus, teknik gerakan kakinya sama dengan gerakan pada latihan sebelumnya. Pada saat kaki digerakkan, perenang bergerak maju ke depan.


Latihan Teknik Gerakan Lengan pada Renang Gaya Bebas

Sebelumnya kita telah melakukan latihan teknik gerakan kaki pada renang gaya bebas, selanjutnya kita akan melakukan latihan teknik gerakan lengan pada renang gaya bebas. Akan tetapi sebelum kita melakukan latihan, terlebih dahulu kita perlu mengetahui tahap-tahap dalam gerakan lengan dalam renang gaya bebas yaitu sebagai berikut.


1.  Pull (gerakan menarik)
Dimulai dari posisi lurus ke depan, kemudian lengan ditarik silang di bawah dada dengan siku dibengkokkan. Gerakan menarik, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Menarik di bawah tubuh pada garis tengah.
  • Menarik di bawah tubuh agak jauh dari garis tengah.
  • Menarik di bawah tubuh mendekati garis tengah.
  • Menarik di bawah tubuh menyilang garis tengah.
2.  Push (gerakan mendorong)
Setelah siku mencapai bidang vertikal bahu dilanjutkan dengan gerakan mendorong sampai lengan lurus ke belakang.


Recovery (gerakan istirahat)

Setelah gerakan mendorong selesai dan tangan lurus ke belakang, dilanjutkan dengan mengangkat siku keluar dari air, diikuti dengan lengan bawah dan jari-jari secara rileks kemudian digeser ke arah depan di atas permukaan air. Selanjutnya jari-jari dimasukkan ke dalam air. Gerakan istirahat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Siku diangkat tinggi.
  2. Siku diangkat sedang.
  3. Siku diangkat rendah atau menengah lurus.

Berikut ini beberapa latihan teknik gerakan lengan pada renang gaya bebas yang dapat dilakukan oleh perenang untuk lebih menguasai gerakan lengan ini


Latihan 1

Perenang dapat berlatih melakukan gerakan lengan renang gaya bebas, dengan kedua paha mengapit papan pelampung. Posisi kedua kaki, badan, dan tangan lurus, serta badan terapung di atas permukaan air.


Latihan 2

Siswa dapat berlatih melakukan gerakan lengan renang gaya bebas dengan kedua kaki dipegang oleh teman dari belakang. Berikut ini cara melakukan latihan lengan dengan bantuan teman.

Lakukan sikap telungkup di atas permukaan air. Kedua kaki dipegangi teman dari belakang, hingga posisi kedua kaki dan badan lurus. Lakukan gerakkan tangan kiri dan tangan kanan secara bergantian. Ketika tangan kiri selesai mengayuh dan mulai diangkat keluar dari dalam air, tangan kanan langsung masuk ke dalam air dan mengayuh ke belakang begitu seterusnya.


Sumber pustaka :
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Atmaja Budi Sarjana, Bambang Trijono Joko Sunarto; editor, Bambang Trijono Joko Sunarto. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • BSE (Buku Sekolah Elektronik) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Daru, Tito.&#8212;Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian
  • Pendidikan Nasional, 2010. BSE (Buku Sekolah Elektronik) Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • BSE (Buku Sekolah Elektronik) Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • (Buku Sekolah Elektronik) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan/Sodikin Chandra, Achmad Esnoe Sanoesi; editor, Ema Kurnianingsih.;Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Atmaja Budi Sarjana, Bambang Trijono Joko Sunarto; editor, Bambang Trijono Joko Sunarto. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Atmaja Budi Sarjana, Bambang Trijono Joko Sunarto; editor, Bambang Trijono Joko Sunarto. ;Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Artikel yang berhubungan dengan Renang Gaya Bebas:

Aturan lainnya:

Sejarah Renang Gaya Bebas

Alfred Hajos, perenang yang memenangkan pertama medali emas Olimpiade.
Alfred Hajos, perenang pemenang medali emas pertama Olimpiade.
Manusia sudah berenang gaya bebas sejak zaman kuno. Di dunia Barat, gaya bebas pertama kali dilombakan tahun 1844 di London. Perenang dari suku Indian dengan mudah mengalahkan perenang Inggris. Walaupun demikian, pria Inggris waktu itu menganggap gaya bebas tidak elegan, karena banyak memercikkan air ke sana ke mari. Dalam lomba renang, perenang Inggris tetap mempertahankan gaya dada.

Sewaktu pergi ke Argentina antara tahun 1870 dan 1890, pelatih renang John Arthur Trudgen mempelajari gaya bebas dari penduduk asli Amerika Selatan. Berbagai sumber menyebut angka tahun yang berbeda-beda, namun tahun 1873 adalah angka tahun yang paling sering dikutip. Namun di Inggris Trudgen memakai gerakan kaki menggunting seperti gaya samping dan bukan gerakan kaki lurus melecut naik turun seperti gaya bebas yang dikenal orang sekarang ini. Gaya renang campuran yang diperkenalkan oleh Trudgen disebut gaya trudgen.

Gaya trudgen dikembangkan oleh perenang Australia Richmond (Dick) Cavill, putra dari instruktur renang Inggris "Profesor" Frederick Cavill yang menetap di Australia sejak 1879. Frederick Cavill memiliki enam anak laki-laki yang semuanya perenang mahir, Ernest, Charles, Percy, Arthur (Tums), Sydney, dan Richmond (Dick). Ketika Dick dan "Tums" sedang mengembangkan gaya trudgen, mereka berdua melihat Alick Wickham yang berenang dengan gerakan kaki lurus melecut naik turun. Wickham adalah orang Kepulauan Solomon yang tinggal di Sydney. Dalam Kejuaraan Renang Internasional 1902, Richard Cavill memenangi lomba renang 100 yard dengan catatan waktu 58,8 detik. Ketika ditanya nama gaya renang yang dipakainya, menurut salah satu dari anggota keluarga Cavill, "seperti merangkak (crawl) di dalam air". Di kemudian hari, gaya renang yang dikembangkan Cavill disebut gaya krol (crawl).

Pada 1905, setelah bertemu dengan perenang Australia Barney Kieran yang mengadakan tur di Inggris pada 1905, perenang gaya trudgen asal Amerika Serikat Charles Daniels memutuskan untuk menguasai gaya krol Australia yang dipelajarinya dari Kieran. Gaya krol Australia diubah sedikit oleh Daniels menjadi gaya bebas seperti dikenal orang sekarang.


Artikel yang berhubungan dengan Gaya Bebas:

Aturan lainnya:

Pengertian Renang Gaya bebas

mengambil nafas saat renang gaya bebas
Perenang gaya bebas sedang mengambil napas.
Gaya bebas (bahasa Inggris: front crawl) adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian "dicambukkan" naik turun ke atas dan ke bawah. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan keluar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. Dibandingkan gaya berenang lainnya, gaya bebas
merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air.

Tidak seperti halnya gaya punggung, gaya dada, dan gaya kupu-kupu, Federasi Renang Internasional (FINA) tidak mengatur teknik yang digunakan dalam lomba renang kategori gaya bebas. Perenang dapat berenang dengan gaya apa saja, kecuali gaya dada, gaya punggung, atau gaya kupu-kupu. Walaupun sebenarnya masih ada teknik-teknik renang "gaya bebas" yang lain, gaya krol (front crawl) digunakan hampir secara universal oleh perenang dalam lomba renang gaya bebas, sehingga gaya krol identik dengan gaya bebas.


Artikel yang berhubungan dengan Gaya Bebas:

Aturan lainnya:

Renang Gaya Dada

Pengertian Renang Gaya Dada

gambar Renang Gaya Dada
Gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, namun berbeda dari gaya bebas, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki.


Teknik Cara Meluncur

Sebelum melakukan renang gaya dada, seorang perenang harus mampu melakukan teknik meluncur dengan baik. Berikut ini adalah tahap-tahap latihan teknik meluncur:
  1. Berdiri di pinggir kolam rapat dengan tembok kolam.
  2. Salah satu kaki ditekuk ke belakang sehingga telapak kaki menempel pada dinding tembok kolam.
  3. Kedua lengan lurus ke depan, dengan telapak tangan menghadap ke bawah dan badan bungkuk di atas permukaan air.
  4. Saat sudah siap kaki yang satu lagi segera diposisikan seperti kaki yang sebelumnya menempel pada dinding kolam. Hentakkan kedua kaki sehingga mendorong badan, kaki lurus segaris dengan badan dan tangan meluncur ke depan.
  5. Tubuh lurus di atas permukaan air (stream line).
Gerakan ini diulangi beberapa kali sampai dapat melakukannya dengan baik.


Cara melakukan renang gaya dada
    Video cara melakukan renang Gaya dada / katak
  1. Bahu harus sejajar dengan air dan kedua tangan menjulur ke depan bersamaan dengan majunya badan.
  2. Tangan kembali ke belakang di bawah permukaan air sambil mendorong agar melaju cepat.
  3. Kedua kaki ditekuk dan ditarik ke arah depan, hingga kedua kaki merapat dan lurus kembali.
  4. Kepala harus selalu berada di atas air, kecuali sewaktu start dan berputar balik.
  5. Waktu berbalik dan finish harus menyentuh dinding dengan kedua tangan secara serempak dan sama tinggi dengan kedua bahu dalam sikap mendarat.

Latihan renang gaya dada 
  1. Kedua kaki menjepit atau dikaitkan pada pinggiran kolam, sedangkan lengan dan badan lurus sejajar air.
  2. Kedua lengan ditarik keluar atau ke samping sampai berjarak kira-kira 30 cm.
  3. Membengkokkan kedua siku sedikit dan lengan bagian atas diputar seperlunya, kemudian menarik kedua telapak tangan ke belakang dengan kuat sampai sejajar dengan bahu, dengan posisi siku tinggi.
  4. Memutar telapak tangan ke arah dalam, sampai kedua telapak tangan bertemu di bawah dada, kedua siku merapat di bawah dada, gerakan dilakukan dengan kuat.
  5. Setelah kedua telapak tangan dan kedua siku merapat di bawah dada, dorong kedua lengan lurus ke depan, kemudian usahakan kedua lengan rileks dalam posisi horizontal.

Sikap Badan Saat Berenang Dengan Gaya Dada

Sikap Badan di Atas Air - Sikap badan pada saat melakukan renang gaya dada adalah badan tetelungkup dan mendatar pada permukaan air. Seluruh anggota badan harus rileks agar tidak mengeluarkan tenaga yang sia-sia. Ketika meluncur badan harus dalam posisi mendatar pada permukaan air, sedangkan pada saat mengambil napas badan sedikit menurun dari permukaan air. Sementara itu, kepala terletak di atas permukaan air dan lebih tinggi dibandingkan dengan kaki.

Gerakan Tungkai atau Kaki - Gerakan tungkai atau kaki pada renang gaya dada diawali dengan kaki lurus ke belakang dan rapat, kemudian kedua kaki ditarik, sedangkan kedua tumit tetap berdekatan. Sementara itu, kedua lutut terpisah kira-kira selebar bahu. Gerakan menarik kedua kaki ini harus perlahan-lahan karena ini merupakan gerakan kontra.
Selanjutnya, kedua kaki dibuka dan ditutup kembali dengan cepat dan merupakan pukulan cambuk sehingga kedua kaki lurus dan rapat kembali. Dengan gerakan yang cepat dan pukulan cambuk ini, badan akan meluncur ke depan. Pada saat gerakan meluncur, tahanan ke muka kecil sekali karena kedua kaki dan kedua lengan lurus ke depan. Setelah gerakan maju berkurang, gerakan menarik kedua kaki dan gerakan mencambuk diulang lagi.

Gerakan Tangan atau Lengan - Gerakan tangan dalam renang gaya dada pada prinsipnya terbagi menjadi dua tahap, yaitu gerakan menarik dan kembali. Pada saat melakukan gerakan menarik kedua tangan, kedua siku menyamping, kedua tangan terpisah melebar sampai kedua tangan di bawah dagu.
Ketika menarik kedua lengan, kepala terangkat untuk mengambil napas, kemudian telapak tangan menghadap ke bawah, sedangkan kedua lengan diluruskan kembali ke depan bersamaan dengan memasukkan kepala ke dalam air untuk mengeluarkan napas. Gerakan menarik harus dilakukan dengan kuat agar badan dapat meluncur ke depan. Pada gerakan kembali harus dilakukan dengan perlahan-lahan karena gerakan ini merupakan gerakan kontra.


Gerakan Kaki Dalam Renang Gaya Dada
  1. Saat tubuh hampir sejajar dengan permukaan air, kedua paha dibuka cukup lebar.
  2. Tariklah kedua tungkai kaki bawah ke atas secara maksimum.
  3. Akhir dari tarikan, arahkan telapak kaki dengan memutar pergelangan mata kaki sehingga telapak kaki mengarah kepada sikap untuk mendorong.
  4. Kedua kaki secara serentak menjejak air, hingga kedua kaki membentuk setengah lingkaran dan diakhiri dengan lecutan tungkai.
  5. Doronglah air dengan kedua tungkai secara serentak, sehingga tungkai membentuk setengah lingkaran dengan diakhiri oleh suatu lecutan pergelangan kaki. Kedua kaki berada dalam satu garis yang lurus di belakang tubuh. Gerakan kaki mendorong tubuh ke depan.

Urutan gerakan kaki pada renang gaya dada
  1. Sikap kedua kaki lurus ke belakang saling berdampingan.
  2. Tarik kedua kaki dengan serentak sehingga membentuk sudut pada bagian lutut, dibantu oleh kedua paha membuka.
  3. Setelah mengambil menyudut, lakukan perputaran pergelangan kaki dengan telapak kaki siap mendorong dan mengarah ke luar.
  4. Doronglah telapak kaki secara serentak dan kuat ke samping sehingga membentuk setengah lingkar an di atas.
  5. Dorongan dilakukan secara serentak dan dengan tenaga yang maksimum sambil diakhiri dengan lecutan kedua ujung telapak kaki.
  6. Dalam akhir sikap mendorong, selanjutnya mulai bergerak untuk menutup kedua kaki.
  7. Tutuplah kedua kaki secara serentak sebagai sambungan dari akhir lecutan kaki. Kedua kaki menutup kembali lurus di belakang seperti permulaan.

Latihan gerakan kaki renang gaya dada

Latihan gerakan kaki renang gaya dada dilakukan dengan beberapa model pembelajaran, yaitu:
  • Gerakan kaki dengan meluncur ke depan
  • Gerakan kaki dengan berpasangan.
  • Gerakan kaki dengan pelampung.

Pelaksanaannya:
  • Sikap badan tertelungkup.
  • Kedua tangan berpegangan pada dinding kolam.<
  • Kepala berada di permukaan air dan kedua kaki diluruskan.
  • Kedua kaki ditarik ke samping dengan kedua tumit dirapatkan.
  • Kemudian kedua kaki diluruskan sambil membuat lecutan pada waktu ditutupkan.
  • Pergelangan kaki tetap lemas.
Lakukan secara berulang-ulang dengan kecepatan dan kekuatan penuh sehingga akan terasa adanya dorongan badan meluncur ke depan. (Berbagai sumber)


Artikel yang berhubungan dengan Gaya Dada:

Aturan lainnya:

Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI)

Logo PRSI
Persatuan Renang Seluruh Indonesia disingkat PRSI adalah organisasi yang mengatur kegiatan olahraga renang di Indonesia. PRSI berdiri pada tanggal 21 Maret 1951 di Jakarta dengan ketua umum pertamanya adalah Prof. dr. Poerwo Soedarmo.


Sejarah

Sebelum kemerdekaan, di negara Indonesia telah ada beberapa kolom renang yang indah dan baik tapi hanya diperuntukkan bagi para bangsawan dan penjajah saja. Salah satunya adalah kolam renang Cihampelas di Bandung yang didirikan pada tahun 1904.

Pertama-tama berdiri perserikatan berenang diberi nama Bandungse Zwembond atau Perserikatan Berenang Bandung, didirikan pada tahun 1917, perserikatan ini membawahi 7 perkumpulan yang di antaranya adalah perkumpulan renang di lingkungan sekolah seperti halnya OSVIA, MULO dan KWEEKSCHOOL. Pada tahun yang sama juga berdiri perkumpulan-perkumpulan berenang di Jakarta dan Surabaya.

Tahun 1918 berdiri West Java Zwembond atau Perserikatan Berenang Jawa barat dan pada tahun 1927 berdiri pula Oost Java Zwembond atau Perserikatan Berenang Jawa Timur yang beranggotakan kota-kota seperti: Malang, Surabaya, Pasuruan, Blitar dan Lumajang. Sejak saat itu pula mulai diadakan pertandingan maupun antar daerah.

Hingga tahun 1940, Nederlands Indishce Zwembond atau NIZB telah beranggotakan 1200 perenang. Pada zaman pendudukan Jepang tahun 1943 - 1945, kesempatan untuk bisa berenang bagi bangsa Indonesia semakin besar, karena pemerintahan pendudukan Jepang membuka seluruh kolam renang di tanah air untuk masyarakat umum. Periode tahun 1945, perkembangan olahraga renang di tanah air menurun, karena saat itu bangsa Indonesia dalam kancah perjuangan melawan penjajah.

Hingga tanggal 20 Maret 1951, dunia renang Indonesia berada di bawah pimpinan Zwembond Voor Indonesia (ZBVI) dan kemudian sejak tanggal 21 Maret 1951 lahirlah Persatuan Berenang Seluruh Indonesia yang kemudian disingkat PBSI. Kongresnya yang pertama di Jakarta, berhasil mengukuhkan Ketua yang pertama, Prof. dr. Poerwo Soedarmo, dibantu oleh wakil ketua, sekretaris, bendahara dan komisi teknik.

Tahun 1952, PBSI menjadi anggota resmi dari Federasi Renang Dunia - FINA (singkatan dari Federation Internationale de Natation). dan International Olympic Committee (IOC).

Hingga tahun 1952 telah terdaftar sebanyak 29 perkumpulan, tergabung dalam PBSI. Oleh karena itu kemudian didirikan top-top organisasi olahraga berenang di tingkat daerah.

Pada tahun 1954, berlangsung kongres PBSI ke II, diselenggarakan di Bandung dengan menghasilkan susunan pengurus yang diketuai oleh D. Seoprajogi, ditambah satu sekretaris, bendahara dan 3 komisi teknik.

Kongres PBSI yang ke III diselenggarakan di Cirebon, di kongres ini terpilih kepengurusan dengan ketuanya tetap dijabat D. Soeprajogi, ditambah 3 pengurus lainnya.

Untuk ke IV kalinya PBSI menyelenggarakan kongres pada tahun 1957 di Makassar Kongres ini menghasilkan beberapa keputusan, di antaranya memilih susunan kepengurusan yang baru dengan ketua D. Soeprajogi. Atas permintaan peserta kongres istilah persatuan dalam singkatan PBSI, diganti menjadi Perserikatan. Dengan demikian PBSI dalam hal ini menjadi singkatan dari Perserikatan Berenang Seluruh Indonesia. Pada tahun 1959 diadakan Kejuaraan Nasional Renang. Kejuaraan ini untuk pertama kalinya mengadakan pemisahan antara Senior dan Junior di Malang, Jawa Timur.

Kongres PBSI ke V, di mana pada kongres itu di samping memilih kepengurusan baru yang ketuanya masih tetap dipercayakan kepada D. Soeprajogi, juga kongres ini merubah nama Perserikatan Berenang Seluruh Indonesia (PBSI) menjadi Perserikatan Renang Seluruh Indonesia (PRSI). Perubahan ini timbul dengan pertimbangan bahwa terdapatnya dua induk organisasi olahraga yang mempunyai singkatan sama PBSI. Selain cabang olahraga renang, singkatan ini juga digunakan oleh Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia.

Pada Kongres di Malang Jawa Timur Ketua PRSI, D. Soeprajogi di dampingi oleh 2 wakil ketua, dua sekretaris, bendahara, pembantu umum ditambah komisi teknik dengan 2 orang anggota.

Kemajuan olahraga renang secara keseluruhan berkembang kian pesat dan dalam tahun 1962, berhasil menampilkan nama-nama besar seperti Achmad Dimyati, Mohamad Sukri di bagian putera, sementara Iris, Tobing, Lie Lan Hoa, Eny Nuraeni serta banyak lagi di bagian puteri.

Dalam tahun 1963 di Jakarta, kembali PRSI menyelenggarakan kongres dan berhasil menyusun kepengurusan baru dengan ketua umum D. Soeprajogi. Selanjutnya didampingi 3 orang ketua, 2 orang renang, loncat indah dan polo air. Keputusan lain yang diperoleh dalam kongres PRSI ke VI itu adalah merubah kembali istilah "Persatuan". Hingga sekarang PRSI merupakan singkatan dari Persatuan Renang Seluruh Indonesia.

Meskipun dalam falsafahnya bahwa olahraga itu tidak bisa dikaitkan dengan politik. Namun dalam kenyataannya perkembangan politik di dalam negeri pada waktu itu membawa pengaruh besar terhadap perkembangan olahraga. Pada tahun 1963 Indonesia harus mengundurkan diri dari pesta olahraga GANEFO, di mana pesertanya ada beberapa negara yang memang belum menjadi anggota FINA. Untuk menghindarkan kemungkinan adanya skorsing, Indonesia dalam hal ini PRSI mengambil langkah pengunduran diri sebagai anggota FINA. Pada tahun 1966, Indonesia kembali menjadi anggota FINA. Pada tahun itu Indonesia mengambil bagian dalam Asian Games ke V di Bangkok.

Musyawarah PRSI ke VII berlangsung kembali di Jakarta pada tanggal 24 - 27 April 1968. Salah satu keputusannya mengukuhkan kepengurusan baru PRSI dengan ketua umum tetap dipercayakan kepada D. Soeprayogi, di tambah dengan 2 orang ketua, 2 sekretaris, bendahara dan panitia teknik yang terdiri atas 3 orang masing-masing untuk renang, loncat indah dan polo air. (Wikipedia)

Aturan lainnya:

Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI)

logo Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI)Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (atau disingkat PBVSI) adalah induk organisasi olah raga bola voli di Indonesia. Organisasi ini didirikan pada 22 Januari 1955 di Jakarta.


Sejarah

Cabang olah raga ini sebernarnya sudah dekenal sejak masa kolonial Hindia Belanda, tepatnya tahun 1926. Yang membawa olahraga ini ke Indonesia adalah para guru Pendidikan Jasmani Belanda, yang bertugas di sekolah-sekolah lanjutan HBS dan AMS). Akan tetapi pada waktu itu, permainan bola voli belum tempat di hati masyarakat.

Permainan bola voli, resmi dipertandingkan dalam Pekan Olaraga Nasional ll yang diselenggalarakan di Jakarta pada tahun 1951. Setelah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) lll di Medan pada tahun 1953, pada pertengahan tahun 1954 Pengurus ikatan Perhimpunan Volleyball Soerabaia (IPVOS) di dalam rapat pengurus antara lain memutuskan untuk membentuk suatu induk organisasi bola voli di Indonesia.

Agar ide tersebut dapat segera terwujud, dikirimkanlah seorang utusan ke Jakarta untuk menemui Pengurus Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Atas bantuan dokter Azis Saleh, yang pada waktu itu adalah Ketua Komisi Teknik Komite Olmpiade Indonesia, diadakan suatu pertemuan antara ikatan Perhimpunan Volleyball Soerabaia (IPVOS) dan Persatuan Volleyball Indonesia Djakarta (PERVID). Pertemuan tersebut diselenggarakan di salah satu ruangan Stadion Ikada. Hadir pula pada waktu itu tokoh-tokoh olahraga yang berdomisili di Jakarta.

Adapun keputusan-keputusan yang dihasilkan pada pertemuan tersebut antara lain:
  • Ikatan Perhimpunan Volleyball Soerabaia (IPVOS) dan (PERVID), menyetujui untuk menjadi perintis (sponsor) bagi pembentukan induk organisasi bola voli di Indonesia.
  • Bapak Wim J. Latumeten, ditunjuk sebagai formatur tunggal dengan tugas membentuk pengurus pertama induk organisasi bola voli tersebut.
Kemudian pada tanggal 22 Januari 1955 , formatur menyelenggarakan suatu rapat pembentukan Induk Organisasi Bola Voli di Stadion Ikada Jakarta. Maka sejak itu, tanggal 22 Januari 1955 secara resmi menjadi hari lahir Persatuan Bola Voli Seluruh indonesia. Yang disingkat “PBVSI” dengan susunan kepengurusan yang pertama sebagai berikut:
  1. Ketua : Wim J.Latumeten
  2. Wakil Ketua : Erwin Baharuddin
  3. Penulis/ Bendahara : Soewarno
  4. Komisi Pertandingan : S. Adiwidjaja
  5. Komisi Teknik/Pemilih : da Graza
  6. Anggota-anggota : Alamuddin Nasution, Soemadi, R. Heins, Coenraad, W. Jacom, Soebroto.
Kesungguhan bekerja dari pengurus BPVSI dapat dibuktikan antara lain dengan terwujudnya Kongres PBVSI yang pertama di Jakarta, diselenggarakan dari tanggal 28 Mei sampai dengan 30 Mei.

Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia sebagai induk organisasi bla voli tertinggi di tanah air disahkan oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI), tepatnya bulan maret 1955. Pengesahaanya dari Internasional Volleyball Federation yang berkedudukan di Paris, Perancis telah pula diterima. Sumber: https://www.facebook.com/GarudaMudaCilegonVolleyballClubGmcvc/posts/557422194299329

Aturan lainnya:

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia

Logo PERBASI
Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia
Logo resmi PERBASI
Singkatan: PERBASI
Pembentukan: 23-10-1952
Jenis: Organisasi Olahraga
Kantor pusat: Gedung Bola Basket
Lokasi: Jl. Asia Afrika Senayan, Jakarta, Indonesia
Ketua Umum: Anggito Abimanyu
Situs web: http://www.perbasi.or.id
Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia disingkat 'Perbasi' merupakan organisasi pengatur olahraga bola basket di Indonesia. Didirikan 23 Oktober 1952.


Sejarah

Perbasi didirikan pada tahun 1952, di mana Tony Wen dan Wim Latumeten diminta oleh Maladi yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk menyusun organisasi olahraga bola basket Indonesia. Atas prakarsa kedua tokoh ini, pada tanggal 23 Oktober 1952 dibentuklah organisasi bola basket Indonesia dengan nama Persatuan Basketball Seluruh Indonesia disingkat Perbasi. Tony Wen menduduki jabatan ketua serta Wim Latumeten sebagai sekretaris. Tahun 1955 namanya diubah dan disesuaikan dengan perbendaharaan bahasa Indonesia, menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia dan tetap disingkat Perbasi.

Perbasi menganut sistem vertikal berjenjang, yang dimulai dari tingkat perkumpulan, pengurus cabang (pengcab) Perbasi, pengurus daerah (pengda) Perbasi, sampai kepada pengurus besar (PB) Perbasi. Dalam perjalanannya PB Perbasi telah beberapa kali berganti kepengurusan. Tercatat pengusaha muda Noviantika Nasution pernah menjabat sebagai Ketua Umum PB Perbasi masa jabatan 2006-2010, setelah sebelumnya jabatan Ketua Umum dipegang oleh Gubernur DKI, Sutiyoso.

Saat ini Ketua Umum PB Perbasi dipegang oleh mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Republik Indonesia Anggito Abimanyu, setelah unggul 133 suara dari satu calon lainnya Azul Ananda di Musyawarah Nasional Perbasi di Jakarta. (Wikipedia)

Aturan lainnya:

Nomor Yang dipertandingkan dalam Renang Standar PRSI

Sebelumnya Aturan Permainan telah memposting artikel "NOMOR PERLOMBAAN RENANG DALAM OLIMPIADE". Kali ini kami akan membahas tentang Nomor Renang yang dipertandingkan dalam perlombaan renang berdasarkan peraturan pertandingan Persatuan Renang Seluruh Indonesia ( PRSI ) yang berpedoman kepada FINA ( Federation Internationale de Natation Amateur ).
renag gaya bebas
Gaya Bebas

Dalam renang gaya bebas, peserta putera dan puteri memiliki jarak tempuh yang berbeda. Untuk Putra memiliki jarak jarak tempuh 100m,200m,400m, dan 1500m. Sedangkan untuk peserta puteri, jarak yang ditempuh adalah 100m, 200m, 400m, dan 800m.


Gaya Dada

Dalam renang gaya dada, nomor renang untuk Putra dan putri 100m dan 200m. Gaya yang dilombakan:
  • Gaya kupu-kupu 100m dan 100m dan 200m
  • Gaya punggung 100m dan 200m

Gaya ganti Putra dan Putri

Urutannya yaitu : 200m dan 400m
  1. gaya kupu-kupu
  2. gaya punggung
  3. gaya dada
  4. gaya bebas

Estafet
  • Putra : 4 x 100m dan 4 x 400m
  • Putri : 4 x 100m
  1. gaya punggung
  2. gaya dada
  3. gaya kupu-kupu
  4. gaya bebas

Kelompok umur
  • Kelompok IV usia perenang di bawah 10 th
  • kelompok III usia perenang 11-12 th
  • kelompok II usia perenang 13-14 th
  • kelompok I usia perenang 15-17 th

Aturan lainnya:

Nomor Perlombaan Renang dalam Olimpiade

Setiap diadakan lomba renang pastilah terdapat beberapa nomor yang diperlombakan. Perlombaan renang terdiri dari nomor-nomor perlombaan menurut jarak tempuh, jenis kelamin, dan empat gaya renang (gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada).

Michael Phelps di Olimpiade Beijing 2008.
Michael Phelps di Olimpiade Beijing 2008.
Berikut ini nomor-nomor renang putra dan putri yang diperlombakan dalam Olimpiade:
  1. Gaya bebas: 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m (putri), 1500 m (putra)
  2. Gaya kupu-kupu: 100 m, 200 m
  3. Gaya punggung: 100 m, 200 m
  4. Gaya dada: 100 m, 200 m
  5. Gaya ganti perorangan: 200 m, 400 m
  6. Gaya ganti estafet: 4 x 100 m
  7. Gaya bebas estafet: 4 x 100 m, 4 x 200 m
  8. Marathon 10 km.
Pada nomor gaya ganti perorangan, seorang perenang memakai keempat gaya secara bergantian untuk satu putaran, dengan urutan: gaya kupu-kupu, gaya punggung, gaya dada, dan gaya bebas. Pada nomor renang gaya ganti perorangan 100 m, perlombaan diadakan di kolam renang lintasan pendek 25 m.
Pada nomor 4 x 100 m gaya ganti estafet, satu regu diwakili empat orang perenang yang masing-masing berenang 100 m. Perenang pertama memulai dengan renang gaya punggung, dilanjutkan perenang gaya dada, perenang gaya kupu-kupu, dan diakhiri oleh perenang gaya bebas.

Aturan lainnya:

Peraturan Perlombaan Dalam Renang

start renang
Pada nomor renang gaya kupu-kupu, gaya dada, dan gaya bebas, perenang melakukan posisi start di atas balok start. Badan dibungkukkan ke arah air dengan lutut sedikit ditekuk.

Pada nomor gaya punggung, posisi start dilakukan di dalam air dengan badan menghadap ke dinding kolam. Kedua tangan memegang pegangan besi pada balok start, sementara kaki bertumpu di dinding kolam, dan kedua lutut ditekuk di antara kedua lengan. Posisi start gaya punggung juga dipakai oleh perenang pertama dalam gaya ganti estafet.

Wasit start memanggil para perenang dengan tiupan peluit panjang untuk naik ke atas balok start (bersiap di dalam air untuk gaya punggung dan gaya ganti estafet). Perenang berada dalam posisi start setelah aba-aba Siap (Take your marks dalam bahasa Inggris) diteriakkan oleh wasit start. Start dinyatakan tidak sah bila perenang meloncat dari balok start sebelum ada aba-aba. Hingga tembakan pistol start dimulai, tubuh perenang harus dalam keadaan diam.


GAYA BEBAS

Gaya bebas berarti bahwa dalam suatu nomer perlombaan yang disebutkan demikian perenang boleh melakukan renangan gaya apa saja, kecuali dalam nomer perlombaan gaya ganti perorangan dan gaya ganti estafet, gaya bebas berarti gaya lain apa saja yang bukan gaya punggung, gaya dada dan gaya kupu kupu.

Ada bagian tubuh perenang yang harus menyentuh dinding kolam saat selesai melakukan renangan satu jarak ( sepanjang kolam/ lintasan) dan pada saat finish.

Bagian dari tubuh perenang harus memecah permukaan air selama perlombaan, kecuali disaat melakukan pembalikan dan sepanjang 15 meter setelah melakukan Start dan setelah melakukan pembalikan, diperkenankan tenggelam sama sekali. Pada jarak tersebut (15 M), kepala harus sudah memecah permukaan air.


GAYA PUNGGUNG (Backstroke)

Sebelum aba aba Start (setelah peluit panjang wasit), para perenang harus berjajar didalam air mengahdap dinding tempat start, dengan kedua tangan berpegang pada pegangan start. Dilarang berdiri didalam atau diatas parit (Gutter), ataupun menekukkan jari kaki diatas bibir parit (Gutter).

Pada isyarat Start dan setelah melakukan pembalikan, perenang harus bertolak dari dinding kolam dan harus berenang telentang selama perlombaan, kecuali saat melakukan pembalikan seperti yang dimaksud dalam posisi normal telentang bisa termasuk gerakan badan berguling, tetapi tidak boleh sampai 90 derajat dari tegak lurus (Horizaontal). Posisi kepala tidaklah menjadi pertimbangan.

Sebagian dari tubuh perenang harus memecah permukaan air selama perlombaan. Tetapi diperbolehkan sama sekali berada dibawah permukaan air (tenggelam) saat melakukan pembalikan dan sepanjang maksimal 15 meter setelah melakukan Start maupun setelah melakukan tiap pembalikan. Pada jarak tersebut (15 M) kepala harus sudah memecah permukaan air.

Saat melakukan pembalikan harus ada bagian dari tubuh perenang yang menyentuh dinding pada waktu pembalikan bahu boleh berbalik melebihi Vertikal sampai kedada dimana setelah itu satu gerakan berlanjut sebelah tangan atau satu gerakan berlanjut yang bersamaan kedua belah tangan untuk memulai pembalikan. Bila badan telah meninggalkan posisi telentang, setiap gerakan kaki atau tarikan tangan haruslah merupakan lanjutan gerakan pembalikan (bukan gerakan baru). Perenang harus sudah ke posisi telentang bila lepas/ meninggalkan dinding.

Pada saat finish perenang harus menyentuh dinding dalam posisi telentang pada lintasan masing masing.


Gaya Dada dan Kupu – kupu 

Pada nomor renang gaya kupu-kupu, gaya dada, dan gaya bebas, perenang melakukan posisi start di atas balok start. Badan dibungkukkan ke arah air dengan lutut sedikit ditekuk.


Peraturan Pemberangkatan

Wasit start memanggil para perenang dengan tiupan peluit panjang untuk naik ke atas balok start (bersiap di dalam air untuk gaya punggung dan gaya ganti estafet). Perenang berada dalam posisi start setelah aba-aba Siap (Take your marks dalam bahasa Inggris) diteriakkan oleh wasit start.

Start dinyatakan tidak sah bila perenang meloncat dari balok start sebelum ada aba-aba.

Hingga tembakan pistol start dimulai, tubuh perenang harus dalam keadaan diam.


Peraturan Atribut Renang

Federasi Renang Internasional memiliki daftar merek dan tipe pakaian renang yang disetujui dalam perlombaan renang. Perenang dibolehkan memakai topi renang dan kacamata renang. Perenang berkacamata dapat memilih untuk mengenakan kacamata renang minus, atau mengenakan lensa kontak bersama kacamata renang normal.

Perenang tidak dibolehkan memakai alat atau pakaian renang yang dapat memengaruhi kecepatan, daya apung, atau ketahanan selama berlomba, misalnya sarung tangan berselaput, kaki katak, sirip, dan sebagainya.

Aturan lainnya:

Ukuran Balok Start Renang

Balok start Renang merupakan salah satu Fasilitas dan peralatan Lomba Renang selain Kolam renang, Lintasan, dan Pengukur waktu.

Di setiap balok start terdapat pengeras suara untuk menyuarakan tembakan pistol start dan sensor pengukur waktu yang memulai catatan waktu ketika perenang meloncat dari balok start.

Balok start Renang olimpiade omega


Berikut ini ukuran balok start renang 
  1. Tinggi balok start:  antara 0,5 m hingga 0,75 dari permukaan air. 
  2. Ukuran / dimensi balok start: 0,5 x 0,5 m, dan di atasnya dilapisi bahan antilicin. 
  3. Kemiringan balok start: tidak melebihi 10°.

Aturan lainnya:

Alat Pengukur Waktu Otomatis Pada Perlombaan Renang

touchpad swimmer

Alat Pengukur Waktu Otomatis merupakan bagian dari Fasilitas dan peralatan pada perlombaan renang.

Dalam perlombaan internasional atau perlombaan yang penting, papan sentuh pengukur waktu otomatis dipasang di kedua sisi dinding kolam. Tebal papan sentuh ini hanya 1 cm.

Perenang mencatatkan waktunya di papan sentuh sewaktu pembalikan dan finis. Papan sentuh pengukur waktu produksi Omega mulai dipakai di Pan-American Games 1967 di Winnipeg, Kanada.

Aturan lainnya:

Ukuran Lintasan Kolam Renang Standar Nasional & Internasional

Lintasan kolam renang
Lebar lintasan paling sedikit 2,5 m dengan jarak paling sedikit 0,2 m di luar lintasan pertama dan lintasan terakhir. Masing-masing lintasan dipisahkan dengan tali lintasan yang sama panjang dengan panjang lintasan.

Tali lintasan terdiri dari rangkaian pelampung berukuran kecil pada seutas tali yang panjangnya sama dengan panjang lintasan. Pelampung pada tali lintasan dapat berputar-putar bila terkena gelombang air. Tali lintasan dibedakan menurut warna: hijau untuk lintasan 1 dan 8, biru untuk lintasan 2, 3, 6, dan 7, dan kuning untuk lintasan 4 dan 5.

Perenang diletakkan di lintasan berdasarkan catatan waktu dalam babak penyisihan (heat). Di kolam berlintasan ganjil, perenang tercepat diunggulkan di lintasan paling tengah. Di kolam 8 lintasan, perenang tercepat ditempatkan di lintasan 4 (di lintasan 3 untuk kolam 6 lintasan). Perenang-perenang dengan catatan waktu di bawahnya secara berurutan menempati lintasan 5, 3, 6, 2, 7, 1, dan 8.

Aturan lainnya:

Ukuran Kolam Renang standar FINA (internasional)

Kolam renang adalah merupakan salah satu Fasilitas dan peralatan yang diperlukan dalam suatu perlombaan renang. Berikiut ini Ukuran kolam renang Internasional, seperti dikutip id.wikipedia.org

Kolam renang standar FINA
Diagram sederhana ukuran kolam renang standar FINA
Panjang kolam renang lintasan panjang adalah 50 m sementara lintasan pendek adalah 25 m. Dalam spesifikasi Federasi Renang Internasional untuk kolam ukuran Olimpiade ditetapkan panjang kolam 50 m dan lebar kolam 25 m. Kedalaman kolam minimum 1,35 meter, dimulai dari 1,0 m pertama lintasan hingga paling sedikit 6,0 m dihitung dari dinding kolam yang dilengkapi balok start. Kedalaman minimum di bagian lainnya adalah 1,0 m.

Aturan lainnya:

Sejarah Perlombaan Renang Dunia

renang gaya bebas
Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat. Pemenang babak penyisihan maju ke babak semifinal, dan pemenang semifinal maju ke babak final.

Bersama-sama dengan loncat indah, renang indah, renang perairan terbuka, dan polo air, peraturan perlombaan renang ditetapkan oleh badan dunia bernama Federasi Renang Internasional (FINA). Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) adalah induk organisasi cabang olahraga renang di Indonesia.


Sejarah perlombaan

Perlombaan berenang dimulai di Eropa sekitar tahun 1800. Sebagian besar perenang berenang dengan memakai gaya dada. Pada 1873, John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya trudgen di lomba-lomba renang setelah meniru renang gaya bebas suku Indian. Akibat ketidaksukaan orang Inggris terhadap gerakan renang yang memercikkan air ke sana ke mari, Trudgen mengganti gerakan kaki gaya bebas yang melecut ke atas dan ke bawah menjadi gerakan kaki gunting seperti renang gaya samping.

Renang menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan sejak Olimpiade Athena 1896. Nomor renang putri dilombakan sejak Olimpiade Stockholm 1912. Pada 1902, Richard Cavill memperkenalkan renang gaya bebas. Federasi Renang Internasional dibentuk pada 1908. Gaya kupu-kupu pertama kali dikembangkan pada tahun 1930-an. Pada awalnya, gaya kupu-kupu merupakan variasi gaya dada sebelum dianggap sebagai gaya renang tersendiri pada 1952.

Di Hindia Belanda, Perserikatan Berenang Bandung (Bandungse Zwembond) didirikan pada 1917. Pada tahun berikutnya didirikan Perserikatan Berenang Jawa Barat (West Java Zwembond), dan Perserikatan Berenang Jawa Timur (Oost Java Zwembond) didirikan pada 1927. Sejak itu pula perlombaan renang antardaerah mulai sering diadakan. Rekor dalam kejuaraan-kejuaraan tersebut juga dicatatkan sebagai rekor di Belanda.

Pada 1936, perenang Hindia Belanda bernama Pet Stam mencatat rekor 59,9 detik untuk nomor 100 meter gaya bebas di kolam renang Cihampelas Bandung. Pet Stam dikirim sebagai wakil Belanda di Olimpiade Berlin 1936. Persatuan Berenang Seluruh Indonesia didirikan 21 Maret 1951, dan sebagai anggota Federasi Renang Internasional sejak tahun berikutnya. Perenang Indonesia ikut berlomba dalam Olimpiade Helsinki 1952. (Wikipedia)

Aturan lainnya:

Macam-Macam Perlengkapan Untuk Berenang

Perlengkapan Untuk Berenang
Berenang secara alami tidak membutuhkan perlengkapan atau pakaian khusus. Manusia dapat berenang tanpa perlengkapan apapun dalam kondisi apapun. Berenang yang ditujukan untuk rekreasi dan olahraga terkadang membutuhkan pakaian dan perlengkapan khusus untuk membantu memudahkan bergerak di air.

Pakaian yang digunakan untuk berenang dirancang untuk memudahkan manusia bergerak di air. Pakaian renang biasanya terbuat dari bahan karet yang mengikuti bentuk tubuh untuk menghindari masuknya udara ke dalam pakaian. Pakaian renang juga dirancang untuk mempercepat pergerakan manusia di air, rancangan seperti ini ditujukan bagi kegiatan berenang untuk kompetisi.

Selain pakaian yang dirancang khusus, dalam berenang terkadang membutuhkan perlengkapan khusus seperti kaca mata renang, ban renang, penutup telinga dan hidung, penutup kepala. Secara umum perlengkapan renang tersebut ditujukan untuk memudahkan berenang dan menghindari risiko yang timbul akibat berenang.

Berikut ini perlengkapan berenang yang umum dipakai:
  • Ban, digunakan untuk anak-anak bermain dan yang belum bisa berenang
  • Kaca Mata Renang, penting agar mata tidak teriritasi dan perih ketika sedang berenang, terdapat dua macam kaca mata renang yakni yang minus dan yang buram. Kaca mata renang Minus digunakan untuk orang yang ber-kacamata minus, sekarang juga tersedia kaca mata renang minus. Kaca Mata Renang Buram/ Berkabut, sebaiknya gunakan kaca mata renang Anti Fog dengan kualitas yang baik, bila kaca mata renang mulai berkabut, maka bisa ditambahkan obat untuk diteteskan ke kaca mata renang. 
  • Kaki Katak, berguna untuk mempercepat renang gaya bebas. Dengan kaki katak, maka kecepatan berenang gaya bebas menjadi akan sangat cepat. Kaki katak ini lebih sering digunakan sebagai perlengkapan selam.
  • Pakaian Renang, Pakaian renang biasanya terbuat dari bahan karet yang mengikuti bentuk tubuh untuk menghindari masuknya udara ke dalam pakaian.
  • Papan Pelampung. Biasanya digunakan bagi mereka yang belajar mengapungkan badan dan meluncur serta belajar kaki gaya dada/kodok maupun kaki gaya bebas. Dengan cara papan tersebut dipegang dengan tangan, kemudian meluncur di permukaan air dan gerakkan kaki dengan gerakan kaki gaya dada atau gaya bebas. Selain itu papan pelampung dapat memperkuat tangan dengan cara menjepitkan papan pelampung tersebut di paha agar kaki atau paha selalu di atas. Dengan begitu kaki tidak perlu bergerak, sehingga hanya tanganlah yang akan bergerak dengan gaya dada atau bebas. Papan renang paling sering digunakan untuk melatih ketahanan dan kekuatan kaki gaya bebas.
  • Hand Paddle, berguna untuk untuk melatih dan memperkuat tangan (biasanya digunakan untuk renang gaya bebas). Cara penggunaannya dengan memasukkan telapak tangan ke dalam hand paddle setelaha itu anda dapat memulai untuk berenang.
  • Pull Boy, digunakan untuk belajar gaya kupu. Alat ini akan membantu kaki yang sering tenggelam ketika awal belajar gaya kupu. Jadi dengan alat ini, maka kaki bisa lebih terangkat ke atas permukaan air.
  • Penutup Kepala. Ada beberapa kegunaan penutup kepala, misalnya untuk melindungi rambut dari air kolam renang yang kurang baik (misalnya terlalu banyak mengandung kaporit), untuk orang yang berambut panjang agar tidak mengganggu sewaktu berenang, dll.

Aturan lainnya:

Macam-Macam Gaya Renang dan Pengertiannya

Nina Dittrich dalam gaya kupu-kupu.
Dalam renang untuk rekreasi, orang berenang dengan gaya dada, gaya punggung, gaya bebas dan gaya kupu-kupu. Gaya renang yang dilombakan dalam perlombaan renang adalah gaya kupu-kupu, gaya punggung, gaya dada, dan gaya bebas. Dalam lomba renang nomor gaya bebas, perenang dapat menggunakan berbagai macam gaya renang, kecuali gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. Tidak seperti halnya gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu, Federasi Renang Internasional tidak mengatur teknik yang digunakan dalam nomor renang gaya bebas. Walaupun demikian, hampir semua perenang berenang dengan gaya krol, sehingga gaya krol (front crawl) digunakan hampir secara universal oleh perenang dalam nomor renang gaya bebas.


Gaya bebas (bahasa Inggris: front crawl) / Freestyle swimming

Gambar Cara melakukan Renang gaya bebas, tampak atas
Gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. Dibandingkan gaya berenang lainnya, gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air.
Gambar Cara melakukan Renang gaya bebas, tampak pinggir / sisi
Gaya bebas merupakan gaya yang tidak terikat dengan teknik-teknik dasar tertentu. Gaya bebas dilakukan dengan beraneka ragam gerakan dalam berenang yang bisa membuat perenang dapat melaju di dalam air. Sehingga gerakan dalam gaya bebas bisa digunakan oleh beberapa orang, baik yang sudah terlatih maupun para pemula.


Gaya dada atau gaya katak

Gambar cara melakukan renang Gaya dada / katakGaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, namun berbeda dari gaya bebas, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki.

Gaya dada merupakan gaya berenang paling populer untuk renang rekreasi. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Dalam pelajaran berenang, perenang pemula belajar gaya dada atau gaya bebas. Di antara ketiga nomor renang resmi yang diatur Federasi Renang Internasional (FINA), perenang gaya dada adalah perenang yang paling lambat.


Gaya punggung

Gambar cara melakukan renang gaya punggungGaya punggung adalah berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas, tapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung.

Sewaktu berenang gaya punggung, posisi wajah berada di atas air sehingga perenang hanya melihat atas dan tidak bisa melihat ke depan. Sewaktu berlomba, perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan.

Berbeda dari sikap start perenang gaya bebas, gaya dada, atau gaya kupu-kupu yang dilakukan di atas balok start, perenang gaya punggung sewaktu berlomba melakukan start dari dalam kolam. Perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua belah tangan memegang besi pegangan. Kedua lutut ditekuk di antara kedua belah lengan, sementara kedua belah telapak kaki bertumpu di dinding kolam.

Gaya punggung adalah gaya berenang yang sudah dikenal sejak zaman kuno. Pertama kali dipertandingkan di Olimpiade Paris 1900, gaya punggung merupakan gaya renang tertua yang dipertandingkan setelah gaya bebas.


Gaya kupu-kupu (butterfly)

Gambar cara melakukan renang gaya Kupu-kupuGaya kupu-kupu atau gaya lumba-lumba adalah salah satu gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air.

Gaya kupu-kupu diciptakan tahun 1933, dan merupakan gaya berenang paling baru. Berbeda dari renang gaya lainnya, perenang pemula yang belajar gaya kupu-kupu perlu waktu lebih lama untuk mempelajari koordinasi gerakan tangan dan kaki.

Berenang gaya kupu-kupu juga menuntut kekuatan yang lebih besar dari perenang. Kecepatan renang gaya kupu-kupu didapat dari ayunan kedua belah tangan secara bersamaan. Perenang tercepat gaya kupu-kupu dapat berenang lebih cepat dari perenang gaya bebas. Dibandingkan dalam gaya berenang lainnya, perenang gaya kupu-kupu tidak dapat menutupi teknik gerakan yang buruk dengan mengeluarkan tenaga yang lebih besar. (Wikipedia)

Aturan lainnya:

Sejarah Singkat Renang Dunia

Renang 100 yard di Olimpiade St. Louis 1904.
Sejak zaman prasejarah manusia sudah dapat berenang, bukti tertua mengenai berenang adalah lukisan-lukisan tentang perenang dari Zaman Batu telah ditemukan di "gua perenang" yang berdekatan dengan Wadi Sora di Gilf Kebir, Mesir barat daya. Catatan tertua mengenai berenang berasal dari 2000 SM. Beberapa di antara dokumen tertua yang menyebut tentang berenang adalah Epos Gilgamesh, Iliad, Odyssey, dan Alkitab. Pada 1538, Nikolaus Wynmann seorang profesor bahasa dari Jerman menulis buku mengenai renang yang pertama, Perenang atau Dialog mengenai Seni Berenang (Der Schwimmer oder ein Zwiegespr├Ąch ├╝ber die Schwimmkunst).

Perlombaan renang di Eropa dimulai sekitar tahun 1800 setelah dibangunnya kolam-kolam renang. Saat itu, sebagian besar peserta berenang dengan gaya dada. Pada 1873, John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya rangkak depan atau disebut gaya trudgen dalam perlombaan renang di dunia Barat. Trudgen menirunya dari teknik renang gaya bebas suku Indian di Amerika Selatan. Renang merupakan salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade Athena 1896. Pada tahun 1900, gaya punggung dimasukkan sebagai nomor baru renang Olimpiade. Persatuan renang dunia, Federation Internationale de Natation (FINA) dibentuk pada 1908. Gaya kupu-kupu yang pada awalnya merupakan salah satu variasi gaya dada diterima sebagai suatu gaya tersendiri pada tahun 1952.

Di Hindia Belanda, Perserikatan Berenang Bandung (Bandungse Zwembond) didirikan pada 1917. Pada tahun berikutnya didirikan Perserikatan Berenang Jawa Barat (West Java Zwembond), dan Perserikatan Berenang Jawa Timur (Oost Java Zwembond) didirikan pada 1927. Sejak itu pula perlombaan renang antardaerah mulai sering diadakan. Rekor dalam kejuaraan-kejuaraan tersebut juga dicatatkan sebagai rekor di Belanda.

Pada 1936, perenang Hindia Belanda bernama Pet Stam mencatat rekor 59,9 detik untuk nomor 100 meter gaya bebas di kolam renang Cihampelas Bandung. Pet Stam dikirim sebagai wakil Belanda di Olimpiade Berlin 1936. Persatuan Berenang Seluruh Indonesia didirikan 21 Maret 1951, dan sebagai anggota Federasi Renang Internasional sejak tahun berikutnya. Perenang Indonesia ikut berlomba dalam Olimpiade Helsinki 1952.

Aturan lainnya:

Pengertian Olahraga Renang

kolam renag
Renang atau Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di air. Berenang biasanya dilakukan tanpa perlengkapan buatan. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga. Berenang dipakai sewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air, mencari ikan, mandi, atau melakukan olahraga air.

Berenang untuk keperluan rekreasi dan kompetisi dilakukan di kolam renang. Manusia juga berenang di sungai, danau, dan laut sebagai bentuk rekreasi. Olahraga renang membuat tubuh sehat karena hampir semua otot tubuh dipakai sewaktu berenang.

Aturan lainnya:

Sejarah Singkat Olahraga Bola Basket Di Indonesia

Bola Basket Di Indonesia
Olahraga yang diciptakan oleh seorang guru olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA Pada tahun 1891, Dr. James Naismith ini datang ke Indonesia Sekitar tahun 1894.

Ada beberapa informasi mengatakan masuknya basket bersamaan dengan kedatangan pedagang dari Cina menjelang kemerdekaan. Tepatnya, sejak 1894, bola basket sudah dimainkan orang-orang Cina di Provinsi Tientsien dan kemudian menjalar ke seluruh daratan Cina. Mereka yang berdagang ke Indonesia adalah kelompok menengah kaya yang memilih olahraga dari Amerika itu sebagai identitas kelompok Cina modern.

Informasi ini diperkuat fakta menjelang dan pada awal kemerdekaan klub-klub bola basket di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Medan, Bandung, Semarang, DI Yogyakarta, dan Surabaya sebagian besar tumbuh dari sekolah-sekolah Cina. Dari klub itu pula kemudian lahir salah seorang pemain legenda Indonesia, Liem Tjien Siong yang kemudian dikenal dengan nama Sonny Hendrawan (Pada 1967 Sonny terpilih sebagai Pemain Terbaik pada Kejuaraan Bola Basket Asia IV di Seoul, Korea Selatan. Waktu itu, tim Indonesia menduduki peringkat ke-4 di bawah Filipina, Korea, dan Jepang).

Pada 1948, ketika Negara Indonesia menggelar PON I digelar di Solo, bola basket, sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Ini membuktikan bahwa basket cepat memasyarakat dan secara resmi diakui Negara. Tiga tahun kemudian, Maladi sebagai Sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang kemudian menjadi Menteri Olahraga, meminta Tonny Wen dan Wim Latumeten untuk membentuk organisasi bola basket. Namun akhirnya karena tuntutan kebutuhan untuk menyatukan organisasi basket, disepakati pembentukan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia pada 1955, disingkat Perbasi.

Aturan lainnya:

Teknik Permainan Bola Basket Profesional Lengkap Beserta Gambar

Artikel ini adalah kelanjuta dari posting sebelumnya yang berjudul "Teknik dasar permainan bola basket Lengkap dengan Gambar".  Bagi anda yang ingin meningkatkan kemampuan bermain basket sangatlah perlu untuk mengetahui Teknik permainan bola basket profesional ini. Berikut ini 5 teknik dasar permainan bola basket yang umum dilakukan oleh seorang pemain basket dunia.


Fade Away

Fade away adalah tehnik yang mendorong badan kebelakang saat melakukan shoot, sehingga menyulitkan defender untuk menghadang bola. tehnik ini lumayan susah dilakukan buat pemain yang baru belajar basket. Bila keseimbangan badan tidak terjaga bisa-bisa terpelanting dan jatuh kebelakang. Pemain NBA yang sering memakai teknik ini adalah sang legenda basket seperti Michael Jordan dan Kobe Bryant.


Hook Shoot

hook shoot bola basket Hook adalah teknik yang sangat efektif bila pemain dijaga oleh orang yang lebih tinggi dari pemain. Yaitu cara menembak dari samping dengan satu tangan. Jadi jarak antara orang yang menghadang dan pemain bisa agak jauh. Belakangan tehnik ini sering dipakai oleh Rony Gunawan Satria Muda Britama waktu melawan Garuda Bandung di Final 2009, dan keakuratan mencapai 80%.


Jump Shoot

Teknik yang butuh lompatan tinggi, dan akurasi tembakan yang bagus. Yaitu dengan melompat dan melakukan tembakan yang liar dan sulit untuk digagalkan.

Jenis tembakan ini merupakan teknik tembakan yang cukup sulit dilakukan, karena merupakan gerakan yang komplek. Gerakan ini terdiri dari unsur loncatan, tembakan dan ketepatan waktu saat melepaskan bola. Kombinasi ketiga unsur inilah yang mempengaruhi keberhasilan tembakan. Pada dasarnya teknik dasar menembak sambil meloncat di bagi menjadi dua macam yaitu: dengan satu tangan dan dengan dua tangan.

Adapun rangkaian gerak Teknik dasar menembak dengan satu tangan sambil meloncat sebagai berikut:
    jump shoot bola basket dengan satu tangan
  • Posisi kaki berdiri kaki selebar bahu dengan memegang bola pada dengan memegang bola pada dua tangan seperti akan menembak satu tangan.
  • Tekuk lutut sedikit sehingga badan agak rendah
  • Bersamaan dengan itu bola diangkat di atas depan kepala, tolakan kaki hingga badan lurus dan posisi berdiri di udara dengan kaki lurus.
  • Pada saat titik tertinggi, bola didorong menggunakan dengan meluruskan tangan kanan dan lecutkan bola dengan ujung-ujung jari menuju ke arah basket ( ring ) sebagai sasaran.
  • Gerakan selanjutnya adalah mendarat dengan kedua kaki bersamaan dan ngeper, pandangan mengikuti jalannya bola.

Teknik dasar menembak dengan dua tangan sambil meloncat adalah sebagai berikut:
    jump shoot  bola basket dengan dua tangan
  • Berdiri dengan kaki sejajar atau bisa juga menggunakan sikap kuda-kuda. Jika menggunakan kaki sikap kuda-kuda, maka kaki yang di depan sesuai dengan tangan yang digunakan untuk menembak (kanan)
  • Bola dipegang dengan kedua tangan di atas kepala agak ke depan. Posisi siku yang digunakan untuk menembak membentuk sudut 90 derajat.
  • Lutut ditekuk agak dalam untuk mengambil awalan, dan pertahankan posisi siku.
  • Tembakan diawali dengan loncatan tegak lurus ke atas, dan bola dilepaskan pada saat penembak sampai pada titik tertinggi.

Ada 4 jenis Jump Shot dalam permainan bola basket yakni;
  1. Drive and Jump Shoot, Merupakan Jump Shoot dasar yaitu dribble dan shoot.
  2. Standing jump Shoot, Jump shoot yang dilakukan dalam posisi bebas, yaitu pemain menerima passing di daerah kosong dan melakukan jump shoot.
  3. No Charge Jump Shoot, Jenis jump shoot penjagaan man to man. Pemain harus mampu melakukan shoot tanpa terkena offensive foul (yaitu melakukan vertical jump dan bukan melompat ke depan yang mengakibatkan offensive).
  4. Quick Stop Jump Shoot, Jenis jump shoot kilat, pemain berlari sambil menerima passing kemudian jump shoot mendahului penjagaan lawan.

Cara umum melakukan Jump Shoot Dalam Olahraga Bola Basket

Sebelum melakukan jump shoot, seorang pemain basket harus menguasai tekni BEEF atau yang dipanjangkan menjadi ; Bow, Eye, Elbow dan follow through, yang menjadi dasar BEEF. Berikut selengkapnya langkah-langkah melakukan jump shoot:
  1. Posisikan bola ke depan agak ke atas kepala
  2. Fokuskan mata dan tertuju ke arah target sasaran, yaitu ring basket
  3. Sikap siap, seimbangkan tubuh artinya tubuh jangan maju atau mundur
  4. Pegang bola dengan lembut, jangan tegang
  5. Lepaskan bola ketika sampai pada titik tertinggi lompatan
  6. Jangan mengarahkan bola tetapi ikuti arah bola 

Crossover

Crossover bola basketMerupakan cara dribble dengan cara memantulkan bola dari tangan kiri ke tangan kanan atau sebaliknya. biasanya teknik sudah banyak di improvisasi dengan cara memantulkan bola di antara celah kaki (kebanyakan pemain internasional sudah menggunakan teknik ini) atau belakang kaki (yang paling sering menggunakan teknik ini adalah Jamal Crawford - Atlanta Hawks)


Slam dunk

 Slam dunk bola basketSlam dunk adalah salah satu teknik yang paling populer. Sebenarnya cukup simpel, yaitu hanya memasukkan bola secara langsung ke ring dan menghempaskan tangan ke ring basket. Walaupun simpel, tapi untuk orang dengan tinggi 171 cm slam seperti ini hampir mustahil untuk dilakukan karena lompatannya tidak cukup tinggi.

Hunjaman (bahasa Inggris:Slam dunk) adalah suatu gaya di dalam permainan olahraga bola basket, seorang pemain berusaha memasukkan bola ke dalam keranjang dimana muka telapak tangan menyentuh besi pada ring basket (satu atau dua tangan) setelah bola melewati tinggi dari ring besi basket.

Jenis-jenis Hunjaman
  • Walking in the air; atau biasa hanya disebut "air"; suatu teknik hunjaman dengan melompat jauh dan tinggi, sehingga sepintas terlihat seperti sedang berjalan diudara.
  • Ally-ops; suatu jenis dunk dimana teman satu tim mengoper bola kepada seorang pemain yang sedang melompat. Disaat melompat, pemain itu menangkap bola operan temannya dan langsung melakukan Slam dunk.
  • 360 degree dunk; suatu hunjaman yang dilakukan dengan memutar badan sebanyak 360 derajat
  • Tip dunk; suatu jenis dunk dimana teman satu tim melempar bola tetapi tidak masuk, dan kemudian pemain melompat dan menangkap bola pantul (rebound) yang tidak masuk itu yang disambung dengan hunjaman sebelum kaki turun menginjak tanah.
  • Back-dunk; dunk ini dilakukan dengan badan menghadap kebelakang
  • Cross over dunk; suatu jenis aksi hunjaman, tangan yang satu mengoper bola ke tangan yang lain melewati selangkang kaki dan kemudian melakukan hunjaman.
Permainan basket sudah sangat berkembang dan digemari sejak pertama kali diperkenalkan oleh James Naismith. Salah satu perkembangannya adalah diciptakannya gerakan slam dunk atau menombok, yaitu gerakan untuk memasukkan dan melesakan bola basket langsung ke dalam keranjang yang bisa dilakukan dengan gerakan akrobatik yang berkekuatan luar biasa.

Aturan lainnya:

Teknik dasar permainan bola basket Lengkap dengan Gambar

Terdapat beberapa tekhnik dasar yang harus dikuasai oleh seorang pemain basket diantaranya Cara memegang bola, menangkap bola, mengoper atau melempar bola, menggiring bola (dribbling ball), Pivot atau memoros, Shooting, dan Lay-up. Berikut ini penjelasannya...

Memegang bola basket
cara memegang bola basket
Dalam memegang bola basket harus diperhatikan hal-hal berikut ini:
  •  Sikap tangan membentuk mangkok besar. 
  • Bola berada di antara kedua telapak tangan. 
  • Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang, jari-jari terentang melekat pada bola. 
  • Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. 
  • Kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks.

Menangkap bola
Menangkap bola (catching ball) terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap bola di depan dada. Caranya:
  1. Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan rileks. 
  2. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola. 

Mengoper atau melempar
mengoper atau melempar bola basket
Mengoper atau melempar bola terdiri atas tiga cara yaitu
  1. Melempar bola dari atas kepala (over head pass).
  2. Melempar bola dari dari depan dada (chest pass) yang dilakukan dari dada ke dada dengan cepat dalam permainan.
  3. Melempar bola memantul ke tanah atau lantai (bounce pass).

Menggiring bola (dribbling ball)
Dribbling ball adalah suatu usaha membawa bola ke depan. Caranya yaitu:
  1. Dengan memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu tangan. 
  2. Saat bola bergerak ke atas telapak tangan menempel pada bola dan mengikuti arah bola. 
  3. Tekanlah bola saat mencapai titik tertinggi ke arah bawah dengan sedikit meluruskan siku tangan diikuti dengan kelenturan pergelangan tangan. 
Menggiring bola dalam permainan bola basket dapat dibagi menjadi dua cara, yaitu menggiring bola rendah dan menggiring bola tinggi. Menggiring bola rendah bertujuan untuk melindungi bola dari jangkauan lawan. Menggiring bola tinggi dilakukan untuk mengadakan serangan yang cepat ke daerah pertahanan lawan.


Pivot

pivot bola basketPivot atau memoros adalah suatu usaha menyelamatkan bola dari jangkauan lawan dengan salah satu kaki sebagai porosnya, sedangkan kaki yang lain dapat berputar 360 derajat. Ada tiga alternatif gerakan yang bisa dilakukan:

a. Pivot kemudian dribble (membawa bola)
b. Pivot kemudian passing (melempar bola)
c. Pivot kemudian shooting (menembakan bola)


Shooting


Hasil gambar untuk gambar Shooting  bola basket
Shooting adalah usaha memasukkan bola ke dalam keranjang atau ring basket lawan untuk meraih poin. Dalam melakukan shooting ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan shooting dengan dua tangan serta shooting dengan satu tangan.


Lay-up

langkah-langkah melakukan Lay-up
Lay-up adalah usaha memasukkan bola ke ring atau keranjang basket dengan dua langkah dan meloncat agar dapat meraih poin. Lay-up disebut juga dengan tembakan melayang.

Aturan lainnya: