Jumlah dan Tugas Pemain Hoki

Pemain Hoki
Tim Hoki Australia
Hoki lapangan adalah permainan hoki yang dimainkan oleh dua tim yang masing masing tim berjumlah sebelas (11) Orang. Permainan ini menggunakan bola di atas lapangan atau rumput, atau lapangan rumput sintetis. Permainan ini dimainkan oleh pria dan wanita. Masing masing pemain memiliki peran, fungsi atau tugas yang berbeda seperti yang dijelaskan di bawah ini.


Striker (Penyerang)

Tugas dari Penyerang adalah melancarkan serangan, dalam aksinya diperlukan kerjasama dengan pemain sayap. Striker Dalam (inner) posisinya di tengah lapangan.


Sayap kiri/kanan

Pemain sayap fungsinya sama dengan penyerang. Pemain sayap membawa bola ke garis tepi atau belakang dan mengarahkan bola ke dalam petak D untuk mencipta peluang gol.


Pemain tengah

Pemain tengah bertugas menyerang dan bertahan. Dalam aksinya, pemain ini bekerjasama dengan penyerang dan pertahanan. Ia berperanan mengatur bola dari pertahanan kepada penyerang untuk mencipta peluang gol.


Pertahanan / Sweeper

Pemain ini bertugas bertahan di daerah permainan sendiri. Berperanan mengeluarkan bola dari Petak D dengan mengoper bola kepada pemain tengah. Mereka merupakan barisan terakhir sebelum penjaga gawang.


Penjaga gawang
   
Penjaga gawang bertanggungjawab menghalangi setiap bola yang akan masuk ke gawang. Dalam aksinya kebanyakan ia menggunakan badan untuk menghadang bola yang masuk di daerah D, dan di luar Petak D. Ia juga memiliki stik seperti pemain lain untuk menghalau bola.

Sumber: http://g2hoki.blogspot.co.id/2011/03/posisi-peranan-pemain.html

Aturan lainnya:

Pelanggaran dan Hukuman Pada Permainan Hoki

Hoki
Dikutip dari Wikipedia, Hockey atau Hoki lapangan adalah permainan hoki yang dimainkan dengan menggunakan bola di atas lapangan atau rumput, atau lapangan rumput sintetis. Permainan Hockey ini mempertemukan 2 tim dalam satu lapangan yang terdiri dari 11 orang dari masing-masing tim. Berikut ini peraturan umum yang harus di patuhi setiap pemain hoki:


Pelanggaran
  • Mengangkat alat stick/Pemukul bola diatas pundak saat bermain, karena dapat membahayakan pemain lainnya.
  • Melakukan gerakan yang membahayakan pemain lainnya.
  • Memukul bola keudara.
  • Menahan Bola atau menendang bola dengan kaki. Kecuali Penjaga gawang memiliki hak penuh unutk menendang, menahan dengan anggota badan lainnya asalkan tidak berbaring dengan bola diatas atau d bawah tubuhnya.
  • Menahan atau memukul stick lawan.
  • Menjatuhkan lawan, menghalangi serta menjegal pergerakan lawan.

Hukuman.
  • Fre Hit / Pukulan Bebas - Hukuman Free hampir sama dengan Freekick pada permainan Sepakbola, Freehit ini dilakukan dimana pelanggaran dilakukan.
  • Penalty Corner-Short Corner - Penalty Corner dilakukan di bagian garis pinggir gawang regu sekurang-kurangnya 2,75 meter dari tiang gawang terdekat, hal ini dilakukan apabila pemain yang bertahan menyentuh bola di daerah gawangnya atau disebabkan oleh pelanggaran lainnya di daerah Sriking Circle.
  • Penalty Stroke - Diberikan apabila terjadi sebuah pelanggaran didalam area Striking Circle atau salah seorang pemain bertahan menghalangi bola yang akan masuk kedalam gawang dengan cara yang tidak dianjurkan sehingga menghasilkan pelanggaran, Penalty Stroke ini dilakukan dari jarak 7,31 m dan dilakukan tepat didepan gawang  dan pemain lain nya berada di belakang garis 25 yard. dan bila mana penjaga gawang dapat menahan atau memblok pukulan Penalty ini maka tim yang bertahan akan mendapatkan pukulan bebas free hit dari titik yang berjarak  14,63 dari gawang.
  • Corner Hit - Long Corner - Diberikan apabila salah seorang pemain bertahan memukul atau memainkan bola ke belakang garis gawang, Corner hit ini dilakukan dari sebuah titik sejauh 9,14 m dari tiang gawang terdekat dan pemain yang melakukan serangan harus berada di belakang Striking Circle atau garis D
  • Offside - Pelanggaran Offside terjadi apabila salah seorang pemain lawan mendahului bola yang di umpan / dioper oleh tim yang melakukan serangan menyerang dan orang tersebut berada di belakang pemain bertahan di daerah pertahanan lawan.
  • Hit In - Pukulan ini dilakukan apabila bola yang dipukul keluar atau bola mengenai stick lalu keluar lapangan, pukulan ini dilakukan di tempat dimana bola tersebut keluar garis pinggir, akan tetapi apabila bola yang dipukul oleh seorang penyerang melampaui garis gawang maka dilakukan dari suatu titik 14,63 m pada arah dimana bola tersebut keluar lapangan. 
 
Sumber: http://kumpulan-olahraga.blogspot.co.id/2015/09/peraturan-permainan-hockey.html

Aturan lainnya:

Teknik Dasar Olahraga Hoki lapangan

cara memegang stik hoki
Cara memegang stik hoki
Hoki adalah olahraga yang dilakukan oleh dua tim, satu sama lain mencoba untuk memukul bola atau keping ke gawang lawan menggunakan tongkat hoki / alat pemukul (stick). Olahraga permainan ini dilakukan oleh pria dan wanita, bentuk permainannya hampir sama dengan sepak bola.

Berikut ini beberapa teknik dasar permainan olahraga Hokkey yang perlu dikuasai setiap pemain Hoki


Cara memegang stik Hoki
  1. Letakkan tangan kanan pada bagian tengah stik
  2. Letakkan tangan kiri pada bagian bawah atau ujung stik. Posisi stik berada  antara ibu jari dan telunjuk membetuk huruf "V" yang segaris dengan telapak tangan dengan bagian yang cembung.
  3. Letakan kepala stik ketanah dengan ujung stik mengahadap ke atas.

Menggiring bola / Dribling

Menggiring bola / Dribling
Menggiring bola / Dribling
Menggiring atau Dribling adalah sebuah gerakan menguasai bola dengan cara berpindah atau berpindah tempat, baik dengan cara berlari maupun dengan berjalan. Berikut ini kegunaan dari dribling:
  • Memindahkan arah dan tempat bola
  • Melepaskan diri dari hadangan pemain lawan.
  • Menguasai Bola untuk melakukan strategi penyerangan
  • Mencari tempat yang strategis untuk mencetak gol atau mengoper bola.

Dalam olahraga hoki, dribble digunakan untuk:
  • Lari dengan menguasai bola, sambil melihat ke sekeliling dengan cepat untuk melihat ke arah mana bola sebaiknya di arahkan (dioperkan).
  • Menarik lawan keluar dari posisinya.
  • Mengecoh dan melewati lawan.
  • Mendapatkan ruang gerak untuk melakukan operan / tembakan.

Macam-macam Dribble:
  1. Dribble lurus - Bola didorong ke depan dengan stick tetap menmpel pada bola atau dapat juga dengan cara diketuk (short tap) berturut-turut.
  2. Dribble buka tutup (dribble india) - Bola didorong serong ke kiri depan dengan menggunakan pegangan forehand, kemudian segera didorong serong ke kanan depan engan menggunakan backhand. Jadi jalan bola selalu zig-zag.

Cara melakukan dribble:
  1. Posisi kaki: Dalam posisi lari yang normal, akan tetapi selalu siap untuk meliukkan badan ke samping kiri/kanan atau mengubah kecepatan lari bila perlu. Untuk itu gerakan kaki (foot work) yang baik akan sangat menunjang.
  2. Posisi badan: Lebih bungkuk dari posisi lari biasa, tetapi harus dalam keadaan selalu seimbang dan rileks, dengan lengan relatif lurus, menguasai bola dengan baik.
  3. Posisi tangan: Tangan kiri memegang stick di bagian ujung stick, seperti pada pegangan yang normal, akan tetapi tangan kanan harus sedikit ke bawah untuk mendapatkan kontrol yang maksimum. Untuk membantu dalam mengendalikan stick, telunjuk tangan kanan diluruskan dan menempel pada stick.
  4. Pandangan: Pandangan harus slalu ke depan mengikuti jalannya bola skaligus juga melihat keberadaan kawan atau lawan disekitarnya.

Catatan:  Bola harus selalu dekat dengan stick dan harus selalu dalam penguasaannya setiap waktu. Pemain tidak boleh lengah karena bola kemungknan lepas dari kontrolnya ataupun karena dicuri lawan. Bola harus berada kurang lebih 1 meter didepan kaki atau di samping kanan, dalam posisi ini maka akan memudahkan melakukan operan ataupun tembakan ke gawang.

Menghentikan Bola / Stop

Menghentikan bola adalah sebuah gerakan untuk menghentikan bola ketika bola menghampiri kita baik itu dari operan teman maupun ketika kita mangambil bola dari pihak lawan.


Mendorong bola

Mendorong bola adalah kegiatan menggerakan bola pada permukaan lapangan dengan melakukan gerakan mendorong tongkat pemukul. Gerakan ini dapat dilakukan saat tongkat pemukul dekat dengan bola, yakni ketika melakukan gerakan mendorong bola ujung stik/tongkat pemukul dan bola harus menempel ke permukaan lapangan.

Teknik push dapat digunakan untuk memberikan umpan (passing) ataupun untuk menembak ke gawang lawan (shooting). Push sangat tepat digunakan untuk operan jarak pendek, akan tetapi seorang pemain yang sudah mahir dapat menggunakan teknik push ini untuk operan jarak jauh.

Keuntungan menggunakan teknik push:
  • Push adalah sebuah operan dengan menggunakan gerakan yang sangat cepat, cara ini sangat efektif  bagi penyerang dalam melakukan tembakan dengan cepat ke gawang lawan dan sebaliknya bagi pihak yang bertahan. Saat menghalau bola dari daerahnya untuk melepaskan diri dari tekanan lawan.
  • Untuk menyembunyikan arah operan bola sampai saat terakhir.
  • Lebih mudah mengoper bola ke arah kanan dengan push dari pada dengan hit, karena posisi kaki tidak perlu diubah.
  • Lebih mudah mengontrol kecepatan bola saat melakukan operan, di bandingkan dengan hit.
  • Memungkinkan mengoper bola dari posisi tanggung bila hit tidak mungkin dilakukan.

Cara  melakukan teknik dasar push :
  • Posisi tangan: Tangan kiri menggenggam bagian ujung stick, dan tangan kanan memegang bagian tengah stick atau sedikit ke atas. Jari telunjuk tangan kanan lurus dan menempel/menyanggah bagian bawah stick.
  • Posisi badan: Condongkan badan ke depan, mulai dari panggul dan gerakan/ tempatkan kepala sehingga berada segaris diatas bola. Saat melakukan push putarkan badan sehingga bahu kanan bergerak menghadap ke muka ke arah sasaran.
  • Posisi kaki: Kaki kiri didepan kaki kanan dan keduanya condong ke depan. Kemudian lutut agak dibengkokan.
  • Posisi bola: Untuk posisi bola berada pada jarak antara 40-50cm didepan kaki kri.
  • Perkenaan bola: Diawali dari stick yang menempel dengan bola dan kemudian stick menyusur lapangan selama mungkin. Lengan bawah dari tangan kanan menentukan tenaga dorongan, dibantu dorongan dari kaki kanan. Sedangkan tangan kiri membantu mengontrol stick, menarik stick ke belakang saat tangan kanan melakukan push. Setelah push, kepala stick harus tetap vertikal dan sebagai  gerakan lanjutan, stick menunjuk mengikuti arah jalannya bola, sehinnga bola akan bergerak menyusur lapangan

Merebut Bola / Tackling


Merebut Bola / Tackling  adalah salah cara mengambil bola dari penguasaan pemain lawan. Hal ini akan membuat lawan kesulitan untuk mendapat kan point.


Memukul bola

Cara memukul bola hoki
Cara memukul bola hoki, klik gambar untuk memperbesar
(https://www.youtube.com/watch?v=3Wx_zcIp50A)
Memukul bola adalah teknik yang digunakan untuk mengoper atau memberikan bola kepada teman satu tim pada jarak yang dekat atau jauh, atau untuk membuat pukulan ke arah gol. Berikut ini caranya:
  1. Pegang tongkat / stik dengan kuat. Tangan kiri di atas tangan kanan. Bahu kiri menghadap sasaran. 
  2. Bola berada selari dengan kaki kiri. Awali gerakan dengan melihat ke arah sasaran dan ayunan ke belakang.
  3. Ayunkan stik ke arah bola dan pindahkan berat badan ke kaki depan. Bengkokkan lutut saat melakukannya. Mata tertuju pada bola terutama bagian belakang bola.
  4. Pukul bola, mata tertuju pada sasaran. Berat badan dipindahkan ke hadapan.

Sumber:

Aturan lainnya:

Macam-macam Perlengkapan dan Ukuran Peralatan Hoki

Tongkat hoki
Tongkat hoki (Hocky Field)
Dalam olahraga permainan Hoki setiap pemain memiliki peralatan yang harus dipakai pada setiap pertandingan. Diantaranya adalah Stick atau Tongkat Hoki, bola hoki, pakaian hoki. Berikut ini penjelasan lengkapnya.


Stik atau Tongkat Hoki

Stick hockey terbuat dari kayu (ada pula stick yang terbuat dari bahan fibber) dengan kepala bagian bawah melengkung. Stick hoki tidak boleh terbuat dari besi atau benda tajam yang membahayakan. Stick tidak boleh dilekatkan (disambung) atau dimasukkan benda logam sejenisnya yang dapat membahayakan.

Ukuran Stick atau tongkat hoki:
  • Pria: panjang 97 cm dengan berat 28 ons
  • Wanita: panjang 91 cm dengan berat 23 ons.

Bola hoki

Bola hockey terbuat dari kulit yang berwarna putih yang dijahit seperti membungkus bola cricket.

Ukuran Bola Hoki:
  • Berat bola: minimal 5,5 ons dan maksimal 5, 75 ons
  • Diamete bola: 8,75 inc – 9,75 in.

Perlengkapan Pemain

Perlindung Kaki

Perlindung Kaki digunakan oleh setiap pemain dan penjaga gawang dan  memiliki ketebalan serta ukuran yang disesuaikan untuk melindungi bagian kaki sampai ke batas paha.

Sarung Tangan

Sarung tangan berfungsi melindungi tangan dan menahan bola. Ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan, tidak terlalu tebal ataupun tipis, cukup yang ringan saja.

Kickers

Kickers adalah pembungkus atau penutup sepatu yang diikat dengan kuat. Kickers merupakan peralatan wajib bagi penjaga gawang agar dapat menahan dan menendang bola dengan baik.

Protector

Protector adalah alat tambahan untuk melindungi bagian dada dan tubuh yang lain seperti muka (face protector).

Sepatu Khusus

Digunakan oleh para penjaga gawang agar dapat menendang bola dengan sempurna.


Sumber: http://www.bimbie.com/olahraga-hockey.htm

Aturan lainnya:

Ukuran Lapangan Hoki (Hockey Field) Outdoor

Hoki lapangan atau Hockey Field adalah salah satu dari tiga jenis hoki lainnya yakni Hoki es dan hoki ruangan/indoorhockey. Hoki lapangan adalah permainan hoki yang dimainkan dengan menggunakan bola di atas lapangan atau rumput, atau lapangan rumput sintetis. Permainan ini dimainkan oleh pria dan wanita di sejumlah negara-negara di dunia, terutama negara-negara di Eropa, India, Pakistan, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Asia Selatan. Di Amerika Serikat dan Kanada, olahraga ini sangat menonjol dimainkan oleh wanita.


Ukuran Field hockey (Hoki lapangan)

Lapangan hoki (Hockey Field)
Lapangan hoki (Hockey Field)
Pada hockey lapangan pemain yang bermain berjumlah 11 pemain termasuk 1 orang penjaga gawang dari ke-2 tim. Filed hockey menggunakan lapangan  rumput dengan luas lapangan 60 yard x 100 yard ukuran gawang 7 fit x 4 yard.

Berikut ini rincian ukuran lapangan hoki (Hockey field) menurut ukuran resmi dari Hockey Federation International (FIH):
  • Luas lapangan: 91,4 m × 55 m (100,0 yd × 60.1 yd).
  • Ukuran gawang:  tinggi 2.14 m (7 ft) dan lebar 3,66 m (12 kaki).
  • Jalur di lapangan: 22,90 m (25 yd) dari setiap akhir-line (umumnya disebut sebagai garis 23 meter atau garis 25 yard) dan di tengah lapangan. 
  • Titik penalti atau tanda stroke Area memiliki ukuran diameter 0,15 m (6 in), ditempatkan dengan titik tengah 6.40 m (7 yd) dari pusat gawang.
  • Lingkaran penembakan adalah 15 m (16 yd) dari garis dasar.

Sumber: en.wikipedia.org

Aturan lainnya:

Pengertian Hoki lapangan

Hoki lapangan
Hoki lapangan adalah permainan hoki yang dimainkan dengan menggunakan bola di atas lapangan atau rumput, atau lapangan rumput sintetis. Permainan ini dimainkan oleh pria dan wanita di sejumlah negara-negara di dunia, terutama negara-negara di Eropa, India, Pakistan, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Asia Selatan. Di Amerika Serikat dan Kanada, olahraga ini sangat menonjol dimainkan oleh wanita. (Wikipedia)

Aturan lainnya:

Sejarah Olahraga Hoki

Hoki lapangan
Melihat dari asalnya, terdapat dua tempat sumber asal-usul olahraga permainan Hockey, yaitu Persia Kuno dan Mesir Kuno. Ini dapat dilihat dari relief adegan permainanan stik dengan bola yang terdapat pada tembok kuburan di Lembah Raja dekat Bani Hasan di Mesir Kuno.

Masa kini di berbagai tempat terpencil di Mesir, permainan kuno ini masih dimainkan, dengan menggunakan stik dari pelapah palem dan bola keras, nama permainan ini yaitu hoksa.

Dari Mesir, hoksa menyebar ke suku Arab dan bagian lain Afrika Utara, serta mungkin melalui Kreta ke Yunani. Suku Arab menyebutnya dahwa dan dimainkan dengan bola kayu. Suku Bahuka di Afrika menyebutnya thepu dan dimainkan dengan bola karet.


Hoki Modern

Inggris adalah negara yang mendapat kehormatan sebagai tempat lahirnya hoki modern. Pada tahun 1800 sebuah almanak mencatat adanya permainan ini dan namanya  pun sudah hockey. Dapat diartikan bahwa hockey mungkin berasal dari kata hook (bagian stick yang bengkok).

Induk organisasi hoki pertama terbentuk tahun 1886 di Inggris dengan nama English Hockey Association. Sejak sekitar tahun 1890 hoki menyebar ke daratan Eropa. Tiap Negara menyusun peraturan permainan nasionalnya sendiri, walaupuin intinya diambil dari peraturan permainan IHB tersebut.

Aturan lainnya:

Pengertian Permainan Hoki

Hoki Lapangan
Hoki Lapangan
Hoki adalah olahraga yang dilakukan oleh dua tim, satu sama lain mencoba untuk memukul bola atau keping ke gawang lawan menggunakan tongkat hoki / alat pemukul (stick). Olahraga permainan ini dilakukan oleh pria dan wanita, bentuk permainannya hampir sama dengan sepak bola.


Jenis permainan hoki sendiri dibagi dalam beberapa jenis, yaitu :
  • Hoki lapangan (field hockey)
  • Hoki ruangan (indoor hockey)
  • Hoki es (ice hockey)

Aturan lainnya:

Cara Memukul Bola Golf yang Benar

Golf merupakan olahraga yang unik karena membutuhkan kesabaran dalam melakukannya untuk dapat menghasilkan pukulan yang akurat. Selain itu, latihan yang sering adalah salah satu hal utama yang mesti dilakukan oleh seorang pegolf agar menjadi pegolf yang handal.
Sikap dasar Golf
Sikap dasar

Terdapat tiga gerakan utama teknik memukul bola golf atau ayunan golf (swing golf) yakni Sikap Dasar, Cara Memegang Grip, dan Cara Mengayunkan Stick Golf. Berikut ini penjelasnnya....


Sikap Dasar

Cara melakukan Sikap dasar dalam swing golf:
  • Letakkan kaki depan sedikit di depan bola. Kaki harus sedikit lebih lebar dari bahu.
  • Untuk anda yang menggunakan tangan kanan, maka kaki yang harus di depan adalah kaki kiri. Namun jika anda adalah seorang kidal, maka kaki kananlah yang di tempatkan agak sedikit di depan.
  • Posisikan bahu sedikit membungkuk, tangan lurus kebawah.
  • Jangan berdiri terlalu dekat dengan bola, tekut lutut agar badan sedikit membungkuk.


Cara Memegang Grip

Hal utama yang perlu dikuasai dalam memegang grip adalah melakukannya dengan tenang. Berikut ini beberapa teknik memegang grip stik golf yang benar...

Cara memegang grip stik golfBaseball Grip, Teknik ini hampir sama dengan saat kita memegang sebuah stick bisbol. Pertama-tama yang mesti dilakukan adalah dengan memegang bagian ujung stick golf menggunakan tangan kiri . Kemudian tempatkan tangan kanan di bawah tangan kiri tadi. Lalu kencangkan pegangan tangan kiri dan tangan kanan, dan usahakan untuk tetap tenang dengan menggenggam stick golf tidak terlalu kencang.

Overlapping Golf Grip, dengan menggunakan teknik ini maka akan menambah daya stabilitas pada stick golf. Caranya adalah dengan menggenggam stick golf seperti pada pegangan bisbol, namun tempatkan tangan kanan agak sedikit keatas sehingga jari kelingking tangan kanan berada diantara jari telunjuk dan jari tengah tangan kiri.

Cara memegang grip stik golfInterlocking Golf Grip, Jika dibandingkan dengan dua cara pegangan sebelumnya maka pegangan ini sangat memberikan stabilitas lebih. Cara ini biasanya digunakan oleh pe-golf terkenal. Cara melakukannya adalah dengan memegang stick golf seperti menggunakan cara pegangan bisbol lalu kaitkan jari kelingking tangan kanan dengan jari telunjut dari tangan kiri.


Cara Mengayunkan Stick Golf

Mengayunkan stik golf adalah gerakan sebelum stik memukul bola golaf. Terdapat dua ayunan yang tahapan ini yakni backswing dan downswing.

Backswing golf
Backswing
Backswing, Backswing adalah gerakan saat mengayunkan stick ke belakang hingga stick mencapai atas kepala. Cara melakukannya adalah dengan memutar badan saat mengayunkan stick ke belakang. langkah-langkah atau tahaptahapnya adalah: angkat stick golf ke arah belakang, usahakan agar tangan tetap lurus saat. Tekuk sikut dan pergelangan tangan.

Downswing, Downswing adalah gerakan yang dilakukan setelah melakukan Backswing. Tubuh harus mengikuti alur gerakan dari tangan untuk mendapatkan momentum ayunan yang pas.

Downswing Golf
Downswing
Caranya adalah dengan memutar tubuh sambil mengayunkan stick kedepan. Setelah bola terpukul, maka tangan kiri (jika anda bukan kidal) harus agak sedikit ditekuk, sedangkan tangan kanan tetap lurus. Putar tubuh saat melakukan gerakan downswing ini.

Lakukan gerakan backswing dan downswing berulang. Sebelum memukul bola, pastikan untuk memastikan ayunan akan mengenai bola secara akurat. kita bisa juga bisa menggunakan pinggul untuk menambah kekuatan pada ayunan.

Aturan lainnya:

Perbedaan antara Pegolf Amatir dan Profesional

Pegolf Profesional
Ada dua jenis pemain dalam olahraga golf, yaitu "Amatir" (AM) dan Profesional (PRO).


Pegolf Amatir

Pegolf amatir adalah pegolf yang bermain golf untuk kesenangan pribadi, dan berdasarkan kecintaan terhadap olahraga golf. Pegolf amatir tidak menerima/tidak diperbolehkan menerima hadiah uang dalam bermain golf. Bila terjadi pelanggaran, maka 'status amatir' pegolf ini akan hilang, dan tidak bisa disebut pegolf amatir lagi. Status amatir adalah syarat untuk bermain dalam turnamen amatir. Kehilangan status amatir akan mengakibatkan seorang pegolf tidak bisa bermain dalam turnamen amatir.


Pegolf Profesional
Pegolf profesional adalah pegolf yang menjadikan bermain golf sebagai pekerjaan. Pegolf profesional diperbolehkan menerima hadiah uang dalam sebuah turnamen profesional. Untuk menjadi pegolf profesional, seorang pegolf perlu mengikuti semacam kualifikasi. Setelah lulus kualifikasi inilah seorang pegolf dapat menyandang predikat pegolf profesional dan berhak memegang kartu tanda pegolf profesional.

(Wikipedia)

Aturan lainnya:

Peralatan Yang Dipakai Pada Olahraga Golf

Terdapat tiga peralatan utama diperlukan dalam olahraga permainan Golf yakni Stik golf, Bola golf, dan Tee.
 

Stik golf

Stik adalah alat yang digunakan untuk memukul bola Golf menuju arah byang diinginkan. Dalam suatu turnamen Golf, jumlah Stik yang ada di dalam golf bag seorang pemain dibatasi maksimum 14 buah, yang terdiri dari:
  • 3  wood : No.1 (biasa disebut driver, pukulan pertama), no 3 dan 5.
  • 7 iron: No. 3 - 9
  • 1 iron pitching wedge : untuk jarak dekat
  • 1 iron sand wedge : untuk di pasir
  • 1 putter : untuk putting di green.


Jenis Stik Golf

Ada tiga tipe stik golf (club) yang merupakan perlengkapan dasar untuk permainan golf. yaitu: wood, iron, dan putter.


Wood

Wood
Wood
Wood digunakan untuk pukulan jauh, termasuk driver (wood no 1) untuk kepeluan tee-shot. Jenis pertama dari club golf adalah wood. Head Club golf pada awalnya dulu berbahan dasar kayu namun saat ini Head Club golf ini tidak terbuat dari bahan kayu lagi, namun terbuat dari logam berongga, bisa titanium atau baja.

Club golf wood  dirancang untuk menghasilkan jarak terbesar dengan setiap stroke. Dari 14 klub dalam satu set standar, woods membuat kurang dari setengah.

Klub golf wood biasanya digunakan pada bagian untuk pukulan lurus dan panjang ke lapangan golf, karena karakternya memungkinkan untuk jarak jauh namun dengan akurasi yang tidak seakurat jenis stick yang lain.
Akurasi ini tentu bukan titik kuat dari woods, dan biasanya dibutuhkan latihan yang rutin supaya bisa menjaga bola di lapangan supaya tetap lurus.


Iron

Stik golf Iron
Iron
Iron digunakan untuk pukulan menengah, mengincar area green (tempat hole). Iron merupakan klub golf yang paling sering digunakan dalam permainan golf.

Irons jauh lebih fleksibel jika dibandingkan dengan 2 jenis klub yang lain sehingga jenis klub ini biasanya selalu dalam jumlah yang terbanyak dari klub di yang ada di tas Pegolf.

Iron masih bisa mencapai jarak yang cukup besar namun tidak bisa sejauh woods. Semua tergantung dari material besi yang digunakan, Pegolf masih bisa mempunyai tingkat akurasi yang jauh lebih tinggi dan bisa memukul bola sesuai dengan jarak yang diinginkan.

Iron biasanya dimulai dari no 3 sd 9 plus P (Pitching), Iron 3 yang paling panjang shaftnya dan memiliki sudut kemiringan permukaan yang kecil, makin besar nomor ironnya  makin pendek shaftnya dan memiliki sudut kemiringan permukaan yang makin besar


Putter

Putter
Putter
Putter merupakan jenis stik yang digunakan untuk keperluan membuat goal memasukkan bola di green.

Klub golf putter di dalam tas golf standar biasanya hanya berisi salah satunya. Jenis klub ini biasanya  digunakan pada putting green pada akhir kursus, ataupun pada bagian lain dari program yang memerlukan akurasi halus.

Jenis klub putter dirancang khusus untuk  menjadi klub dengan akurasi yang sangat tinggi dan jarak yang paling pendek yang biasanya hanya mempunyai jarak beberapa meter dari target.

Bola yang dipukul menggunakan putters tidak bertujuan untuk terbang di udara namun sebaliknya putters hanya mendorong ringan di tanah di mana mereka akan menggulung dengan lembut ke target.

Bisa dibilang puting ini adalah bagian yang paling penting dalam permainan golf, sehingga merupakan ide yang baik untuk lebih sering berlatih dan mendapatkan putter bagus.


Bola golf

Bola GolfPada mulanya, bola golf adalah bola dari kayu. Pada abad ke-17, bola kayu digantikan dengan bola dari bulu angsa yang dibungkus kantong pembungkus dari kulit sapi. Bola dipres ketika bulu angsa dan kantong pembungkus masih basah lalu dijahit dan dicat. Sesudah kering, kantong kulit menyusut dan bulu angsa mengembang sehingga dihasilkan bola yang keras.

Bola golf makin tahan lama dipakai setelah ditemukannya bola getah yang disebut gutty karena dibuat dari getah perca (bahasa Inggris: gutta percha) yang dipanaskan. Kepopuleran bola golf gutty berlangsung dari tahun 1848 hingga 1890-an. Kelenturan bola getah memungkinkan dipakainya stik golf dengan kepala stik dari besi.

Sebagai pengganti bola golf gutty adalah bola golf dengan inti dari karet yang diciptakan pada tahun 1898 oleh Coburn Haskell bekerja sama dengan BF Goodrich Company.

Inti bola berupa karet padat yang dibungkus benang-benang karet sebelum dilapis dengan getah perca. Bola golf dengan inti dari karet menggantikan bola getah pada tahun 1899. Setelah Walter Travis memenangi kejuaraan golf amatir Amerika Serikat dengan bola golf dengan inti dari karet, bola golf dari getah perca tidak dipakai lagi.

Hingga kini, bola golf masih dibuat dari inti karet padat yang komposisinya merupakan rahasia dagang produsen. Benang karet dililitkan mengelilingi inti sebelum dibungkus dengan getah balata. Sekarang ini juga dibuat bola golf berlapis polimer seperti Syrlin yang membuat bola golf lebih tahan lama dibandingkan bola golf berlapis balata.


Ukuran Bola Golf
  • Diameter bola golf: minimum 42,67 mm
  • Massa bola golf (Berat bola golf): lebih dari 45,93 gram.
  • Bentuk: Permukaan bola Golf  tidak rata atau cekung-cekung. 
Permukaan yang cekung tersebut bertujuan agar jarak yang ditempuh bola dapat lebih jauh. Menurut perancang bola golf, bola dengan permukaan yang rata hanya akan terlontar paling jauh sekitar 119 meter.

Bola serupa dengan cekungan-cekungan yang sesuai dapat mencapai dua kali lipat jarak itu. Cekungan tadi berguna untuk mengurangi daya hambat udara sehingga dapat memberi kemampuan pada bola golf untuk meluncur lebih jauh.

Tee
Tee

Shaft

Shaft (tangkai) digunakan di antara grip dan kepala club.


Peralatan lain
Pegolf memakai sepatu khusus untuk golf dan mengenakan sarung tangan pada tangan sebelah kiri. Ada pula tee (pasak) yang digunakan untuk melakukan tee shot di atas teeing ground.


Sumber:
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Golf#Tipe_pukulan_dalam_golf
  • http://mengenalgolf.blogspot.co.id/2013/04/memahami-jenis-dasar-dari-klub-golf.html
  • http://yupazq.blogspot.co.id/2010/11/mengapa-bola-golf-berisi-cekungan.html

Aturan lainnya: