Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standar Internasional BWF

 Lapangan Bulu Tangkis Standar Internasional BWF
Lapangan Bulu tangkis / Badminton. Klik gambar untuk memperbesar
Lapangan bulu tangkis / Badminton berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran yang benar. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yang lunak. Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain. Jaring setinggi 1,55 m berada tepat di tengah lapangan. Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring yang mempunyai ketebalan 75 mm harus berwarna putih.

Ukuran standar lapangan badminton internasional telah ditetapkan secara resmi oleh Induk Olahraga Bulu tangkis/Badminton yakni IBF (International Badminton Federation) yang sekarang dikenal dengan nama Federasi Dunia Badminton (BWF, Badminton World Federation). Berikut ini penjelasannya...


Ukuran standar lapangan badminton internasional
  • Panjang lapangan: 13,40 m
  • Lebar lapangan: 6,10 m
  • Jarak garis servis depan dari garis net 1,98 m
  • Jarak garis servis tengah dari garis samping lapangan 3,05 m
  • Jarak garis servis belakang (untuk permainan ganda) dari garis belakang lapangan 0,76 m
  • Jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan 0,46 m
  • Tinggi tiang net 1,55 m
  • Tinggi net 1,52 m

Dalam ukuran standar tersebut terdapat beberapa ukuran khusus untuk setiap Partai atau nomor pertandingan, berikut ini penjelasnnya...


Area permainan bulu tangkis tunggal dan gandaUkuran Bidang permainan untuk nomor tunggal Putra atau Putri:
  • Panjang bidang permainan 13,40 m
  • Lebar bidang permainan 5,18 m
  • Panjang bidang penerima servis 4,72 m
  • Lebar bidang penerima servis 2,59 m

Ukuran Bidang permainan untuk nomor ganda Putra , Putri atau Campuran:
  1. Panjang bidang permainan 13,40 m
  2. Lebar bidang permainan 6,10 m
  3. Panjang bidang penerima servis 3,96 m
  4. Lebar bidang penerima servis 3,05 m

Aturan lainnya:

Sejarah Bulu Tangkis (Badminton) di Dunia

Battledore-and-shuttlecock
Permainan Battledore and Shuttlecock pada tahun 1854
Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan. Olah raga ini kemungkinan berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu tetapi juga disebut-sebut di India dan Republik Rakyat Tiongkok.

Nenek moyang terdirinya diperkirakan ialah sebuah permainan Tionghoa, Jianzi yang melibatkan penggunaan kok tetapi tanpa raket. Alih-alih, objeknya dimanipulasi dengan kaki. Objek/misi permainan ini adalah untuk menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan.

Di Inggris sejak zaman pertengahan permainan anak-anak yang disebut Battledores dan Shuttlecocks sangat populer. Anak-anak pada waktu itu biasanya akan memakai dayung/tongkat (Battledores) dan bersiasat bersama untuk menjaga kok tetap di udara dan mencegahnya dari menyentuh tanah. Ini cukup populer untuk menjadi nuansa harian di jalan-jalan London pada tahun 1854 ketika majalah Punch mempublikasikan kartun untuk ini.

Penduduk Inggris membawa permainan ini ke Jepang, Republik Rakyat Tiongkok, dan Siam (sekarang Thailand) selagi mereka mengolonisasi Asia. Ini kemudian dengan segera menjadi permainan anak-anak di wilayah setempat mereka.

Olah raga kompetitif bulu tangkis diciptakan oleh petugas Tentara Britania di Pune, India pada abad ke-19 saat mereka menambahkan jaring dan memainkannya secara bersaingan. Oleh sebab kota Pune dikenal sebelumnya sebagai Poona, permainan tersebut juga dikenali sebagai Poona pada masa itu.

Para tentara membawa permainan itu kembali ke Inggris pada 1850-an. Olah raga ini mendapatkan namanya yang sekarang pada 1860 dalam sebuah pamflet oleh Isaac Spratt, seorang penyalur mainan Inggris, berjudul "Badminton Battledore - a new game" ("Battledore bulu tangkis - sebuah permainan baru"). Ini melukiskan permainan tersebut dimainkan di Gedung Badminton (Badminton House), estat Duke of Beaufort's di Gloucestershire, Inggris.

Rancangan peraturan yang pertama ditulis oleh Klub Badminton Bath pada 1877. Asosiasi bulu tangkis Inggris dibentuk pada 1893 dan kejuaraan internasional pertamanya berunjuk-gigi pertama kali pada 1899 dengan Kejuaraan All England.

Bulu tangkis menjadi sebuah olah raga populer di dunia, terutama di wilayah Asia Timur dan Tenggara, yang saat ini mendominasi olah raga ini, dan di negara-negara Skandinavia. (Sumber: Wikipedia)

Aturan lainnya:

Pengertian Bulu Tangkis

Taufik Hidayat, salah satu pemain bulu tangkis terkenal dari Indonesia.
Taufik Hidayat, salah satu pemain bulu tangkis terkenal dari Indonesia.

Pengertian
Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.

Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan ("kok" atau "shuttlecock") melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama. (id.wikipedia.org)

teknik dasar bulu tangkis, artikel olahraga bulu tangkis, pengertian bulu tangkis, sejarah bulu tangkis, peraturan bulu tangkis, ukuran lapangan bulu tangkis, lapangan bulu tangkis, materi bulu tangkis

Aturan lainnya:

Tugas Catcher atau Penangkap Bola dalam Permainan Baseball

Catcher atau Penangkap Bola dalam Permainan Baseball
Seorang Catcher memiliki daerah kekuasaan di antara home plate dan back stop. Tugas catcher yaitu menjaga home plate untuk mematikan pelari yang akan mencetak angka, menangkap bola yang dilempar oleh pelempar, serta melempar bola ke base satu, dua, dan tiga untuk mematikan lawan. Penangkap (Catcher), bekerja sama dengan pelempar dan pelatih, menentukan strategi yang dijalankan tim

Selain itu, seorang Penangkap (Catcher) bertugas menangkap bola yang tidak berhasil dipukul oleh pemukul. Penangkap (Catcher) juga harus selalu mengenakan pelindung dada dan helm khusus. Pelindung dada untuk melindungi dada jika lemparan bola mengenai dada. Helm khusus memiliki besi pelindung di bagian depan, untuk melindungi wajah jika terkena lemparan bola.

Selain Catcher, semua pemain dalam posisi menjaga harus mengenakan sarung tangan khusus untuk Baseball. Sarung tangan Baseball biasanya terbuat dari bahan kulit yang kuat, berfungsi melindungi telapak tangan saat menangkap bola.

Tiap pemain hanya mengenakan sebuah sarung tangan. Bagi pemain yang aktif menggunakan tangan kanan, sarung tangan dikenakan di telapak tangan kiri. Sebaliknya, pemain yang kidal mengenakan sarung tangan di telapak tangan kanannya.


Teknik dan latihan dasar menangkap bola Baseball.
  • Lakukan latihan lempar-tangkap bersama teman. Teman bertugas melempar bola, sementara penenangkap (Catcher) menangkapnya.
  • Gunakan kedua tangan secara aktif untuk menangkap bola. Tangkaplah bola menggunakan tangan yang bersarung tangan. Kemudian, gunakan tangan satunya untuk menutup sarung tangan sesaat setelah menangkap bola.
  • Selalu gunakan tangan yang bersarung tangan untuk menangkap bola, dan bukan sebaliknya. Sarung tangan akan melindungi telapak tangan kalian dari benturan keras dengan bola.

Tugas Cacher selain menangkap bola yang tidak berhasil dipukul oleh pemukul:
  • Memberi petunjuk kepada pemain penjaga lainnya tentang posisi yang harus dijaga di lapangan.
  • Memberi petunjuk kepada pelempar untuk memilih strategi tertentu dalam menghadapi tiap pemukul. Petunjuk ini biasanya berupa kode-kode tertentu yang hanya dimengerti oleh penangkap dan pelempar. Kode ini bisa berupa gerak bibir, gelengan atau anggukan kepala, gerak jari atau tangan, dan gerak anggota tubuh tertentu. Misal, penangkap memberi kode kepada pelempar untuk melakukan lemparan bola bawah. Jika setuju, pelempar akan mengangguk dan melakukan lemparan bola bawah. Pelempar akan menggelengkan kepala jika tidak setuju dengan strategi yang dipilih penangkap. Selanjutnya, pelempar akan memilih strategi lainnya.
  • Berjaga di dekat home plate dan menangkap bola yang dilempar pemain penjaga lainnya agar pemain lawan yang berlari kembali ke home plate dapat dimatikan geraknya.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Budi Aryanto, Margono; editor, Ahmad Rithaudin; ilustrator, Bayu Aprianto. - Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Aturan lainnya:

Tugas Pelempar Bola (Pitcher) dalam Permainan Baseball

Dalam permainan Bisball, seorang pelempar bola atau Pitcher bertugas melempar bola ke arah home plate. Ia harus memastikan lemparannya cukup sulit sehingga tidak dapat dipukul oleh pemukul. Pelempar juga harus memastikan bahwa lemparannya dapat dipukul oleh pemukul dan bola hasil pukulan dapat ditangkap oleh pelempar, sehingga pemukul tidak dapat mencetak angka.

Pelempar (Pitcher) memiliki peran yang sangat vital bagi sebuah tim Baseball. Pelempar harus memiliki kemampuan melempar bola yang baik. Berikut ini kami jabarkan kriteria untuk menjadi seorang pelempar yang baik:
  • Seorang pelempar harus memiliki stamina dan kekuatan tubuh yang prima. Karena, dalam satu pertandingan pelempar bisa melakukan lemparan berkali-kali.
  • Ia mampu menguasai berbagai teknik lemparan. Untuk menghadapi tiap pemukul, pelempar harus menggunakan teknik melempar yang berbeda-beda. Hal itu agar lemparannya tidak mudah dipukul oleh pemain lawan.
  • Selain itu ia juga ampu mengatur arah dan kecepatan lemparan dengan baik. Arah dan kecepatan lemparan bola yang bervariasi adalah hal yang sangat penting untuk menghadapi pemukul. Dengan cara demikian, pemukul dapat mengalami kesulitan untuk memukul bola.

Jenis-jenis teknik lemparan baseball:


4 Seam 

teknik melempar bola 4 seam dalam Permainan Baseball

Jari telunjuk dan jari tengah membentuk huruh V, kemudian letakan kedua jari itu secara horisontal pada grip bola baseball.sedangkan posisi jempol berada di antara grip bagian bawah.


Seam 

teknik melempar bola seam dalam Permainan Baseball
Teknik lemparan yang hampir menyerupai 4 seam, tetapi bedanya kedua jari sejajar dengan grip pada bola baseball.


Sllidder 

teknik melempar bola Sllidder dalam Permainan Baseball
Tipe lemparan yang hampir sama seperti 4 seam, tetapi kedua jari  menjadi 1


Curve ball 

teknik melempar bola Curve ball   dalam Permainan Baseball
Teknik lemparan seperti slider tetapi kedua jari berada pada salah 1 grip bagian kanan / kiri sedangkan posisi jempol berada pada grip yang berlawanan dengan grip bagian atas.

Dalam sebuah pertandingan, tim dapat mengganti pelempar sesering yang diinginkan. Oleh karena itu sebuah tim Baseball dapat memiliki pelempar sebanyak mungkin. Hal itu merupakan salah satu strategi untuk menghadapi pemukul yang tangguh. Karena, tiap pelempar memiliki kelebihan dan ciri khas permainannya masing-masing.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Budi Aryanto, Margono; editor, Ahmad Rithaudin; ilustrator, Bayu Aprianto. - Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Aturan lainnya:

Teknik Dasar Olahraga BaseBall untuk Pemula

Dalam permainan Baseball terdapat teknik-teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain baseball. Jika tekniknya tidak benar-benar dikuasai, maka akan memudahkan tim lawan untuk mencetak run. Berikut ini akan dijelaskan teknik pokok yang harus dikuasi seperti: Melempar, Memukul dan menangkap bola baseball.


Melempar Bola Baseball

Melempar bola baseball
Melempar bola adalah tugas dari Pitcher (pelempar). Pemain ini berdiri di sekitar lingkaran daerah pitcher sampai daerah dekt home plate. Tugas pitcher antara lain melempar bola kepada pemukul (batter) dengan baik, menjaga base pertama ketika pemain first baseman memungut bola, dan membantu pemain di belakang home plate.

Seorang pelempar harus menguasai teknik lemparan dengan cara yang berbeda. Setiap lemparan memiliki efek yang berbeda. Ada lemparan bola yang melesat cepat, ada lemparan bawah yang lambat, ada pula lemparan melintir. Upayakan lemparan supaya susah ditebak oleh lawan.

Langkah-langkah melempar bola baseball yang benar :
  1. Posisi berdiri menghadap catcher (penangkap). Pegang bola di balik paha dan sembunyikan dari pandangan batter Penyerang / Pemukul.
  2. Ayunkan lengan ke belakang lalu ke depan dengan ayunan yang stabil.
  3. Putarlah kaki kanan dan badan (pivot) hingga mengarah ke base ketiga.
  4. Pada waktu lengan di belakang, sepakkan kaki kiri ke atas. Kemudian, langkahkan kaki kiri lurus ke depan.
  5. Ayunkan lengan dan lemparkan bola ke depan dengan sepenuh tenaga. Pada saat bersamaan, ayunkan kaki kanan ke belakang.

Memukul Bola Baseball

memukul bola baseball
Memukul Bola Baseball adalah tugas dari seorang pemukul, pemain pemukul atau penyerang (batter) bertugas memukul bola untuk mencetak angka (run). Untuk itu, batter harus dapat memukul dengan baik dan lari ke base (base runner), kemudian menginjak atau menyentuh semua base secara berurutan untuk kembali ke home plate.

Seorang pemukul harus mahir memperkirakan arah datangnya bola. Ia pun harus mampu memukul bola dengan tepat untuk menentukan jauh-dekatnya bola yang terpukul. Bila telah mahir, ia mampu melakukan pukulan big swing untuk mencetak home run.

Cara memegang stick.


Anda harus memegang stick dengan kedua tangan hingga batas tempat bagian pegangan. Usahakan agar jari-jari tangan Anda rapat melingkari batas pemukul, hal ini bertujuan untuk mendapatkan kekuatan yang penuh dalam melakukan pemukulan. Pegangan tangan Anda harus kuat dan benar agar saat Anda mengayun, stick yang Anda pegang tidak terlepas. Berikut ini cara memegang stick / tongkat Baseball yang benar:
  1. Saat menunggu lemparan Pitcher, buka kedua kaki selebar bahu, lutut sedikit ditekuk.
  2. Pusatkan Pandangan pada bola yang akan meluncur kearah Anda.
  3. Posisikan badan Anda agak condong ke depan untuk menjaga keseimbangan.
  4. Pegangan agak ke belakang, siku bengkok, bahu sejajar dan sedikit agak ke bawah.
  5. Saat akan memukul posisi badan tegak lurus di depan bahu kanan.

Langkah-langkah memukul bola Baseball yang tepat:
  1. Posisi badan berdiri tegak, kaki dibuka selebar bahu dan sedikit ditekuk.
  2. Peganglah bat ke belakang bahu. Posisikan ujung bat lebih tinggi dibandingkan bahu, sedangkan siku agak jauh dari badan.
  3. Pandangan mata menatap pada gerakan pitcher.
  4. Saat pitcher melempar bola, langkahkan kaki ke arah pitcher. Ayunkan bat / tongkat mengenai bola dengan cepat memakai kekuatan lengan.
  5. Selesaikan gerakan ayunan lengan sampai bola melambung ke udara.

Baserunning / Menangkap Bola Baseball

cara menangkap bola

Menangkap (Fielding) Kunci untuk menangkap bola bisbol adalah semakin tubuh kamu tepat di depan bola, maka semakin dekat kesempatan untuk bisa menangkap bola dengan tepat.

Seorang baserunner yang baik tidak harus bergantung pada kecepatan untuk menjadi efektif. Kecepatan akan membantu baserunner, tetapi hanya jika ia mengerti bagaimana menjalankan basis. Baserunners harus bertujuan untuk menyentuh sudut dalam basis dan membuat berbelok tajam ke arah dasar berikutnya, yang menjamin jarak terpendek diambil antara dasar. Kemampuan Baserunning juga berasal dari pemahaman keadaan permainan, seperti apakah tim Anda berada di depan atau di belakang, tingkat keterampilan batter yang akan datang dan kekuatan lengan outfielders lawan.


Menangkap bola oleh seorang Catcher

Seorang Catcher memiliki daerah kekuasaan di antara home plate dan back stop. Tugas catcher yaitu menjaga home plate untuk mematikan pelari yang akan mencetak angka, menangkap bola yang dilempar oleh pelempar, serta melempar bola ke base satu, dua, dan tiga untuk mematikan lawan.
Menangkap bola oleh seorang Catcher

Terdapat tiga gerakan menangkap bola oleh seorang catcher yakni bola rendah, bola lurus, bola tinggi. Cara menangkap ketiga arah bola tersebut adalah dengan cara:
  • Cara menangakap bola rendah: Badan sedikit jongkok, kedua tangan berada di bawah dengan pandangan lurus ke depan.
  • Cara menangakap bola lurus: badan agak diangkat lebih tinggi, kedua tangan dan pandangan lurus ke depan.
  • Cara menangakap bola tinggi: badan diangkat lebih tinggi lagi, kedua tangan diangkat ke atas.

Aturan lainnya:

Posisi dan Tugas Pemain Dalam Permainan Baseball

Bisbol dimainkan oleh dua tim di lapangan bisbol. Setiap tim memiliki 9 pemain. Wasit mengawasi jalannya permainan dengan cermat untuk menentukan peristiwa yang sebenarnya terjadi dan menjaga agar pemain mematuhi peraturan. Dalam pertandingan bisbol di Liga Baseball Amerika terdapat 4 orang wasit, walaupun kadang-kadang ada 6 orang wasit.
Dalam permainan baseball terdapat dua tim yang berhadapan, satu tim penjaga sering disebut tim bertahan, sedangkan tim pemukul biasa disebut tim penyerang. Posisi pemain bertahan terdiri atas: Picher, Batter, First baseman, Second baseman, Third baseman, Short Stop, Right fielder, Center fielder,  Left fielder, dan Catcher.

Gambar posisi pemain baseball



Posisi Penjagaan di Daerah Dalam ( Infield)

1. First baseman (penjaga base pertama)

Pemain ini posisinya berdiri di dekat home plate dan base pertama, serta di antara base pertama dan base kedua. Tugas pemain first baseman yaitu mematikan pelari yang hendak ke base pertama, menangkap bola yang dilempar atau dipukul ke arah base pertama, serta melempar bola kepada base kedua untuk menciptakan mati terpaksa (force out).

2. Second baseman (penjaga base kedua)

Posisi Pemain ini berada di tengah antara base pertama dan base kedua. Tugas second baseman antara lain menjaga bola hasil pukulan di daerah yang dikuasai, melempar bola kepada base pertama untuk membuat pelari mati terpaksa, serta mematikan pelari pada base kedua.

3. Short stop

Adalah seorang pemain yang berada di sekitar base kedua sampai base ketiga, dan sekitar daerah depan outfield. Short stop bertugas menjaga pukulan bola di daerah yang dikuasai, melempar bola ke arah base satu atau dua untuk membuat pelari mati terpaksa, serta membantu second baseman dalam menjaga base dua.

4. Third baseman (penjaga base ketiga)

Posisinya berdiri di dekat base ketiga sampai di belakang short stop dan di daerah left fielder. Tugas pemain ini antara lain menjaga base ketiga dan melempar bola ke arah pemain first baseman untuk membuat pelari mati terpaksa.


Posisi Penjagaan di Daerah Luar (Outfield)

1. Left fielder

Pemain ini berada di sebelah kiri daerah outfield. Pemain ini bertugas menjaga pukulan bola di daerah yang dikuasainya.

2. Center fielder

Center fielder memiliki daerah yang luas untuk dikuasai, yaitu daerah tengah outfield. Tugas center fielder adalah menjaga bola hasil pukulan di daerahnya, dan mengarahkan tempat yang harus dijaga oleh left fielder dan right fielder.

3. Right fielder

Right fielder memiliki daerah penjagaan yang berada di sebelah kanan daerah outfield. Right fielder bertugas menjaga pukulan bola di daerah yang dikuasainya.

4. Pitcher (pelempar)

Pither (Pelempar)
Pitcher (Pelempar)
Pemain ini berdiri di sekitar lingkaran daerah pitcher sampai daerah dekt home plate. Tugas pitcher antara lain melempar bola kepada pemukul (batter) dengan baik, menjaga base pertama ketika pemain first baseman memungut bola, dan membantu pemain di belakang home plate.

5. Catcher (penangkap)

Catcher (Penangkap)
Catcher (penangkap)
Seorang Catcher memiliki daerah kekuasaan di antara home plate dan back stop. Tugas catcher yaitu menjaga home plate untuk mematikan pelari yang akan mencetak angka, menangkap bola yang dilempar oleh pelempar, serta melempar bola ke base satu, dua, dan tiga untuk mematikan lawan.


Posisi Memukul

Pemukul
Pemukul
Tim yang mendapat giliran memukul berusaha mencetak angka. Setiap tim harus mengumumkan daftar nama pemain dan urutan giliran memukul yang disebut daftar lineup. Daftar lineup tidak boleh diganti atau diubah selama jalannya pertandingan, tapi pemain yang terdaftar di dalam lineup bisa ditarik dan digantikan dengan pemain baru yang tidak ada di dalam daftar lineup. Pemain baru hanya bertindak sebagai pemukul pengganti (pinch hitter) bagi pemain yang digantikannya sedangkan urutan giliran memukul tidak berubah.

Pemain pemukul atau penyerang (batter) bertugas memukul bola untuk mencetak angka (run). Untuk itu, batter harus dapat memukul dengan baik dan lari ke base (base runner), kemudian menginjak atau menyentuh semua base secara berurutan untuk kembali ke home plate.


Sumber pustaka :
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Budi Aryanto, Margono; editor, Ahmad Rithaudin; ilustrator, Bayu Aprianto.- Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Softball Tutorial, "Posisi Pemain Dalam Permainan Baseball"
  • id.wikipedia.org, "Bisbol"

Aturan lainnya:

Perbedaan Olahraga Softball dan Baseball

Bola Softball dan Baseball
Sebelum mengetahui tentang perbedaan antara baseball dengan softball adalah sebaiknya kita mengenal dulu pegertian dari kedua olahraga ini.


Pengertian Sofbol atau softball

Sofbol atau dikenal dengan softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari dua tim. Permainan sofbol lahir di Amerika Serikat, diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago pada tahun 1887. Sofbol merupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol atau hardball. Bola sofbol saat ini berdiameter 28-30,5 sentimeter; bola tersebut dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan, yaitu pemukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Terdapat sebuah regu yang berjaga (defensif) dan tim yang memukul (ofensif). Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri marka (base) pelari hingga menyentuh marka akhir yaitu home plate.


Pengertian Bisbol atau baseball

Bisbol atau dikenal dengan baseball adalah olahraga yang dimainkan dua tim. Pelempar (pitcher) dari tim yang melempar berusaha melempar bola yang disebut bola bisbol, sedangkan pemain (batter) dari tim yang memukul berusaha memukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Tim yang melempar berusaha menangkap bola yang dipukul oleh tim yang memukul agar tim yang memukul berubah menjadi tim yang melempar. Tim yang memukul mendapat angka dengan cara berlari berlawanan arah dengan jarum jam untuk pulang ke home plate setelah menyentuh marka di permukaan lapangan bisbol yang disebut base. Bisbol juga disebut sebagai hardball untuk membedakannya dengan sofbol.


Perbedaan Softball dan Baseball
  • Olahraga Baseball hanya dimainkan oleh Pria, maka kadang Baseball juga disebut Hardball, sedangkan Softball bisa dimainkan oleh pria dan wanita.
  • Bola Softball berukuran lebih besar beberapa inch dari bola Baseball. Bola Baseball yang lebih kecil memiliki ukuran yang seukuran dengan bola tenis lapangan.
  • Cara melempar pun beda, Softball dilempar dari bawah ke atas, sedangkan Baseball dari atas lurus ke arah Pemukul (Batter).
  • Ukuran lapangan terdapat perbedaan. Meski memiliki bentuk yang sama, tapi ukuran lapangan Baseball lebih besar dibanding Softball.
  • Area pelempar bola (Pitcher) pada olahraga Baseball ada gundukan tanahnya atau disebut Mount sedangkan Softball rata-rata aja.Tapi keduanya mempunyai Plate (semacam base yang berbentuk pesegi panjang) sebagai tempat pitcher.
  • Di plate ini pun terjadi perbedaan, dibaseball ketika akan melempar pitcher dapat menyentuh plate hanya dengan meletakkan satu kakinya, sedangkan di softball diharuskan untuk meletakkan kedua kakinya di plate tersebut.
  • Dari segi permainan, terdapat peraturan yang disebut stealing atau mencuri base. Jika batter atau pemukul telah berhasil mencapai base 1,2 atau 3, maka pada giliran batter selanjutnya runner yang berada di base dapat meninggalkan base sejauh 3 langkah dan berlari ke base selanjutnya dengan kondisi bola telah lepas dari lemparan pitcher. Hal ini terjadi dibaseball, sedangkan di softball runner tidak dizinkan meninggalkan base se inci pun. Jadi, di softball stealing benar-benar mengandalkan kecepatan lari dari runner. Peraturan ini diberlakukan karena jarak antar base di softball lebih pendek dibanding baseball.

perbedaan olahraga softball dan baseball, beda softball dan baseball, pengertian softball dan baseball, tujuan olahraga lempar lembing, perbedaan softball dan kasti, teknik dan macam macam start jongkok, persamaan softball dan baseball', sejarah softball dan baseball

Aturan lainnya:

Ukuran Tongkat (Stik) Pemukul Baseball dan Sejarahnya

tongkat, stik baseball - bisbol
Empat pemukul bisbol bersejarah yang signifikan yang diperlihatkan di pameran berjalan National Baseball Hall of Fame "Baseball As America". Dari kiri ke kanan: pemukul yang digunakan oleh Babe Ruth untuk mencetak home run ke-60nya pada musim 1927, pemukul yang digunakan oleh Roger Maris untuk mencetak home run ke-61nya pada musim 1961, pemukul yang dgunakan oleh Mark McGwire untuk mencetak home run ke-70nya pada musim 1998, dan pemukul yang digunakan oleh Sammy Sosa untuk home run ke-66nya pada musim yang sama.
Pemukul bisbol adalah sebuah sebuah kayu halus atau pentungan metal yang digunakan dalam olahraga bisbol untuk memukul bola setelah bola tersebut dilemparkan oleh pelempar.


Sejarah

Tongkat baseball pertama kali muncul di tahun 1850-an pada saat kemunculan bisbol di kancah olahraga AS. Dalam baberapa dekade berikutnya terlihat perubahan pada tongkat pemukul, mengikuti kemajuan dalam aturan dan strategi baseball. Ada berbagai tongkat baseball dibuat dengan berbagai bahan, tapi tongkat yang terbuat dari kayu abu atau maple adalah yang paling menonjol di tingkat profesional olahraga ini.


Tongkat Pertama

Dikutip dari Baseball-Bats.net, tongkat pertama diciptakan dalam berbagai bentuk dan ukuran, termasuk yang datar. Pemain membuat tongkat pemukul sendiri dan menemukan bahwa barel bulatlah yang paling efektif. Berbagai desain untuk handle, dan barel tongkat pemukul diuji sampai tahun 1920-an ketika bentuknya lebih seragam. Barel bulat, dan gagang tongkat yang ramping adalah yang umum saat ini.


Slugger Louisiville

Slugger Louisville, adalah merek yang pertama kali mengembangkan tongkat baseball, dimulai pada tahun 1880-an dan tetap menonjol hingga saat ini. Menurut website perusahaan, nama merek ini diambil ketika John Hillerich yang berumur 17 tahun melihat pemain Louisville bernama Pete Browning setelah merusak tongkat favoritnya. Hillerich, yang bekerja di toko kayu keluarganya, menawarkan untuk membuat Browning tongkat baru. Permintaan semakin banyak setelah Browning cocok dengan tongkat buatannya, dan Hillerichs menambahkan logo merek dagang untuk setiap tongkat yang ia buat.


Ukuran

Banyak tongkat yang digunakan oleh pemain di awal abad 20 yang sangat berat. Misalnya, Frank “Home Run” Baker, yang memimpin Liga Amerika dengan home run empat kali pada awal abad 20, menggunakan tongkat seberat 52-ons, sementara tongkat pemukul kontemporer berada di bawah 40 ons. Sebuah aturan pada tahun 1859 membatasi ukuran diameter tongkat sampai 2,5 inci, yang meningkat menjadi 2,75 inci pada tahun 1895, dan panjang tongkat dibatasi sepanjang 42 inci pada tahun 1869.


Tongkat Pemukul Logam

Tongkat pemukul bisbol logam diciptakan pada tahun 1924, tapi tidak diproduksi secara luas sampai Worth memperkenalkan model tongkat pemukul aluminium yang dijual pada tahun 1970, menurut “The Evolution of Bat Baseball.” Easton meningkatkan kadar aluminium dalam tongkat pemukulnya di akhir 1970-an, yang mulai mengalami peningkatan popularitas, karena mampu membuat bola terlempar lebih jauh dari tongkat pemukul kayu. Liga profesional tidak pernah mengizinkan penggunaan tongkat non-kayu untuk alasan kompetitif dan keselamatan.


Tongkat Pemukul Kayu

Kayu yang digunakan paling sering pada tongkat pemukul selama bertahun-tahun adalah tongkat abu putih. Hickory digunakan dalam tongkat pemukul pertama di pertengahan 1800-an, menurut Baseball-Bats.net. Tongkat kayu maple mulai populer di awal abad 21, terutama setelah Barry Bonds memukul 73 home run dengan tongkat maple kayu di musim 2001.

Berdasarkan regulasi, pemukul bisbol memiliki ukuran kurang lebih 2.75 inchi dalam diameter di bagian thickest dan kurang lebih 42 inches (1,100 mm) panjangnya. Meskipun dalam sejarah pemukul-pemukulnya sekitar 3 pound (1.4 kg) adalah swung, pemukul-pemukul pada masa sekarang 33 ounce (0.94 kg) pada umumnya, berkisar dari 34 ounce (0.96 kg) sampai 36 ounce (1.0 kg).


Sumber:

Aturan lainnya:

Gambar & Ukuran lapangan baseball standar internasional

lapangan baseball
Lapangan bisbol berbentuk bujur sangkar (baseball diamond) dengan base yang terletak di tiga sudut. Jarak antara base yang satu dengan base yang lainnya adalah 27,432 meter (90 kaki). Panjang tiap sisinya 16,76 m

Ukuran lapangan softball:
  • Panjang setiap sisinya: 16,76 meter.
  • Jarak dari home base ke tempat pelempar: 13,07 meter.
  • Tempat pelempar berdiri (pitcher plate): 60 x 15 meter)
  • Permainan softball mempunyai tiga tempat hinggap pelari yang disebut base. Base terdiri atas base I, II, dan III, sedang base IV langsung tempat untuk memukul (home base). Setiap base terdiri dari karet atau kanvas yang merupakan bantalan, dengan ukuran masing-masing base 38 x 38 cm, dan tebal 5-12,5 cm, kecuali home base berukuran 42,5 x 21,5 cm, sisi puncaknya berukuran 30 cm.
  • Perpanjangan garis dalam home base ke base I dan II disebut garis batas/sector, gunakanya untuk menentukan bola itu jatuhnya di dalam atau di luar garis batas.

Aturan lainnya:

Sejarah dan Pencipta Baseball

Lapangan Bisbol
Sejarah bisbol di Amerika Serikat dapat ditelusuri pada abad ke-19, ketika pemain amatir memainkan pertandingan bisbol seperti oleh aturan informal mereka sendiri dengan menggunakan peralatan yang dibuat di rumah. Popularitas olahraga ini mengilhami klub bisbol nasional semipro pada 1860-an. Selama Perang Saudara beredar rumor bahwa Abner Doubleday lah yang memulai bisbol, tetapi dalam kenyataannya tidak seperti yang kita kenal, karena mungkin dokumentasi oleh Alexander Cartwright. Jawaban untuk pertanyaan siapa yang memulai bisbol masih belum terjawab dan kemungkinan akan tetap seperti itu.


Awal sejarah
Penyebutan awal bisbol dikenal di Amerika Serikat adalah pada tahun 1791 Pittsfield, Massachusetts, peraturan yang melarang bermain game dalam waktu 80 yard (73 m) dari rumah pertemuan kota. Pada tahun 1903, berita olahraga Inggris Henry Chadwick menerbitkan sebuah artikel yang berspekulasi bahwa bisbol berasal dari permainan Inggris disebut yang disebut rounders, dan telah dimainkan Chadwick, asal di Inggris. Tapi Albert Spalding tidak setuju. Baseball, seperti yang dikatakan Spalding, secara fundamental merupakan olahraga Amerika dan dimulai di tanah Amerika.

Untuk menyelesaikan masalah ini, dua orang menunjuk sebuah komisi, yang dipimpin oleh Abraham Mills, presiden keempat Liga Nasional Baseball Klub Profesional. Komisi, yang juga termasuk enam eksekutif olahraga lainnya, bekerja selama tiga tahun, setelah itu menyatakan bahwa Abner Doubleday menemukan hobi nasional. Ini akan menjadi kejutan untuk Doubleday.

Almarhum Pahlawan Perang Saudara ini tidak pernah tahu bahwa ia telah menemukan bisbol. Tapi15 tahun setelah kematiannya, ia disebut sebagai bapak dari permainan bisbol, kata sejarawan John Thorn.

Mitos tentang Doubleday sebagai pencipta permainan bisbol datang dari Insinyur pertambangan Colorado. Laporan lain sebagai referensi awal bahwa bola dasar secara teratur dimainkan pada hari Sabtu pada tahun 1823 di pinggiran kota New York City di daerah yang saat ini adalah Greenwich Village.

Tim pertama yang bermain bisbol di bawah aturan yang modern adalah New York Knickerbockers. Klub ini didirikan pada tanggal 23 September tahun 1845, sebagai klub sosial untuk kelas menengah ke atas dari New York City. Beberrapa Anggota klub ini adalah presiden Doc Adams dan Alexander Cartwright, merumuskan Aturan Knickerbocker, yang sebagian besar berurusan dengan masalah organisasi, serta tata aturan untuk bermain game.

Selanjutnya, Bisbol menjadi olahraga yang dilakukan secara tim dan populer di Amerika Utara, Amerika Latin, Karibia, dan Asia Timur. Di banyak negara, bisbol merupakan olahraga utama. Di Amerika Serikat, bisbol adalah pengisi waktu luang nasional (national pastime) karena sebagian orang Amerika Serikat menghabiskan banyak sekali waktu untuk bermain dan menonton pertandingan bisbol. Jumlah penonton yang datang ke stadion untuk menyaksikan Liga Baseball Amerika melebihi jumlah penonton olahraga jenis lainnya, tapi dikalahkan Sepak bola Amerika dalam jumlah penonton yang menyaksikan pertandingan melalui televisi.

Aturan lainnya:

Pengertian Bisbol

Barry Lamar Bonds (kanan) memegang rekor home run musim tunggal dan selamanya yang diakui secara resmi di Major League Baseball.
Barry Lamar Bonds (kanan) memegang rekor home run musim tunggal
dan selamanya yang diakui secara resmi di Major League Baseball.
Bisbol atau dikenal dengan baseball adalah olahraga yang dimainkan dua tim. Pelempar (pitcher) dari tim yang melempar berusaha melempar bola yang disebut bola bisbol, sedangkan pemain (batter) dari tim yang memukul berusaha memukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Tim yang melempar berusaha menangkap bola yang dipukul oleh tim yang memukul agar tim yang memukul berubah menjadi tim yang melempar. Tim yang memukul mendapat angka dengan cara berlari berlawanan arah dengan jarum jam untuk pulang ke home plate setelah menyentuh marka di permukaan lapangan bisbol yang disebut base. Bisbol juga disebut sebagai hardball untuk membedakannya dengan sofbol. (Wikipedia)

Aturan lainnya:

Standar Ukuran Meja Billiard

meja billyard 8 kaki
Cabang olahraga Billyard dimainkan di atas meja dan dengan peralatan bantu khusus serta peraturan tersendiri. Permainan ini terbagi dari beberapa Jenis, antara lain jenis Carom, English Billiard dan Pool. Dapat dimainkan secara perorangan maupun tim.

Sebagai contoh, jenis Carom dimainkan di meja yang tidak memiliki lubang sama sekali. Ini berbeda dengan jenis English Billiard dan Pool yang dimainkan di meja yang memiliki lubang sebanyak 6 buah. Meski sama-sama memilki 6 buah lubang, ukuran atau luas meja antara English Billiar dan Pool pun berbeda, lebih luas meja jenis English Billiard.


Ukuran Meja Billyard menurut jumlah kaki meja

Ukuran meja billiard memiliki ukuran panjang dua kali dari lebarnya. Pengukuran meja dalam satuan kaki (foot), yaitu 9 kaki, 8 kaki, dan 7 kaki. Permukaan bermain billiard adalah empat persegi panjang berasio 2 : 1.

Dimensi Meja
  • Kaki meja 9 memiliki permukaan meja bermain 100 inci, besar 50 inci (254cm x 127 cm) dengan 1/8 inci (3.175 mm).
  • Kaki meja 8 permukaan meja bermain adalah 92 inci sebesar 46 inci (233,68 cm x 116,84 cm).
Ini adalah dua ukuran yang digunakan dalam turnamen Dunia – Worl Pool Billard Association.
  • Kaki meja 7 permukaan meja bermain adalah 76 inci dengan 38 inci ( 193,04 cm x 96,52 cm)


Ukuran Meja Billyard menurut jenis meja

1. Meja Billiard Carom

Permukaan meja untuk billiard Carom memiliki panjang 2,84 meter dan lebar 1,42 meter; dengan kelonggaran 5 mm. Umumnya tinggi meja ini adalah 75 - 80 cm. Di sisi meja ini tak ada lubang. Papan alas permainannya memiliki ketebalan 45 mm dan sering kali dipanaskan 5°C di atas suhu ruangan, agar papan tetap lembab sehingga bola dapat bergulir dan memantul dengan stabil. Dengan demikian permainan billiard akan lebih cepat selesai. Tradisi memanaskan papan alas permainan ini sebenarnya sudah lama dilakukan. Ratu Victoria (1819 - 1901) di Inggris selalu memanaskan papan billiardnya menggunakan pipa timah.


2. Meja Billiard Pool

Meja dengan 6 buah lubang di tepiannya ini dahulunya hanya memiliki 4 lubang sudut. Namun seiring berkembangnya billiard, 2 lubang tambahan pun dibuat agar permainan lebih menarik. Meja untuk billiard jenis pool datang dalam berbagai ukuran. Namun biasanya meja ini berukuran panjang 2,7 meter, 2,4 meter, atau 2,1 meter dengan masing-masing perbandingan 2: 1 dengan lebarnya. Setiap negara menggunakan ukuran meja yang berbeda-beda.

Lubang-lubang pada meja ini biasanya dilapisi dengan kain, kulit, atau plastik. Ukuran lubang ini menyesuaikan ukuran bola billiard, dengan diameter antara 51 - 57 mm. Papan alas permainan billiard pool memiliki ketebalan lebih dari 2,5 cm.
3. Meja Billiard English

Ukuran papan alas permainan meja ini adalah 356,9 cm x 177,8 cm dengan toleransi 13 mm. Namun di beberapa tempat, ukuran meja ini bisa lebih kecil, hingga 85,1 cm x 87,6 cm. Seperti meja untuk permainan billiard pool, meja ini memiliki 6 buah lubang; empat di sudut dan dua di sisi. Ukuran lubangnya sekitar 86 mm, tetapi ini tidak mutlak. Di beberapa ukurannya bisa lebih kecil; terutama di turnamen-turnamen billiard internasional. pasalnya, lubang yang lebih kecil membuat tingkat kesulitan permainan semakin tinggi.


Bahan Meja Billiard

Bahan yang digunakan untuk meja biliard berbeda-beda. Kualitas yang terbaik biasanya menggunakan granit atau lempengan yang tebal pada permukaan meja, yang berfungsi untuk mencegah permukaan yang tidak rata atau munculnya tonjolan-tonjolan atau bentuk-bentuk lain yang menganggu seiring perubahan cuaca dan tingkat kelembaban udara.

Permukaan meja, pada umumnya kemudian dialasi dengan kain khusus yang disebut billiard cloth berwarna hijau. Meski pada perkembangannya banyak juga yang menggunakan warna merah, biru, atau warna-warna lainnya dengan corak yang beraneka ragam pula. Meja billiard terdiri dari 4 komponen utama, yakni bantalan, papan tempat permainan, kain penutup papan, dan penanda.
  • Bantalan - Bantalan alias cushions terletak di dalam sisi tepian meja. Bantalan dibuat dari berbagai bahan dan desain. Umumnya, bantalan dibuat dari karet sintetis. Fungsi komponen ini adalah untuk mencegah bola billiard memantul keras ketika disodok dan membentur pinggiran meja.
  • Papan alas permainan - Papan ini, disebut juga bed, adalah area luas permukaan meja tempat berlangsungnya permainan billiard. Papan alas permainan billiard yang baik terbuat dari batu kapur yang kuat, biasanya diambil dari tanah Cina, Italia, atau Brazil. Jumlah batu kapur yang digunakan untuk membuat papan adalah antara 2 - 5 buah, tergantung dari besarnya ukuran papan.
  • Kain penutup papan - Kain penutup papan atau cloth adalah selembar kain yang melapisi bagian atas papan alas permainan. Kain ini biasanya berwarna hijau atau merah. Kain ini dibuat dari bahan wol atau nilon. Sebagian besar meja menggunakan kain penutup papan yang cukup tebal agar awet dan tidak mudah rusak meskipun sudah berkali-kali digunakan. justru meja billiard yang mahal terbuat dari jenis wol kasar. Tujuannya adalah agar bola dapat bergulir dengan cepat dan mulus.
  • Penanda - Penanda atau sights adalah segitiga kayu pengumpul bola dan garis-garis petunjuk yang digambarkan di atas papan meja biliard.

Sumber: 

-BIMBINGAN, Standar Ukuran Meja Billiard
-ANNEAHIRA.COM, Mengenal Meja Billiard 

Aturan lainnya:

Tips Memilih Stik Billyard (Cue) Untuk Pemula

Stik Billyard (Cue)
Memiliki cue sendiri akan sangat mengembangkan kualitas bermain anda, dengan cue yang anda miliki, anda akan terbiasa dengan karakter cue anda, sehingga anda bisa mempergunakannya secara optimal dan mengembangkan kemampuan skill anda secara pesat juga.

Untuk hobi dan profesional, cue yang dipergunakan adalah yang model 2 piece of cue, atau bisa dicopot, antara bud dan shaftnya. Harganya tentu lebih mahal dibandingkan cue yang 1 piece utuh yang biasa anda pakai sebagai house cue di arena billiard. Ukuran standar cue adalah 57 inches (145cm).

Berikut ini hal-hal yang harus anda ketahui sebelum membeli cue :


Berat Cue.

Umumnya cue yang lazim dipergunakan untuk cabang pool , memiliki berat antara 18 hingga 21 oz. Semakin berat sebuah cue, maka akan memberikan power yang lebih besar dan memberikan kemudahan untuk anda melakukan banyak putaran dan efek pada cue ball (bola putih), namun keuntungan pada cue yang lebih ringan, anda dapat lebih mengontrol pukulan anda dibandingkan pada cue yang lebih berat.

Untuk pemula disarankan memakai cue dengan berat antara 20-21 oz, umumnya stroke dan ayunan pemula masih belum terlalu bagus, cue yang berat membantu memudahkan melakukan pukulan agar lebih stabil, namun hati-hati, cue yang lebih berat lebih riskan akan kemungkinan 'miscue' dan 'terkena efek' tanpa sengaja.

Untuk advance disarankan memakai cue dengan berat di kisaran 19 oz, umumnya stroke dan ayunan yang sudah stabil akan lebih nyaman  mempergunakan cue dengan berat yang lebih ringan, karena akan lebih mudah mengontrol pukulan anda dan speed cue ball.


Material Cue

Umumnya cue yang di jual terbuat dari kayu dan ada yang terbuat dari fiberglass. Jenis fiberglass biasanya memiliki motif cue fiber yang lebih berwarna dan modern sedangkan cue kayu kebanyakan berdesign minimalis dan klasik.

Bagian belakang cue, atau bud nya, memiliki bagian yang biasa disebut 'Grip' untuk memegang cue, grip umumnya ada yang polos saja hanya vernis kayu, ada yang dilapisi kulit, karet atau benang nylon. Untuk grip, anda bisa memilih sesuai selera anda, namun sebaiknya besar bud yang baik adalah yang sesuai dengan lebar telapak tangan anda pada saat menggenggam, cue harus bisa tergenggap penuh, tidak terasa terlalu besar untuk genggaman anda. Selain itu, lapisan grip dengan kulit atau karet (sport serie) akan menjadi pilihan yang baik, untuk anda yang tangannya mudah berkeringat.


Memilih Cue Tip yang bagus.

Tip merupakan bagian depan Cue, adalah bagian terpenting dalam sebuah cue. Tip terbuat dari bahan kulit, umumnya tersedia dalam berbagai pilihan, mulai dari soft, super soft, medium, hard.

Tips yang keras lebih tahan lama dibandingkan tip yang empuk, namun tip yang empuk lebih mudah untuk menahan chalk sehingga lebih kecil kemungkinan 'miscue'. Namun jenis tip ini, tergantung dengan jenis pukulan masing-masing orang. Sehingga harus dicoba dulu sebelum memilih tip.

Untuk jenis tip cue yang terbaik yang bisa saya rekomendasikan, adalah tips Mori atau Kamui. Namun untuk cue break, anda tidak perlu memakai Mori atau Kamui, bisa memakai tip yang lebih keras untuk cue break, seperti merk Samurai misalnya.

Kamui Clear juga memberikan fenomena baru yang menyenangkan untuk pukulan anda, saya rekomendasikan untuk dicoba, namun kamui pada dasarnya lebih keras dibanding mori, jadi kalau anda biasa memakai mori tipe M, maka sebaiknya memakai Kamui tipe S, bila biasa mori S, sebaiknya kamui SS.


Bagian-bagian Stik Billyard
  • SHAFT - merupakan sambungan atas di dalam cue, shaft terbuat dari kayu, biasanya bahan kayu yang baik untuk shaft adalah kayu maple canadian, dan ebony. Selain dari kayu shaft juga ada yg terbuat dari karbon.
  • BUTT - merupakan sambungan bawah dalam butt,nah butt terbuat dari banyak jenis kayu.
  • JOIN - berfungsi untuk menyatukan bagian shaft dan butt.
  • TIP - yaitu yang ada di ujung shaft, fungsinya untuk memukul bola, bagian cue yg mengenai bola adalah tip.
  • FURRULE - berfungsi sebagai kedudukan tip, yang warnanya putih, furrule yg  dipakai kelas dunia biasanya terbuat dari gading gajah.
  • GRIP - bagian pegangan dalam cue BL.
  • PEMBERAT - kalo dibuka sebenarnya didalam butt ada pemberat yg bisa distel sesuai selera pemain, tapi tidak banyak orang yg tau, karena biasanya saat membeli stick sudah ada ukuran berat sendiri.

Aturan lainnya:

Teknik Dasar Pukulan Billyard Untuk Pemula, Lanjutan

Trick Shot
Artrikel ini adalh lanjutan dari Artikel sebelumnya yang berjudul "Teknik Dasar Pukulan Billyard Untuk Pemula". Berikut ini beberapa istilah yang sering ditemukan saat bermain biliar:


1. Bank Shot

Bank Shot adalah pukulan yang dilakukan tidak secara langsung, yakni menggunakan ban atau cushion terlebih dahulu, baik untuk cue ball maupun bola sasaran.


2. Break Shot

Break Shot merupakan pukulan yang dilakukan di awal permainan untuk memecah posisi bola pada rack. setiap jenis permainan memiliki teknik break dan posisi bola putih yang berbeda.


3. Combination Shot

Combination Shot adalah apabila pemain berniat memasukkan bola dengan menggunakan bola lainnya, sehingga pukulan tidak langsung ke arah bola yang dituju di masukkan ke lobang.


4. Lagging

Lagging atau biasa juga disebut banking, adalah suatu metode menentukan siapa yang melakukan break di awal permainan, dimana kedua pemain melakukan satu pukulan lurus langsung ke bola tanpa sasaran, ke arah ban/cushion bagian atas meja dan bola yang di pukul harus kembali menyentuh atau mendekati cushion bawah meja, pemain yang bolanya lebih dekat dengan cushion bawah saat sudah berhenti, berhak melakukan break terlebih dahulu.


5. Missed Cue

Missed Cue adalah pukulan yang terpeleset dan mengakibatkan bola putih bergerak ke arah yang salah dan sering menyebabkan foul, biasanya akibat lupa mengoleskan chalk/ Kapur pada cue tip / stik atau akibat ayunan yang salah.


6. Safety Shot

Safety Shot merupakan pukulan yang dilakukan untuk menyulitkan lawan apabila posisi bola kurang menguntungkan dan perlu mengatur strategi bertahan dengan posisi cue ball dan bola sasaran pada posisi yang sulit untuk lawan.


7. Trick Shot

Trick Shot adalah teknik pukulan yang menghasilkan variasi pukulan yang unik dan tidak biasa, biasanya dipergunakan untuk eksebisi.

Sumber: Kevin Ringo's,  "13 Istilah Teknis Pukulan Dalam Biliar"

Aturan lainnya:

Posisi Tangan, Kaki, Badan, dan Stik Pada Permainan Billyard

posisi badan saat menyodok billiard
Setiap olahraga tentunya diperlukan teknik, tak terkecuali untuk olah raga permainan Bilyar ini. Dalam pembahasan kali ini yang dimaksud dengan teknik permainan Bilyard adalah tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan gerak anggota tubuh, terutama tangan, kaki, kepala, posisi tubuh, dsb. Untuk lebih jelasnya perhatikan secara seksama uraian berikut:


Tangan Kanan
  1. Dalam bermain bilyar, fungsi tangan kanan adalah untuk memegang stik bagian ujung dan mendorong stik agar melaju sehingga bersentuhan dengan bola. Dalam memegang bisa dilakukan dengan 3 atau 4 jari yang disesuaikan dengan kondisi terbaik masing-masing pemain.
  2. Ketika stik menyentuh bola usahakan supaya tetap rileks dan tangan kanan tidak tegang. Hal Ini perlu dilakukan karena, bila ketika stik menyentuh bola kemudian tangan pemegang ujung stik (kanan) menjadi menegang, maka hasil pukulan menjadi kurang memuaskan.
  3. Usahakan posisi tangan yang menggenggam stik lurus dengan tangan.
  4. Kuatkan posisi lengan tangan supaya jangan sampai jatuh atau bergoyang sehingga mengakibatkan kurang baik pada hasil pukulan.
  5. Luruskan stik billiard dengan tangan

Tangan Kiri
  1. Berbeda dengan tangan tangan, posisi tangan kiri menopang stik dan mengarahkan ujung depan stik agar tepat bersentuhan dengan bola.
  2. Atur jarak antara posisi tanga kiri, ujung stik kecilnya dan bola yang siap untuk disodok.
  3. Letakkan punggung tangan diatas meja billiard, dan jangan sebaliknya.
  4. Anda harus ingat bahwa bridge yang sempurna sangat berkaitan dengan tangan kiri, maka dari itu posisi tangan kiri jangan sampai goyah.

Kaki

Berikut ini posisi terbaik kaki ketika hendak melakukan sodokan:
  1. Sebelum anda siap menyodok bola, sempurnakan dulu kuda-kuda kaki dengan baik.
  2. Ketika hendak melakukan sodokan posisi kaki jangan terlalu rapat, namun harus diatur agak renggang.
  3. Kaki kanan usahakan lurus dan usahakan jangan sampai menekuk.
  4. Kaki kiri diusahakan juga lurus, namun boleh juga menekuk.


Badan

Berikut ini posisi badan ketika hendak melakukan sodokan:
  1. Usahakan supaya badan tidak bergerak ketika akan melakukan sodokan supaya konsentrasi tertumpu pada bola maksimal.
  2. Ketika sudah melakukan dorongan bola, usahkan untuk berada pada posisi membungkuk sejenak. Usahakan rileks dan tidak serta merta langsung diangkat berdiri tegak.

Stik

Sedangkan posisi pendorong bola (stik) diusahakan sebagai berikut:
  • Posisi stik yang dipegang jangan terlalu menungging (datar).
  • Jangan buru-buru ditarik lagi pasca melakukan dorongan bola. Berhenti dulu sejenak.
Sumber:  www.kaskus.co.id, "Mengenal Teknik dasar Bermain Billiard."

Aturan lainnya:

Ini Teknik Dasar Pukulan Billiard Untuk Pemula


Bagi Anda yang sedang belajar atau baru mengenal olahraga permainan Biliar sebaiknya mengetahui dan menguasai teknik dasar pukulan atau sodokan agar menjadi pemain profesional. Selanjutnya, akan divariasikan sesuai dengan kondisi yang dihadapi di atas meja billiard.

Terdapat empat jenis pukulan dasar dalam tekhnik bermain billiard yang harus diketahui dan dikuasai. Keempat jenis pukulan tersebut meliputi:


1. Stop Shoot, Stop Stroke atau Stop ball

Stop Shoot, Stop Stroke atau Stop ball

Stop Shoot merupakan jenis pukulan termudah dalam permainan billiard. Titik pukul stik dilakukan tepat di tengah-tengah bola putih (Cue Ball). Efek yang dilakukan adalah, bola akan berhenti di tempat, jika dipukul sejajar dengan bola sasaran, atau minimal bergerak seminimal mungkin setelah membentur bola sasaran. Jika pukulan tidak dilakukan secara sejajar, laju bola tidak akan berjalan terlalu cepat atau terlalu lambat.

Situasi Stop Shoot yang sempurna bisa terjadi apabila bola putih, bola sasaran dan lubang yang dituju berada pada suatu garis lurus.


2. Draw Shoot (nge-track)

Draw Shoot (nge-track)

Teknik ini dilakukan dengan cara memukul bola putih sedikit di bawah titik tengah, secara polos dipukul pada titik jam 6.. Efek dari pukulan ini adalah bola akan berjalan mundur setelah terkena bola sasaran. Ini terjadi jika bola sasaran dipukul secara sejajar. Sedangkan jika tidak sejajar, sudut pantul bola akan lebih lebar.

Pukulan ini relatif sulit bagi pemula, namun biasanya setelah mencoba dan mempraktekkan tehnik yang benar maka pukulan ini tidaklah begitu sulit. Mungkin biasanya kesulitan akan timbul bila melakukan pukulan draw shot dalam jarak yang sangat jauh.



3. Follow Shoot atau Follow Stroke

Follow Shoot atau Follow Stroke

Follow Shoot adalah sebuah pukulan yang tujuannya untuk membuat cueball bergerak maju setelah mengenai bola sasaran. Teknik bola ini dilakukan dengan cara memukul bola putih sedikit di atas garis tengah. Efek yang terjadi adalah apabila bola sasaran dipukul secara sejajar, bola putih akan berjalan maju. Sedangkan jika tidak sejajar, bola putih akan memiliki sudut pantul yang lebih sempit, serta memiliki laju yang lebih cepat.

Pemula biasanya suka dengan pukulan ini, bahkan seringkali melakukannya tanpa sadar ketika bermain karena jenis pukulan ini bisa dipraktekkan oleh siapa saja, bahkan untuk para pemain yang baru pertama kali bermain sekalipun.



4. Spin Shoot atau Spin Stroke

 Spin Shoot atau Spin Stroke

Pukulan dalam teknik bermain billiard ini dilakukan dengan cara memukul bola sedikit di kiri atau kanan titik tengah bola putih. Efek yang ditimbulkan dari jenis pukulan ini adalah, laju bola akan bergerak ke arah yang tidak terduga setelah terkena bola sasaran atau pun memantul ke tepi meja.


5. English 
 
English

English adalah istilah untuk memukul bola dengan menggunakan efek. Pukulan ini memungkinkan bola bergerak tidak sesuai dengan rutenya. Jika menggunakan English maka hukum sudut datang sama dengan sudut pantul bisa saja tidak berlaku lagi, karena dengan english, lajur bola putih dimanipulasi sedemikian rupa oleh player untuk mendapatkan posisi yang baik untuk pukulan selanjutnya.


6. Jumpshot

Jumpshot
Jumpshot adalah tehnik untuk membuat bola putih melompat untuk menghindari bola yang menghalangi jalur cueball dengan bola sasaran. Dilakukan dengan cue (stick) khusus dengan cara menekan bola putih dari atas sehingga bola menekan laken dan mengakibatkan bola bereaksi bergerak keatas.

Pukulan yang biasanya jarang dilakukan kecuali sangat terpaksa atau ada peluang untuk memaksa bola sasaran masuk dengan menggunakan jumpshot.



7. Masse

Masse
Klik gambar Untuk memperbesar

Membuat bola putih bergerak melengkung. Biasanya digunakan ketika bola sasaran terhalangi oleh bola lain.
Sisanya adalah variasi dari pukulan-pukulan diatas. Sebuah bola jika dipukul pada titik yang sama namun dengan cara pukul yang berbeda maka akan menghasilkan jenis pukulan yang berbeda pula.

Sumber: www.yudiworld.com, "Beberapa Pukulan Dasar dalam bermain Biliar"

Aturan lainnya:

Jenis dan Macam-macam Permainan Billiard

Billiard
Dalam permainan Biliar terdapat beberapa jenis permainan yang dapat dijadikan pilihan untuk bermain. Jenis permainan Biliar ditentukan oleh jumlah Bola yang akan digunakan dalam bermain Billiard antara lain:


Permainan 8 (Delapan) Bola atau 8 Ball (Eight ball).

Permainan 8 bola merupakan salah satu jenis bola sodok yang paling umum. Harus ada dua kelompok yang memainkannya dimana setiap kelompok memiliki jatah 7 bola yaitu nomor 1 hingga nomor 7 untuk kelompok pertama dan nomor 9 sampai nomor 15.

15 Bola diletakkan diatas meja, permainan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok satu wajib memasukkan bola nomor urut 1 s/d 7, dan kelompok lainnya memasukkan bola nomor urut 9 s/d 15. Jika salah satu kelompok atau dua kelompok sudah berhasil memasukkan 7 bola, maka tinggal memasukkan Bola 8 dan siapa yang berhasil memasukkan bola 8 ke lubang dialah pemenangnya.


Permainan 9 (Sembilan) Bola atau 9 Ball (Nine Ball)

Dalam permainan ini setiap pemain wajib memukul bola secara berurutan dari nomor 1 sampai dengan 8 dan dilakukan bergantian ketika salah satu pemain tidak berhasil dalam memasukkan bola. Jika pukulan pertama mengenai bola nomor lain dianggap sebagai Foul. Jika dalam pukulan, Bola apapun memantul dan mengenai Bola nomor 9 kemudian bisa masuk ke lubang maka pemain itulah yang dianggap menang.


Permainan One Pocket

Dinamakan one pocket karena anda sudah menentukan lubang mana yang akan anda gunakan untuk memasukkan delapan bola dari 15 bola yang ada. Bila kamu salah memasukkan bola ke lubang milik lawan, maka itu menjadi keuntungan untuk lawan karena dia dapat poin. Anda harus fokus dengan lubang billiard anda sendiri dan apabila anda salah menarget dan memasukkan bola non-target, bola tersebut harus dikembalikan ke meja lagi.


Permainan Bola Sodok 14.1 Continuous

Dalam permaianan ini, pemain diwajibkan untuk menentukan bola mana yang manjadi sasaran dan lubang mana yang akan digunakan. Setiap sasaran yang masuk ke lubang sesuai dengan target maka dihitung dengan poin. Pemain pertama yang berhasil mendapatkan 150 poin dianggap sebagai pemenang dalam permainan ini.


Permainan dengan Sistem Eliminasi / Cutthroat

Cutthroat atau sistem eliminasi adalah jenis permainan bola sodok yang sangat seru. Permainan ini dilakukan oleh tiga pemain dimana setiap pemain mencoba untuk mengeliminasi 2 lawannya. 15 bola dibagi menjadi tiga kelompok: satu sampai lima, enam sampai sepuluh, dan 11 melalui 15. Pemain dapat memilih sekelompok bola sebelum pertandingan dimulai, atau ditugaskan kelompok karena setiap mulai memasukkan bola. Bila anda menyapu bersih bola anda, anda bisa mengeliminasi lawan dengan memasukkan bola lawan tentu saja setelah anda sudah masuk ke lubang semua. Bila lawan anda kehabisan bola maka dianggap tereliminasi.


Bola Pembunuh

Untuk jenis permainan ini bagi setiap para pemain hanya diberi kesempatan memukul dalam 1(satu) kali dan haruslah masuk ke dalam lubang. Jika gagal atau tidak berhasil sampai 3 kali dan masih terdapat bola yang tersisa diatas meja billiard maka mereka dianggap kalah, jadi pemenangnya adalah mereka yang bisa tepat memasukkan bola melalui satu kali pukulan.


Sumber:

Aturan lainnya:

Sejarah dan Asal-usul Biliard

permainan bilyar 1674
Biliar adalah sebuah cabang olahraga yang masuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi, sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar serta harus ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima agar mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil.

Mengenai asal-usul olah raga permainan billiard belum secara jelas diketahui, beberapa sumber menyebut bahwa permainan ini berasal dari Prancis, Italia, Spanyol, atau Cina. Namun banyak pula sumber yang menerangkan bahwa  asal-usul permainan ini adalah permainan yang biasa dimainkan di taman seperti halnya croquet ( kriket ) yang populer dimainkan di Eropa Timur dan Prancis pada abad ke-15, yang pada akhirnya permainan tersebut dipindahkan ke dalam ruangan dengan meja yang diberi taplak berwarna hijau menyerupai rumput dengan diberi pembatas kecil ditambahkan pada pinggiran meja. Bola-bolanya didorong dengan kayu panjang yang disebut “mace”.

Kata billiard diperkirakan berasal dari kata “billart” yang berarti tongkat kayu atau “bille” yang berarti bola. Pada awalnya, permainan ini dimainkan dengan dua bola pada meja yang berkantong enam dan gawang seperti dalam permainan Croquet ( kriket ) dengan menggunakan tongkat lurus sebagai sasaran pantul. Memasuki abad ke-18, gawang dan tongkat sasaran pun tidak lagi digunakan, hanya tinggal bola – bola dan kantong-kantongnya saja.

Sejak awal tahun 1800-an, permainan ini banyak dimainkan oleh kaum bangsawa, oleh karena itu permainan ini pernah populer dengan nama Noble Game of Billiards. Namun banyak juga bukti -bukti yang menunjukan bahwa permainan tersebut telah dimainkan oleh orang-orang dari berbagai tingkat sosial. Pada tahun 1600an, permainan ini sudah cukup dikenal. Shakespeare pun menyebutkan permainan ini dalam karyanya “Antony and Cleopatra” yang pada waktu itu disebut old egyptian sport.

Di Inggsris, Permainan Biliar populer pada tahun 1675. Dan tahun itu pula diterbitkan buku peraturan biliard. Selanjutnya billiard dipopulerkan sebagai olahraga scientific oleh Captain Mingaud, seorang tahanan politik pemerintah ketika terjadi revolusi perancis. Saking cintanya dengan biliard, dia menolak untuk dibebaskan dari penjara ketika masa hukumannya berakhir.

Mingaud pula yang menemukan "tip", yaitu tambahan kulit di ujung cue. Dengan tip pukulan jadi lebih akurat dan mudah melakukan kontrol cue ball. Tip temuanya lama-kelamaan mengeras dan mengurangi efektifitas pukulan sehingga perlu diganti secara berkala. Akhirnya mingaud meninggalkan penjara dan keliling perancis melakukan eksibisi biliard.

Jack Carr, seorang pelatih biliard inggris berjasa menemukan tehnik pukulan off-center, yaitu memukul cue ball dititik off-center guna mendapatkan efek spin. Sekarang pukulan off-center ini dikenal dengan istilah English. Di inggris pukulan seperti ini disebut side. Dia pula yang menemukan ide untuk mengoleskan kapur pada permukaan tip untuk meningkatkan akurasi pukulan. Sepanjang tahun 1820 jack carr berkeliling eropa, melakukan pelatihan billiard sambil menjual magical twisting chalk temuannya.


Perkembangan Billiard di Indonesia

Permainan billiard di Indonesia pertama kali justru dipopulerkan oleh masyarakat kebanyakan, bukan golongan tertentu. Mereka kebanyakan punya banyak waktu senggang karena tidak punya pekerjaan yang tetap. Maka billiard sering dikonotasikan secara negatif. Namun setelah masyarakat mengetahui bila billiard merupakan permainan untuk kalangan atas di Eropa, maka masyarakat juga mulai tertarik memainkannya. Apalagi setelah ada beberapa pejabat dari dinas olahraga yang memperkenalkan cara bermain billiard melalui berbagai macam kompetisi atau kejuaraan. Maka permainan billiard makin berkembang, bahkan sudah punya organisasi resmi yang diakui oleh KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia).

Sejarah perkembangan olahraga billiar di Indonesia pertama kali muncul dari kalangan masyarakat lapisan bawah. Masyarakat tersebut sebagian besar merupakan orang-orang yang tidak mempunyai pekerjaan (pengganguran bahkan pekerja kasar) dan lokasi tempat bermainnya identik dengan tempat-tempat kumuh, sehingga pandangan negatif melekat pada olahraga itu. Hal ini sangat berbeda dengan asal perjalanan bilyar yang ditemukan abad ke 15 di Eropa Utara yang mengalami kemajuan pesat, sehingga menjadi kegiatan olahraga yang dilakukan oleh semua kalangan baik raja, presiden, pengusaha, dan anggota masyarakat lainnya.

Pada waktu Negara-negara Eropa melakukan penjajahan di daratan Asia, mereka (penjajah) membawa “kebiasaannya” tersebut yaitu bermain billiard ke lingkungan tempat mereka menjajah, diantaranya Indonesia, Philipina dan Negara Asia lainnya. Hal tersebut justru membuat olahraga billiard sangat popular di Asia sekarang ini dibandingkan di Negara-negara Eropa, bahkan para pemain-pemain professional billiard justru didominasi oleh orang-orang Asia. Hal ini terlihat dari munculnya pemain-pemain Asia yang sering menjuarai pertandingan billiard bergengsi. Seperti Efren Reyes, Fransisco Bustamante (Philipina), Cho Fong Pang (Taiwan). Bahkan yang lebih hebat lagi, pada tahun 2005 juara dunia billiard bola 9 dan bola 8 yaitu Wu Chia Ching, bocah berumur 16 tahun dari Taiwan. Serta masih sangat banyak lagi pemain-pemain Asia yang menjadi juara dunia atau menjadi pemain professional.

Sumber: PM BIlliard

Aturan lainnya:

Tips Bermain Biliar Untuk Pemula

Billiar

Agar mendapatkan permainan biliar yang nyaman maka diperlukan beberapa petunjuk permainan yang diketahui, berikut ini penjelasannya.
  1. Biasakan Selalu Fokus Ketika Mau Menyodok Hal ini bertujuan agar pukulan kita lebih akurat sehingga tepat sasaran
  2. Kuda-kuda Tangan atau Bridge Harus Kuat, Tidak Boleh Goyah. Karena bila kuda-kuda tangan goyah maka pukulan terhadap Bola Putih melenceng jauh dari sasaran yang dituju.
  3. Posisi Kaki Harus Seimbang. Bila melakukan pukulan dengan Tangan Kanan maka Kaki Kiri harus berada di bagian depan. Jika titik sasaran bola sudah ditentukan, nah barulah tangan yang dipakai buat kuda-kuda (fungsi untuk menahan stik) kita diletakan dengan tujuan untuk mengatur ke-seimbangan badan.
  4. Usahakan agar Bola dan Ujung Stik Menbentuk Semacam Kurva. Agar Bola dapat dicapai dengan sempurna, gunakanlah Chalk atau Kapur untuk menghaluskan ujung Stik sebelum melakukan eksekusi agar kesalahan sasaran bisa dihindarkan atau diminimalkan.
  5. Saat menyodok Bola Putih, gunakan kekuatan sodokan sewajarnya atau sesuai kebutuhan, jangan terlalu Keras juga jangan terlalu Ringan.
  6. Jika memakai efek, jangan pernah mengoyahkan stiknya ke samping tapi goyangkan stik lurus (naik turun) dan sejajar dengan titik kotak, barulah setelah itu bisa digeser pada titik pukul.
  7. Yakin akan tindakan saat eksekusi pukulan dilakukan, jangan sekali kali berubah pikiran (hilangkan pikiran menggunakan strategi yang lain dan tetaplah fokus). Karena dengan hilangnya keyakinan maka akan menganggu konsentrasi dan menggagalkan sasaran.
  8. Rajinlah selalu berlatih, hal ini penting bila anda ingin menjadi ahli yang profesional terutama pada jenis-jenis pukulan yang sulit untuk kita lakukan. Mulailah dari pukulan jarak pendek, menegah, kemudian pukulan jarak panjang. Semakin tekun berlatih, maka kesulitan itu berangsur-angsur akan menjadi lebih mudah.
  9. Singkirkan jauh-jauh rasa tegang, dan selalu lah berpikir yang positif "Bahwa Cara Bermain Billiard Yang Saya Lakukan Sudah Benar dan Tidak Melengceng"

Aturan lainnya:

Pengertian Biliar

permainan biliar
Biliar adalah sebuah cabang olahraga yang masuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi, sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar serta harus ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima agar mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil.

Cabang olahraga ini dimainkan di atas meja dan dengan peralatan bantu khusus serta peraturan tersendiri. Permainan ini terbagi dari beberapa Jenis, antara lain jenis Carom, English Billiard dan Pool. Dapat dimainkan secara perorangan maupun tim.

Sebagai contoh, jenis Carom dimainkan di meja yang tidak memiliki lubang sama sekali. Ini berbeda dengan jenis English Billiard dan Pool yang dimainkan di meja yang memiliki lubang sebanyak 6 buah. Meski sama-sama memilki 6 buah lubang, ukuran atau luas meja antara English Billiar dan Pool pun berbeda, lebih luas meja jenis English Billiard.

Sampai tahun 2008, yang sangat berkembang di Indonesia adalah jenis Pool yang itu pun masih terbagi dalam Nomor bola 15, bola 8 dan bola 9. Dahulu di Indonesia, biliar identik dengan olahraga yang selalu dimainkan oleh para lelaki saja. Namun saat ini banyak wanita yang mulai menggemari olahraga biliar. (Wikipedia)

Aturan lainnya:

Peraturan dalam Lompat Jangkit

Meteran gulung
Ada beberapa peraturan dalam lompat jangkit, yaitu:
  1. Melompat sebelum balok tumpuan, tetap sah
  2. Pada tolakan kaki pertama harus mendarat pada kaki yang lain
  3. Pada tolakan kedua, harus mendarat pada kaki yang lain
  4. Bila pelompat sedang melakukan lompatan dan menyentuh tanah dengan kaki ayun, hal ini dianggap melanggar
  5. Lazimnya diberikan giliran melompat 1,5 menit – 2 menit

Cara Mengukur Lompatan pada Lompat Jangkit

Pada lompat jangkit pengukuran sebetulnya sama dengan pengukuran pada loncat jauh. Pengukuran dilakukan oleh juri pengukur yang biasanya berjumlah 2 (dua) orang.

Pengukuran akan dilakukan apabila lompatan tersebut dinyatakan syah. Pengukuran lompatan diambil dari ujung balok tumpu yang terdekat dengan bak pasir, sampai pada tanda awal pendaratan.

Bila pelompat berjalan mundur seusai melakukan lompatan maka yang diukur adalah jarak ketika atlet tersebut mundur. Oleh karena itu ketika seusai meloncat maka atlet harus berjalan maju. Pada pengukuran ini diusahakan untuk seteliti mungkin sebab selisih satu cm saja akan berpengaruh. Selain itu alat yang digunakan untuk mengukur juga harus sama ( hanya ada satu alat ukur). Hasil lompatan akan dicatat oleh pencatat hasil perlombaan.

Bila didalam sebuah perlombaan ada nilai yang sama maka untuk menentukan juara maka harus diberikan kesempatan pada kedua peserta tersebut untuk melakukan lompatan lagi. Dan bila masih sama maka dilihat dari prestasi atlet sebelumnya, dan bila masih sama baru diadakan undian.

Sumber: https://amore87.wordpress.com/tag/sejarah-lompat-jangkit/

Artikel yang berhubungan dengan lompat jangkit

Aturan lainnya:

4 Teknik Dasar Lompat Jangkit

Secara garis besar ada empat fase gerakan pada lompat jangkit, yaitu awalan, tolakan, saat melayang di udara, dan pendaratan. Berikut ini penjelasannya...

cara melakukan lompat jangkit
klik gambar untuk memperbesar

1. Awalan (approach run)

Cara melakukan awalan pada Lompat Jangkit sama dengan awalan pada lompat jauh yaitu dengan cara berlari pada lintasan secepat mungkin tanpa mengurangi ataupun merubah langkah.

Untuk meningkatkan kecepatan lari, maka jarak awalan harus cukup panjang yakni kira-kira 35 – 40 meter, agar kecepatan mencapai titik maksimal pada waktu melakukan tumpuan. Gerakan lari konstan dan mampu menempatkan kaki tumpu pada balok dengan tepat.


2. Tolakan (take of)

Tolakan pada lompat jangkit dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu: tolakan pada waktu berjingkat: tolakan pada waktu melangkah, dan tolakan pada waktu melompat.
  • Tolakan pada waktu berjingkat - Gerakan ini dilakuakn  dengan cara kaki penolak harus mendarat dengan aktif dan siap menendang, tolakan ke depan dan ke atas, jingkat dilakukan panjang dan datar.
  • Tolakan pada waktu melangkah - Gerakan ini dilakukan dengan cepat, ayunan paha, kaki bebas ke posisi horizontal. Saat melangkah posisi bertolak dipertahankan untuk mempersiapkan gerakan lompat.
  • Tolakan pada waktu melompat - Dengan melakukan gerakan menolak dengan cepat sambil mengayunkan paha kaki ke posisi horizontal. Dengan teknik melangkah yang benar (dengan mengangkat lengan ke depan atas) maka akan didapat lompatan yang jauh saat melayang.


3. Saat Melayang di Udara

Gerakan saat melayang diudara pada lompat jangkit mirip gerakan melayang pada lompat jauh gaya menggantung namun dapat juga gerakan diudara seperti lompat jauh gaya berjalan di udara, yang terpenting dari gerakan ini adalah agar tubuh selama mungkin berada di udara agar hasil lompatan semakin jauh. berikut ini gerakannya:

Gerakan Gaya Menggantung (Hang style atau Schnepper) saat Melayang di Udara
  1. Posisi kedua tangan berada di samping telinga dalam keadaan lurus ke atas.
  2. Posisi kedua kaki dirapatkan kemudian diayunkan dari belakang ke depan.
  3. Posisi awal tolakan dada agak sedikit dibusungkan kemudian digerakan ke belakang.
  4. Posisi Badan dan lutut saat di udara diayunkan ke arah depan dengan tenaga yang meksimal.

Gerakan Gaya Berjalan di Udara (Walking in the Air) saat Melayang di Udara
Saat melayang di udara
  1. Saat berada pada posisi awal tolakan, dada sedikit dibusungkan.
  2. Posisi kedua tangan diayun kebelakang seperti orang sedang berlari.
  3. Posisi kedua kaki diayun ke depan, dalam gerakan seperti orang sedang berjalan.


4. Sikap mendarat

Cara mendarat pada lompat jangkit sama dengan teknik pendaratan lompat jauh yaitu mendarat dengan kedua kaki secara bersamaan.
  1. Lutut kaki diluruskan ke depan, sementara bagian lengan agak sedikit ditekuk.
  2. Usahakan posisi Badan dan lutut dalam keadaan relax saat ingin mendarat.
  3. Ketika kedua kaki ingin menyentuh tempat pendaratan, posisi kaki harus berada di depan
  4. Pada saat melakukan pendaratan kedua tumit kaki menjadi tumpuan awal.
  5. Apabila kedua tumit kaki telah mendarat, maka kedua tangan berada di depan.
  6. Posisi badan sedikit membungkuk dalam keadaan tidak terlalu kaku agar dapat mendarat dengan sempurna.
  7. Yang perlu diperhatikan pada saat Gerakan dan sikap mendarat  adalah menjaga keseimbangan tubuh agar tidak terjengkang ke belakang.

Sumber: Materi Penjasorkes


Artikel yang berhubungan dengan lompat jangkit

Aturan lainnya: