Cara Memukul Bola Golf yang Benar

Golf merupakan olahraga yang unik karena membutuhkan kesabaran dalam melakukannya untuk dapat menghasilkan pukulan yang akurat. Selain itu, latihan yang sering adalah salah satu hal utama yang mesti dilakukan oleh seorang pegolf agar menjadi pegolf yang handal.
Sikap dasar Golf
Sikap dasar

Terdapat tiga gerakan utama teknik memukul bola golf atau ayunan golf (swing golf) yakni Sikap Dasar, Cara Memegang Grip, dan Cara Mengayunkan Stick Golf. Berikut ini penjelasnnya....


Sikap Dasar

Cara melakukan Sikap dasar dalam swing golf:
  • Letakkan kaki depan sedikit di depan bola. Kaki harus sedikit lebih lebar dari bahu.
  • Untuk anda yang menggunakan tangan kanan, maka kaki yang harus di depan adalah kaki kiri. Namun jika anda adalah seorang kidal, maka kaki kananlah yang di tempatkan agak sedikit di depan.
  • Posisikan bahu sedikit membungkuk, tangan lurus kebawah.
  • Jangan berdiri terlalu dekat dengan bola, tekut lutut agar badan sedikit membungkuk.


Cara Memegang Grip

Hal utama yang perlu dikuasai dalam memegang grip adalah melakukannya dengan tenang. Berikut ini beberapa teknik memegang grip stik golf yang benar...

Cara memegang grip stik golfBaseball Grip, Teknik ini hampir sama dengan saat kita memegang sebuah stick bisbol. Pertama-tama yang mesti dilakukan adalah dengan memegang bagian ujung stick golf menggunakan tangan kiri . Kemudian tempatkan tangan kanan di bawah tangan kiri tadi. Lalu kencangkan pegangan tangan kiri dan tangan kanan, dan usahakan untuk tetap tenang dengan menggenggam stick golf tidak terlalu kencang.

Overlapping Golf Grip, dengan menggunakan teknik ini maka akan menambah daya stabilitas pada stick golf. Caranya adalah dengan menggenggam stick golf seperti pada pegangan bisbol, namun tempatkan tangan kanan agak sedikit keatas sehingga jari kelingking tangan kanan berada diantara jari telunjuk dan jari tengah tangan kiri.

Cara memegang grip stik golfInterlocking Golf Grip, Jika dibandingkan dengan dua cara pegangan sebelumnya maka pegangan ini sangat memberikan stabilitas lebih. Cara ini biasanya digunakan oleh pe-golf terkenal. Cara melakukannya adalah dengan memegang stick golf seperti menggunakan cara pegangan bisbol lalu kaitkan jari kelingking tangan kanan dengan jari telunjut dari tangan kiri.


Cara Mengayunkan Stick Golf

Mengayunkan stik golf adalah gerakan sebelum stik memukul bola golaf. Terdapat dua ayunan yang tahapan ini yakni backswing dan downswing.

Backswing golf
Backswing
Backswing, Backswing adalah gerakan saat mengayunkan stick ke belakang hingga stick mencapai atas kepala. Cara melakukannya adalah dengan memutar badan saat mengayunkan stick ke belakang. langkah-langkah atau tahaptahapnya adalah: angkat stick golf ke arah belakang, usahakan agar tangan tetap lurus saat. Tekuk sikut dan pergelangan tangan.

Downswing, Downswing adalah gerakan yang dilakukan setelah melakukan Backswing. Tubuh harus mengikuti alur gerakan dari tangan untuk mendapatkan momentum ayunan yang pas.

Downswing Golf
Downswing
Caranya adalah dengan memutar tubuh sambil mengayunkan stick kedepan. Setelah bola terpukul, maka tangan kiri (jika anda bukan kidal) harus agak sedikit ditekuk, sedangkan tangan kanan tetap lurus. Putar tubuh saat melakukan gerakan downswing ini.

Lakukan gerakan backswing dan downswing berulang. Sebelum memukul bola, pastikan untuk memastikan ayunan akan mengenai bola secara akurat. kita bisa juga bisa menggunakan pinggul untuk menambah kekuatan pada ayunan.