Teknik Start Untuk Lari Jarak Pendek

Start jongkok Lari Jarak Pendek
Lari jarak pendek adalah salah satu nomor lari cepat. Lari jarak pendek disebut juga sprint. Terdapat tiga teknik start dalam lari jarak pendek/sprint, yakni Start pendek (Bunch Start), Start menengah (Medium Start), dan Start Panjang (Long Start). Berikut ini penjelasannya;

Baca Juga: Pengertian Lari Jarak Pendek


Start Pendek (Short Start / Bunch Start)

Sikap permulaan: Berdiri tegak kedua kaki rapat, lengan lurus di samping badan, dan pandangan lurus ke depan.

Cara melakukannya:
  1. Langkahkan kaki kanan ke depan dan tempatkan kaki kiri di belakang. Jari-jari kaki kiri belakang kira-kira segaris dengan tumit kaki kanan yang berada di depan.
  2. Jatuhkan badan ke depan dan letakkan tangan di belakang garis start. Jari-jari tangan meregang membentuk huruf V (antara ibu jari dan keempat jari lainnya). Sejajarkan jari tangan dengan garis start.
  3. Sikap kedua lengan lurus, berat badan bertumpu pada kedua lengan, dan pandangan lurus ke depan.
  4. Kemudian angkat panggul ke atas hingga posisi pantat lebih tinggi dari pundak. Kedua lengan tetap lurus, tetapi dengan leher yang tetap lemas.
  5. Kemudian tolakan lari pada balok start dengan sekuat-kuatnya, lalu larilah secepat-cepatnya.

Start Menengah (Medium Start)

Sikap permulaan: Berdiri tegak kedua kaki rapat, lengan lurus di samping badan, dan pandangan lurus ke depan.

Secara umum start menengah sama dengan start pendek. Perbedaan keduanya terletak pada penempatan posisi kaki depan dengan kaki belakang sebagai berikut:
  1. Saat badan diturunkan posisi lutut segaris dengan ujung jari-jari kaki depan.
  2. Gerakan selanjutnya sama dengan yang dilakukan pada start pendek.

Start Panjang (Long Start)

Sikap permulaan start panjang: Berdiri tegak kedua kaki rapat, lengan lurus di samping badan, dan pandangan lurus ke depan

Secara umum urutan gerakan, sikap tangan, dan badan sama dengan start pendek dan start menengah. Perbedaannya terletak pada penempatan posisi kaki depan dan kaki belakang sebagai berikut :
  1. Saat menurunkan badan, letakkan lutut kaki belakang (kiri) segaris dengan tumit Kaki depan (kanan) atau lebih mundur lagi.
  2. Gerakan selanjutnya sama dengan yang dilakukan dalam start pendek dan menengah.