Gambar & Ukuran Lapangan Tenis Lengkap

Gambar Lapangan Tenis
Lapangan Tenis
Lapangan tennis berbentuk persegi panjang yang dibagi menjadi dua bidang permainan oleh bentangan net. Pada masing-masing bidang permainan terdapat garis servis, garis servis tengah, dan garis pinggir permainan tunggal.

Bentuk dan ukuran lapangan tenis lapangan yang sekarang adalah hasil dari Walter Cloppton Wingfield di tahun 1873 dan telah dipatenkan dua tahun setelahnya yakni 1875.

Menurut paten tersebut, lapangan tenis haruslah rata dan memenuhi standar ukuran internasional, yakni:
Panjang lapangan: 23,78 meter yang dibagi dua bagian sama panjang dengan dipisah oleh net atau jaring.
  • Lebar lapangan permainan tunggal: 8,23 m.
  • Lebar lapangan permainan ganda, ditambah alley 1,37 m pada kedua sisinya.
  • ketebalan garis lapangan: 1 – 2 inchi atau 25,4 – 50,8 mm. Khusus pada garis baseline, maka kiri dan kanan sama panjang. 
  • Area pantul yang terletak di dalam lapangan: 6,40 m2.

Berikut ini ukuran standar lapangan Tenis secara detalil:
  • Panjang lapangan: 23,77 meter
  • Lebar lapangan: 10,97 meter
  • Jarak garis servis dari garis net: 6,40 meter
  • Jarak garis pinggir permainan tunggal dari garis pinggir lapangan: 1,37 meter
  • Jarak tiang net permainan tunggal: 0,914 meter dari garis pinggir permainan tunggal
  • Jarak tiang net permainan ganda:  0,914 dari garis pinggir lapangan
  • Tinggi net bagian ujung: 1,07
  • Tinggi tiang net: 1,07
  • Tinggi net tengah: 0,914
  • Panjang ruangan: 36,7 meter
  • Lebar ruangan: 18,3 meter

Aturan lainnya:

Sejarah Tenis Lapangan

Jeu de paume
Jeu de paume in the 17th century
Tenis adalah olahraga yang biasanya dimainkan antara dua pemain atau antara dua pasangan masing-masing dua pemain secara berhadap-hadapan. Setiap pemain menggunakan raket untuk memukul bola karet melewati net dan memantul sampai lawan tidak dapat mengembalikan bola tersebut.


Sejarah

Cikal bakal

Asal mula pertama tenis masih merupakan perdebatan. Beberapa pendapat meyakini bahwa Mesir, Yunani, dan Romawi kuno telah memainkan suatu permainan yang menjadi cikal bakal tenis. Gambar atau pernyataan mengenai permainan yang menyerupai tenis tersebut belum pernah ditemukan, tetapi beberapa kata bahasa Arab yang berasal dari masa Mesir kuno dinyatakan sebagai bukti. Teori-teori tersebut menyatakan bahwa kata tenis berasal dari nama sebuah kota Mesir, Tinnis, yang terletak di tepi sungai Nil dan kata raket dikembangkan dari kata bahasa Arab untuk telapak tangan, yaitu rahat.

Sebagian besar sejarawan meyakini asal mula tenis adalah permainan kuno yang dimainkan di bagian utara Perancis pada abad ke-12. Permainan itu dilakukan dengan memukul bola menggunakan telapak tangan. Louis X dari Perancis adalah salah satu penyuka permainan jeu de paume, (“permainan telapak tangan”), yang nantinya berkembang menjadi tenis, dan ia tercatat menjadi orang yang membangun lapangan tenis di dalam ruangan menurut gaya modern. Louis tidak menyukai bermain tenis di lapangan terbuka dan memerintahkan pembuatan lapangan tertutup di dalam ruangan di Paris "sekitar akhir abad ke-13". Sayangnya, pada Juni 1316 di Vincennes, Val-de-Marne, dan setelah satu permainan khusus yang melelahkan, Louis meminum sejumlah besar anggur dingin dan kemudian meninggal akibat radang paru-paru atau pleuritis, meskipun ada juga dugaan keracunan. Karena kematiannya tersebut, Louis X menjadi pemain tenis pertama yang namanya dicatat dalam sejarah.

Raket mulai digunakan pada abad ke-16 dan permainannya mulai disebut "tenis", yang berasal dari istilah dalam bahasa Perancis lama tenez, yang dapat diartikan "tahan!", "terima!", atau "ambil!", suatu interjeksi yang digunakan oleh pemain yang melakukan service ditujukan pada lawannya. Permainan tersebut populer di Inggris dan Perancis, meskipun permainan tersebut hanya dimainkan di dalam ruangan dan bola sewaktu-waktu dapat keluar melewati tembok.


Asal mula permainan modern

Pada abad 19 barulah tenis dimunculkan kembali oleh para bangsawan Inggris dengan membangun fasilitas-fasilitas country club atau lapangan tenis di rumahnya yang besar. Karena pada waktu itu tenis populer dimainkan di halaman rumput, maka terkenal dengan sebutan ‘Lawn Tennis’ atau tenis lapangan rumput. Pada masa ini juga mulai muncul bola dari karet vulkanisir yang pada waktu itu dianggap dapat mengurangi rusaknya rumput di lapangan tanpa mengurangi elastisitas dari bola itu sendiri.

Sebutan Lawn Tennis berasal dari seorang Inggris bernama Arthur Balfour. Sejak ditemukannya lawn tennis, orang mulai bereksperimen dengan memainkannya di permukaan lain seperti clay court (tanah liat) dan hard court (semen). Menggeliatnya permainan tenis ternyata mampu menggeser permainan Croquet sebagai olahraga musim panas. Puncaknya terjadi pada tahun 1869 ketika salah satu klub croquet ternama di Inggris, All England Croquet Club, tidak berhasil menarik banyak peminat dan mencoba untuk memasukan tenis sebagai olahraga lainnya. Hasilnya klub ini sangat sukses menarik peminat terutama pada permainan Tenis tersebut hingga pada tahun 1877 mengganti namanya menjadi ‘All Engand Croquet and Lawn Tennis Club’. Sejarah ini berlanjut ketika lokasi klub yang bertempat di Wimbledon terjadi kenaikan sewa tanah yang memaksa klub untuk mendapatkan dana lebih dari biasanya. Oleh karena itu klub mengadakan turnamen tenis pertama di Wimbledon dengan membentuk sebuah panitia untuk mengadakan pertandingan dan membuat peraturan yang baku dalam permainan ini. Turnamen tersebut diikuti oleh 20 peserta dengan penonton sekitar 200 orang dan ini merupakan cikal bakal turnamen Wimbledon yang merupakan salah satu turnamen grand slam tenis bergengsi di dunia.

Terdapat berbagai jenis permainan yang menggunakan raket yang dimainkan dewasa ini dan tenis merupakan salah satu permainan yang paling disukai. Menurut beberapa catatan sejarah, permainan menggunakan bola dan raket sudah dimainkan sejak sebelum Masehi, yaitu di Mesir dan Yunani. Pada abad ke-11 sejenis permainan yang disebut jeu de paume, yang menyerupai permainan tenis kini, telah dimainkan untuk pertama kali di sebuah kawasan di Perancis. Bola yang digunakan dibalut dengan benang berbulu sedangkan pemukulnya hanyalah tangan.

Permainan ini kemudian diperkenalkan ke Italia dan Inggris pada abad ke-13 dan mendapat sambutan hangat dalam waktu yang singkat. Banyak peminatnya ternyata di antara rakyat setempat terhadap permainan ini. Sejak itu perkembangan tenis terus meningkat ke negara-negara Eropa yang lain.

Raket bersenar diperkenalkan pertama kali pada abad ke-15 oleh Antonio da Scalo, seorang pastur berbangsa Italia. Ia menulis aturan umum bagi semua permainan yang menggunakan bola, termasuk tenis. Majalah Inggris "Sporting Magazine" menamakan permainan ini sebagai 'tenis lapangan' (lawn tennis). Dalam buku "Book of Games And Sports", yang diterbitkan dalam tahun 1801, disebut sebagai "tenis panjang". Tenis pada mulanya merupakan permainan masyarakat kelas atas. Tenis lapangan rumput yang terkenal pada zaman Ratu Victoria lalu ditiru oleh golongan menengah, yang menjadikannya sebagai permainan biasa.

Klub tenis pertama yang didirikan adalah Leamington di Perancis oleh J.B. Perera, Harry Gem, Dr. Frederick Haynes, dan Dr. Arthur Tompkins pada tahun 1872. Pada masa itu, tenis disebut sebagai pelota atau lawn rackets. Dalam tahun 1874 permainan tenis telah pertama kali dimainkan di Amerika Serikat oleh Dr. James Dwight dan F.R. Sears. Sementara itu, All England Croquet Club pun telah didirikan pada tahun 1868. Dua tahun setelah itu dibukalah kantornya di Jalan Worple, Wimbledon. Pada tahun 1875, klub ini juga bersedia memperuntukkan sebagian dari lahannya untuk permainan tenis dan badminton. Sehubungan dengan itu, peraturan permainan tenis lapangan rumput ditulis. Amerika Serikat mendirikan klub tenis yang pertama di Staten Island. Bermula dari situlah, permainan tenis di Amerika Serikat berkembang dengan pesat sekali. Dari sana lahir banyak pemain tenis tangguh yang menguasai percaturan tenis tingkat dunia.

Kejuaraan tenis pertama bermula tahun 1877.  (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Tenis)

Aturan lainnya:

Pengertian Tenis Lapangan

Tenis Lapangan
Tenis adalah olahraga yang biasanya dimainkan antara dua pemain atau antara dua pasangan masing-masing dua pemain secara berhadap-hadapan. Setiap pemain menggunakan raket untuk memukul bola karet melewati net dan memantul sampai lawan tidak dapat mengembalikan bola tersebut.

video tenis lapangan, teknik dasar tenis lapangan, peraturan tenis lapangan, makalah tenis lapangan, teknik tenis lapangan, ukuran tenis lapangan, sejarah tenis lapangan, pengertian tenis lapangan, teknik tenis lapangan, pengertian tenis lapangan menurut para ahli, sejarah tenis lapangan, teknik dasar tenis lapangan, peraturan tenis lapangan,

Aturan lainnya:

Posisi dan Tugas Pemain Dalam Pertandingan Baseball

Permainan Softball adalah permainan beregu yang satu regunya terdiri dari 9 orang. Untuk itu perlu adanya pembagian tugas sesuai dengan kemampuan masing-masing pemain. Tujuannya adalah agar setiap pemain lawan yang berlari jangan pernah sampai ke base berikutnya.

Adapun tugas dari masing-masing pemain diatur menurut posisi yang dia temapati, antar lain: Posisi pemain bertahan terdiri atas (1) Picher, (2) Batter, (3) First baseman, (4) Second baseman, (5) Third baseman, (6) Short Stop, (7) Right fielder, (8) Center fielder, (9) Left fielder, dan (10) Catcher. 

Dalam pertandingan baseball, tim penjaga sering disebut tim bertahan, sedangkan tim pemukul biasa disebut tim penyerang.


Pemain dalam Posisi Penjagaan di Daerah Dalam ( Infield)

1. First baseman

First baseman
First baseman (penjaga base pertama) berdiri di dekat home plate dan base pertama, serta di antara base pertama dan base kedua. Tugas pemain first baseman yaitu mematikan pelari yang hendak ke base pertama, menangkap bola yang dilempar atau dipukul ke arah base pertama, serta melempar bola kepada base kedua untuk menciptakan mati terpaksa (force out).

Tugas dari penjaga base satu :
  • Memotong pemain pada home late
  • Membuat mati lawan pada base I
  • Menjaga dan menangkap bola yang di pukul atau dilempar ke arah base I
  • Melempar bola pada base II untuk membuat pemain lawan mati pada base II

2. Second baseman

Second baseman (penjaga base kedua) berada di tengah antara base pertama dan base kedua. Tugas second baseman antara lain menjaga bola hasil pukulan di daerah yang dikuasai, melempar bola kepada base pertama untuk membuat pelari mati terpaksa, serta mematikan pelari pada base kedua.

Tugas dari penjaga base II:
  • Membuat mati terpaksa pada pemain yang ada di base II
  • Menjaga pukulan pada daerahnya
  • Meneruskan lemparan dari outfield maupun infield
  • Men-tik lawan yang lari dari base I
  • Melempar bola ke arah base II atau base I untuk membuat mati pada regu pemukul

3.Short stop

Short stop berada di sekitar base kedua sampai base ketiga, dan sekitar daerah depan outfield. Short stop bertugas menjaga pukulan bola di daerah yang dikuasai, melempar bola ke arah base satu atau dua untuk membuat pelari mati terpaksa, serta membantu second baseman dalam menjaga base dua.

Tugas dari posisi antara base II dan base III (Shortstop):
  • Memotong maupun meneruskan bola dari outfield
  • Menjaga bola hasil pukulan yang berada di daerahnya
  • Membantu menjaga belakang base II jika second base menjaga base II
  • Melempar bola ke arah base I dan base II

4. Third baseman

Third baseman (penjaga base ketiga) berdiri di dekat base ketiga sampai di belakang short stop dan di daerah left fielder. Tugas pemain ini antara lain menjaga base ketiga dan melempar bola ke arah pemain first baseman untuk membuat pelari mati terpaksa.

Tugas dari penjaga base III :
  • Meneruskan atau memotong lemparan bola dari outfield
  • Melempar bola ke base I untuk membuat mati terpaksa
  • Menguasai pukulan bunt ke arah base III
  • Menjaga base III

Posisi Penjagaan di Daerah Luar (Outfield)

1. Left fielder

Left fielder menjaga sebelah kiri daerah outfield. Pemain ini bertugas menjaga pukulan bola di daerah yang dikuasainya.

2. Center fielder

Center fielder memiliki daerah yang luas untuk dikuasai, yaitu daerah tengah outfield. Tugas center fielder adalah menjaga bola hasil pukulan di daerahnya, dan mengarahkan tempat yang harus dijaga oleh left fielder dan right fielder.

3. Right fielder

Daerah penjagaan right fielder berada di sebelah kanan daerah outfield. Right fielder bertugas menjaga pukulan bola di daerah yang dikuasainya.

4. Pitcher

Pitcher (pelempar) berdiri di sekitar lingkaran daerah pitcher sampai daerah dekt home plate. Tugas pitcher antara lain melempar bola kepada pemukul (batter) dengan baik, menjaga base pertama ketika pemain first baseman memungut bola, dan membantu pemain di belakang home plate.

Pitcher atau pelambung memiliki tugas sebagai berikut :
  • Membantu base
  • Membantu pemain di belakang home plate

5. Catcher
Catcher adalah penjaga di belakang regu pemukul hasil lemparan dari Pitcher. tugas dari catcher dalah sebagai berikut :
  • Menjaga pukulan bunt
  • Menjaga home plate
  • Melempar bola ke base I, base II, base III, serta menjaga belakang base I
Daerah yang dikuasai oleh catcher (penangkap) adalah di antara home plate dan back stop. Tugas catcher yaitu menjaga home plate untuk mematikan pelari yang akan mencetak angka, menangkap bola yang dilempar oleh pelempar, serta melempar bola ke base satu, dua, dan tiga untuk mematikan lawan.


Posisi Memukul

Pemain pemukul atau penyerang (batter) bertugas memukul bola untuk mencetak angka (run). Untuk itu, batter harus dapat memukul dengan baik dan lari ke base (base runner), kemudian menginjak atau menyentuh semua base secara berurutan untuk kembali ke home plate.

Sumber: http://softball-tutor.blogspot.co.id/2015/10/posisi-pemain-dalam-permainan-baseball.html

Aturan lainnya:

Teknik Dasar Permainan Softball Beserta Gambarnya


Memegang bola softball dengan empat jariDalam permainan Softball dikenal beberapa teknik dasar yang jarus dikuasai oleh para pemainnya, diantaranya ialah: Memegang Bola, Melempar Bola, Menangkap Bola, Memegang Kayu Pemukul (Bat), dan Memukul Bola. Berikut ini penjelasan lengkapnya.


Teknik Dasar Memegang Bola Softball

Memegang bola softball dengan tiga jariAda 3 macam cara memegang bola softball yakni: pegangan empat jari, pegangan tiga jari dan pegangan dua jari. Berikut ini penjelasannya dan cara melakukannya.
    Memegang bola softball dengan dua jari
  1. Memegang bola dengan empat jari (untuk tingkat pemula dan jari-jarinya pendek). cara ini menempatkan kelima bagian jari tangan pada sekeliling bola sedemikian rupa menjadi satu genggaman. pegangan seperti ini biasanya dilakukan oleh anak-anak pemain pemula atau pemain yang memiliki jari-jari yang pendek.
  2. Memegang bola dengan tiga jari (untuk yang memiliki tangan kecil dan jari-jari pendek). Cara ini menempatkan tiga jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis pada bagian atas. jari kelingking dan ibu jari di bgian bawahnya.
  3. Memegang bola dengan dua jari (untuk yang memiliki tangan besar dan jari-jari panjang). Cara ini menepatkan jari telunjuk dan jari tengah pada bagian atas bola dan disangga oleh ketiga jari lainnya pada bagian bawah bola.

Teknik Dasar Melempar Bola

Lemparan bola dalam softball dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu lemparan atas (overhand throw), lemparan samping (sidehand throw), dan lemparan bawah (underhand throw).

1. Lemparan atas (overhand throw)
Pada saat melempar, ayunan tangan dan langkah kaki secara bersamaan dengan berat badan bertumpu pada kaki yang di depan, badan sedikit condong ke belakang. Lemparan atas dilakukan dengan gerakan ayunan lengan ke atas melewati garis horizontal pada persendian bahu. cara melakukannya adalah sebagai berikut:
    Lemparan atas (overhand throw)
  • Berdiri sikap melangkah dan tarik tangan pelempar ke belakang.
  • Berat badan tertumpu pada kaki belakang pandangan pada arah sasaran.
  • Lemparan bola kedepan bersamaan dengan gerak dari tangan dan badan yang diikuti dengan memindahkan berat badan pada kaki depan.
  • Pelepasan bola dari tangan dibantu oleh pergerakan pergelangan tangan.
  • Setelah bola lepas langkahkan kaki belakang ke depan Berat badan meumpu pada kaki depan, lengan lurus didepan relaks.

2. Lemparan samping (sidehand throw)
Lemparan samping (sidehand throw)
  • Pada waktu melempar lengan bawah sejajar dengan bahu dan sedikit lecutan pergelangan tangan. Lemparan ini biasa digunakan dalam jarak pendek dan memerlukan waktu yang cepat. Jalannya bola lurus dan lebih cepat. Cara melakukan lemparan samping adalah sebagai berikut:
  • Berdiri sikap melangkah (sikap jaga), berat badan tertumpu pada kaki belakang.
  • Pandangan pada arah sasaran.
  • Lemparkan bola kedepan melalui samping bersamaan gerak badan dengan diikuti dengan memindahkan berat badan ke kaki depan.
  • Pelepasan bola dibantu gerakan pergelangan tangan. Dan arah bola datar (setinggi pinggang).
  • Akhir gerakan, kaki belakang kedepan dan berat badan bertumpu pada kaki depan, pandangan mengikuti arah.

3. Lemparan bawah (underhand throw)

Lemparan bawah digunakan biasanya dalam keadaan darurat dan dilakukan dalam waktu yang cepat, posisi tubuh membungkuk dengan kedua kaki ditekuk. Biasanya lemparan ini dilakukan dengan cepat dan dalam jarak dekat untuk dapat mematikan lawan dengan segera. Oleh karena itu, lemparannya tidak terlalu kuat. Jalannya bola juga lambat, tetapi tepat pada sasaran. Cara melakukan lemparan bawah adalah sebagai berikut:
    Lemparan bawah (underhand throw)
  • Berdiri sikap melangkah (sikap jaga), berat badan tertumpu pada kaki belakang.
  • Pandangan pada arah sasaran.
  • Lemparkan bola kedepan melalui samping badan dan tangan direndahkan diikuti memindahkan berat badan ke kaki depan.
  • Pelepasan bola dibantu gerakan pergelangan tangan dan arah bola datar menggelinding diatas tanah.
  • Akhir gerakan, langkahkan kaki belakang kedepan dan pandangan mengikuti arah gerak bola.

Teknik Dasar Menangkap Bola

Sesuai dengan arah datangnya bola maka teknik menangkap bola dibagi menjadi tiga macam yaitu:
  1. Bola datar (straight ball), Posisi badan berdiri, kaki kangkang, pandangan lurus ke depan ke arah datangnya bola, posisi kedua tangan siap di depan dada. Bola ditangkap oleh tangan yang memakai glove yaitu tangan kiri, dan tangan kanan siap melempar bola.
  2. Bola lambung, Posisi badan ditempatkan tepat di mana bola akan jatuh. Bola ditangkap dengan satu tangan atau dua tangan secara bersamaan.
  3. Bola menggelinding (ground ball), Bola yang datangnya menggelinding di atas tanah ditangkap dengan cara berlutut sedemikian rupa dan tangan yang memakai glove ditempatkan tepat pada arah datangnya bola. Sedangkan tangan yang lainnya siap untuk menangkap dan melemparkan bola.

Teknik Dasar Memegang Stik / Kayu Pemukul (Bat)

Dalam memegang pemukul baseball yang perlu diperhatikan adalah, pemukul dipegang erat-erat dengan kedua tangan merapat atau sedikit renggang dengan posisi tangan kanan di sebelah atas dan tangan kiri di sebelah bawah.

Teknik Dasar Memukul Bola

Terdapat dua pukulan yang dikenal dalam softball, yaitu:

1. Pukulan swing, cara melakukan:
  1. Sikap awal, Berdiri dengan kedua kaki dijarangkan. Kaki kiri diputar mengarah lurus dengan pitcher. Berat badan bertumpu pada kedua kaki dan badan sedikit condong ke depan. Pemukul dipegang erat oleh kedua tangan dan posisi memukul sedemikian rupa sehingga tepat di atas bahu. Lengan kanan lebih rendah daripada lengan kiri dan pandangan lurus ke arah datangnya bola dari pitcher.
  2. Sikap saat memukul, Setelah bola dilempar oleh pitcher, bola segera dipukul secara tepat dengan mengayunkan pemukul ke arah datangnya bola yang dilemparkan oleh pitcher. Kaki kanan sedikit ditekuk dan kedua tangan diluruskan.
  3. Sikap akhir, Setelah bola berhasil dipukul dengan baik, diikuti dengan gerakan ayunan bat sebagai gerakan lanjutan.

2. Pukulan tumbuk (bunt)

Pukulan tumbuk adalah memukul bola tanpa harus mengayunkan pemukul tetapi cukup menahan arah datangnya bola sehingga bola akan jatuh dekat dengan si pemukul. Sikap kedua kaki pada waktu bunt cukup dengan posisi kaki disejajarkan dengan arah datangnya bola.


Sumber:

Aturan lainnya:

Istilah - Istilah / Kata Dalam Permainan Softball

Baseball pick-off attempt
Sebelum kita bermain softball alangkah baiknya mengenal terlebih dahulu istilah atau nama-nama ynag sering digunakan agar permainan dapat dilakukan dengan baik dan benar
  • Sliding: berhenti pada Base sambil menjatuhkan badan agar tidak TIK
  • Strike : benar
  • Ball : salah
  • Batter: pemukul 1, 2, 3 dan seterusnya.
  • Runner: pelari  1, 2, 3 dan seterusnya.
  • Innning: 1 kali giliran memukul dan 1 kali giliran jaga
  • Umpire: wasit utama
  • Pitcher: pelambung
  • Cathcer: penjaga belakang (penangkap)
  • Bunt : pukulan tanpa ayunan
  • Base Umpire: penjaga Base
  • Play Ball : perintah wasit untuk memulai permainan
  • Home Run: pelari atau pemukul yang dapat masuk kembali tanpa diselingi pukulan lain
  • Free walk: lari bebas, diberikan bila pitcher melakukan ball atau kesalahan sebanyak 4 kali.
  • Batter box: tempat pemukul
  • Strike fault: pukulan salah
  • FoulBall dan Outball adalah pukulan yang tidak sah atau melambung keluar lapangan, jika kedudukan masih No Ball, No Stike maka pukulan tersebut dianggap Strike. Jika sudah Strike 2, namun terjadi pukulan tersebut maka harus diulang terus/memukul lagi.
  • Fair Ball yaitu pukulan yang sah, jika seorang pemukul memukul bola sampai diluar infield dan bola keluar dari garis lapangan maka pukulan dinyatakan fair ball.
  • Double Play yaitu mematikan 2 runner sekaligus.
  • Triple Play yaitu mematikan 3 runner sekaligus.
  • Strike Out yaitu Pemukul tidak bisa memukul 3 lemparan Strike dari Pithcher dan pemukul akan dinyatakan OUT.
  • Change adalah pergantian dari tim penjaga ke pemukul, syarat terjadi change apabila tim penjaga sudah mematikan 3 pemukul.
  • Box adalah pelanggaran yang dilakukan oleh pitcher, dan akan diberi hukuman oleh umpire.

Aturan lainnya:

Peraturan Permainan Softball Lengkap

Sarung tangan Softball
Dalam setiap pertandingan olahraga tentu terdapat suatu peraturan. Seperti pada olahraga permainan Sofbol ini yang meliputi: peraturan tentang perlengkapan, peraturan alat, dan peraturan permainan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.


Lapangan Softball

Lapangan softball berbentuk bujur sangkar.  Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel: "Gambar, Bentuk, Ukuran Lapangan Permainan Softball Beserta Keterangannya"


Perlengkapan permainan

Setiap pemain harus memakai kostum dengan ketentuan di depan baju ditulis nama daerah dan di belakang nomor punggung. Untuk lebih jelasnya silahkan baca: "Peralatan Permainan Softball dan Fungsinya"


Jumlah pemain

Jumlah pemain softball setiap regunya ada 9 orang yang dipimpin oleh seorang kapten regu dengan susunan pemain: 1 orang pitcher’s; 2 orang catcher’s; 3,4,5 base man; 6 shortstop, short fielder; 7,8,9 left fielder, middle fielder, dan right fielder.


Lama Pertandingan

Lamanya pertandingan softball ditentukan oleh inning yaitu 7 inning. Pengertian 1 inning adalah setiap regu bermain 1 kali giliran memukul dan 1 kali menjadi regu penjaga.


Wasit (Umpire)

Dalam permainan softball terdapat wasit yang biasa disebut Umpire .Selengkapnya: "Jumlah dan Fungsi Wasit Pada Pertandingan Softball"


Cara bermain
  • Untuk regu yang mendapat giliran untuk memukul, maka setiap pemain mendapat kesempatan 3 kali memukul. Dengan ketentuan bila pukulan pertama dan kedua strike maka pemain yang bersangkutan harus lari.
  • Urutan pemukul ditentukan oleh nomor urut yang telah ditentukan sebelum bermain
  • Pemukul yang pertama tidak boleh dilalui pemukul yang kedua, pemukul kedua tidak boleh dilalui pemukul ketiga, dan seterusnya
  • Setiap base hanya boleh diisi oleh satu orang pemain.
  • Pada waktu bola dalam permainan, bebas mengadakan gerakan kecuali bila pitcher sudah siap untuk melemparkan bola kepada pemukul.
  • Pada waktu akan ditick, pelari tidak boleh menghindari berlari ke luar atau ke dalam lebih dari batas.
Selengkapnya: "Cara Bermain Softball Yang Baik dan Bemnar"

Strike

Dalam permainan softball, strike dihitung apabila:
  • Saat dipukul, bola kena atau tidak kena
  • Lemparan baik, walaupun bola tidak dipukul
  • Bola yang dipukul meleset keluar, bila pukulan yang meleset itu melambung dan tertangkap oleh si penjaga, maka pemukul itu langsung mati.

Lari Bebas

Lari bebas diberikan apabila:
  • Pitcher’s melemparkan bola 4 kali salah
  • Si pemukul dihalang-halangi pada waktu akan menuju base
  • Bila semua base terisi, sedangkan si pemukul telah empat kali tidak memukul karena pitcher melemparkan bola salah terus.

Cara Mematikan Dan Tukar Tempat

Cara mematikan dapat dilakukan dengan cara ditick sebelum pelari mengenai base. Pada waktu men-tick bola tidak boleh dilepaskan atau terlepas dari tangan. Kecuali dalam keadaan lari cukup dengan membakar base, yaitu sambil memegang bola, menginjak base yang dituju pelari. Bertukar tempat dilakukan setelah tiga kali mati.

Pemain dikatakan mati apabila:
  • Pemain pemukul tidak dapat memukul bola sebanyak tiga kali, dan cachter dapat menangkap bola yang dilempar Pitcher sebelum bola jatuh maka pemukul dinyatakan mati.
  • Catch ball/Fly Out terjadi apabila bola yang dipukul dapat ditangkap oleh regu penjaga sebalum bola menyentuh tanah, jika terjadi Fly Out maka pelari tidak bolah berlari ke base salanjutnya dan apabila berlari maka dinyatakan Out.
  • Dapat ditick apabila tidak menginjak Base.

Pembantu

Dari masing-masing regu mempunyai dua orang pembantu yang berpakaian serangam dengan regunya. Kedua pembantu itu kerjanya memberi petunjuk kepada pemukul dan pelari base. Tempatnya di tempat pembantu yaitu satu orang di sebelah kiri dan satu orang lagi di sebelah kanan.


Cara Memperoleh Nilai
  • Setiap pelari dengan pukulan baik dan dapat kembali dengan selamat mendapat nilai satu.
  • Setiap pelari yang menuju base harus ada pada base atau menginjak base, tidak boleh lewat begitu saja. Jika dilewati maka boleh di-tick . Hanya pada base pertama boleh lewat. Tetapi tidak berpura-pura, maksudnya untuk bisa lewat di base yang kedua.
  • Jika ada bola yang ditangkap dari hasil pukulan, maka si pemukul dinyatakan mati. Para pelari masing-masing kembali ke basenya dengan cepat agar basenya tidak dibakar oleh penjaga
  • Pelari yang kembali dapat dimatikan.
  • Pelari yang sudah dimatikan tidak dapat melanjutkan perjalanannya.
Jika memukul dan dapat kembali ke home base dapat selamat, maka ia mendpat nilai 6 dan setiap base lawannya mendapat nilai satu.

Peraturan Khusus
  1. Apabila pada salah satu pertandingan berakhir dengan hasil sama (tie) setelah pertandingan berjalan 7 inning, maka pertandingan akan dilanjutkan dengan menambah inning.
  2. Tim yang tidak bersedia atau menolak bermain pada waktu yang telah ditentukan dalam acara pertandingan (play ball) maka tim tersebut dinyatakan kalah dengan angka 0-15.
  3. Time out diberikan hanya satu kali kepada setiap tim yang bertanding untuk setiap inning, masing-masing selama 1 menit.
  4. Pergantian pemain dapat dilakukan oleh setiap regu kapan saja dengan melapor kepada umpire home dan scorer.
  5. Jika Pitcher Sudah melakuka Touch ball (siap Untuk melempar) maka pitcher tidak boleh melepaskan touchballnya dan tidak ada gerakan lain, kecuali melempar bola ke catcher. Dalam gerakan Pitching tidak boleh ada gerakan yang diulang-ulang, jika terjadi hal-hal seperti itu, Umpire akan memberikan Peringatan dan jika terjadi lagi maka akan diberi hukuman (box).
  6. Hukuman bisa berupa freewalk bagi pemain lawan.
  7. Jika lemparan pitcher menganai tubuh pemukul maka pemukul akan dinyatakan free walk (jalan bebas).


Peraturan lainnya:
  1. Apabila pertandingan telah berjalan 7 inning dan skor imbang (Tie) maka pertandingan akan dilanjutkan dengan menambah Inning.
  2. Tim yang menolak bermain pada waktu yang telah ditentukan dalam pertandingan (Play Ball) maka tim tersebut dinyatakan kalah dengan skor 15-0.
  3. Setiap Inning hanya diberikan satu kali Time Out dengan waktu setiap Time Out adalah selama 1 Menit.
  4. Pergantian pemain dapat dilakukan kapan saja akan tetapi harus melapor kepada wasit yang bertugas memimpin pertandingan.
  5. Jika lemparan pitcher mengenai badan pemukul maka pemukul dinyatakan Free Walk.

Aturan lainnya:

Cara Bermain Permainan Softball yang Baik & Benar

Softball
Sofbol dimainkan oleh dua tim di lapangan sofbol. Setiap tim minimal memiliki 9 pemain dan selebihnya merupakan cadangan. Permainan terdiri dari 9 babak yang disebut inning. Di dalam satu inning, tim yang bertanding masing-masing mempunyai kesempatan memukul (batting) untuk mencetak angka (run). Ketika tim yang menyerang mendapat giliran memukul, seorang pelempar bola tim bertahan melemparkan bola ke arah penangkap bola sekencang-kencangnya agar bola tidak dapat dipukul.Tim yang mendapat giliran memukul bergantian seorang demi seorang untuk memukul bola. Tim yang berjaga berusaha mematikan anggota tim yang mendapat giliran memukul. Tim yang mendapat giliran memukul mendapat kesempatan 3 kali mati (out) sebelum giliran memukul digantikan tim yang bertahan.


Skor atau Run

Skor atau run dihasilkan dari seorang runner berlari menginjak semua marka secara berurutan dan kembali menginjak home plate. Setiap pelari yang berhasil mengelilingi dan menginjak home plate mendapat satu angka. Waktu permainan ditentukan oleh inning. Setiap tim mendapat giliran memukul sampai 3 kali out dan mematikan tim lawan 3 kali out, disebut 1 inning. Dalam tiap pertandingan sofbol durasi permainan setidaknya 7 inning tergantung situasi, atau lama waktu 2 jam. Setelah menghabiskan inning, tim yang mencetak angka (run) terbanyak menjadi pemenang.

Jika dalam inning yang ditentukan waktu sudah habis dan kedua belah tim dalam keadaan seri, inning tambahan dimainkan sampai salah satu tim keluar sebagai pemenang. Kondisi itu disebut tie break atau seri. Pada permulaan permainan, tim yang menjadi tuan rumah (home team) mendapat giliran melempar sedangkan tim tamu (visitor) mendapat giliran memukul.


Pelempar bola

Permainan dimulai pada saat wasit memulai pertandingan dan meneriakkan kata “Play Ball”. Setelah pemain bertahan memasuki daerah jaganya masing-masing, pertarungan antara pelempar bola di tim bertahan dan pemukul bola di tim yang mendapat giliran memukul dapat dimulai. Seorang pelempar bola berdiri di atas plate dan menghadap ke arah penangkap bola. Pelempar bola akan berusaha melempar bola sekuat tenaga ke mitt penangkap bola. Posisi bola lempar mempunyai wilayah khusus yang disebut zona strike (strike zone), di mana hasil akhir lemparan terdapat di atas home plate dan tingginya tidak lebih dari dada dan tidak kurang dari lutut pemukul bola. Jika bola dalam zona strike tidak terpukul oleh pemukul bola, maka wasit akan berteriak “strike”. Dan apabila bola keluar dari zona strike, namun pemukul bola tidak mencoba memukul bola maka wasit akan berteriak “ball”. Zona strike adalah zona di mana bola dalam wilayah pukul pemukul bola. Pada saat melempar, pelempar bola akan berusaha membuat bola strike dengan sekuat tenaga agar pemukul bola kesusahan memukul bola walaupun bola berada di zona pukulnya. Sehingga tantangan seorang pelempar bola adalah melempar dengan kecepatan tinggi dan dengan sasaran yang tepat.


Penangkap bola

Dalam satu regu setidaknya memiliki satu orang penangkap bola. Penangkap bola dilengkapi dengan perlengkapan pengaman dan bertugas menangkap lemparan pelempar bola. Catcher menggunakan helm (topeng penangkap bola) untuk melindungi kepala dan muka, pelindung tubuh untuk melindungi daerah badan dan pelindung kaki untuk melindungi daerah lutut ke bawah. Posisi penangkap bola adalah jongkok di belakang pemukul bola. Seorang pelempar bola dan penangkap bola diharuskan memiliki komunikasi yang baik dengan isyarat-isyarat untuk bekerjasama mematikan seorang pemukul bola. Seorang penangkap bola kadang adalah pengatur strategi yang baik, karena dalam pertandingan penangkap bola dapat melihat seluruh situasi yang terjadi di depannya.


Penjaga

Selain pelempar bola dan penangkap bola, tim bertahan memiliki 7 orang penjaga (fielder) yang terbagi dalam 4 penjaga daerah dalam (infielder) dan 3 orang penjaga daerah luar (outfielder). Bagian dalam yaitu penjaga marka satu (pertama), penjaga marka dua (kedua), Penjaga antara marka dua dan tiga (shortstop), dan penjaga marka tiga (ketiga). Sedangkan penjaga luar terdapat di sebelah kiri (penjaga kiri), tengah (penjaga tengah), dan kanan (penjaga kanan). Semua penjaga (termasuk pelempar bola dan penangkap bola) berusaha mematikan 3 orang tim lawan agar mendapat giliran memukul. Karena run hanya bisa didapatkan dalam posisi menyerang.


Pemukul bola

Tiap pemukul bola mempunyai kesempatan 3 kali strike dan 4 kali ball. 3 kali strike akan membuat pemukul bola mati “Strike Out”. Dan apabila 4 kali ball maka pemukul bola diperbolehkan jalan bebas ke arah marka satu (free walk). Apabila pemukul berhasil memukul bola, pemukul bola akan berlari sekuat tenaga mencapai marka satu sebelum bola pukulannya dikembalikan atau di tangkap oleh penjaga marka satu. Jika pemukul bola berhasil sampai di marka satu sebelum penjaga marka satu menangkap bola maka pemukul bola “safe”'. Namun bila penjaga marka satu lebih cepat menangkap bola, maka pemukul bola “out”.

Terdapat berbagai macam jenis memukul. Hit, Bunt, hit and run, Steal dan lain-lain. Tergantung situasi yang terjadi saat itu. Berbagai macam jenis hit digunakan sesuai strategi yang akan ditempuh tim penyerang. (Sumber: Wikipedia)

Aturan lainnya:

Jumlah dan Fungsi Wasit Pada Pertandingan Softball

 Umpire, Wasit Softball
 Umpire, Wasit Softball
Dalam pertandingan sofbol terdapat minimal satu orang hingga tujuh orang hakim atau wasit (umpire). Terdapat satu orang plate umpire dan tiga wasit marka yang menjaga pertandingan. Selebihnya wasit memantau daerah luar. Dalam pertandingan fast pitch dihakimi oleh empat wasit (satu plate umpire, tiga wasit marka).

Istilah untuk seorang wasit adalah “blue”, disebabkan seragam mereka selalu berwarna biru. Posisi seorang wasit adalah berdiri di belakang penangkap bola dan pemukul bola . Berfungsi untuk melihat arah datangnya bola yang dilempar pelempar bola ke penangkap bola apakah itu strike atau ball. Wasit juga mengawasi jalannya permainan dengan cermat untuk menentukan peristiwa yang sebenarnya terjadi dan menjaga agar pemain mematuhi peraturan. Sebagai pemimpin pertandingan adalah Umpire plate. Karena sifatnya sebagai pemimpin pertandingan, kekuasaan umpire plate dalam sebuah pertandingan sofbol adalah mutlak, Walaupun dapat diprotes (appealed) keputusannya tidak dapat diganggu gugat apabila protes yang dilakukan pemain atau pelatih atau manager team menyangkut ajustment, tapi protes dapat dilakukan dan dapat diterima apabila protes dilaukan terhadap salah penerapan rules. Jadi ada permainan yang dapat dilanjutkan dengan protes (game under protes, selengkapnya dapat dibaca pada Rules Permainan Softball yang dikeluarkan oleh ISF).Seorang wasit dapat mengeluarkan siapa saja baik pemain atau bahkan seorang pelatih keluar lapangan, jika menurut wasit mengganggu jalannya pertandingan.


Dalam permainan softball umumnya terdapat 4 orang wasit, base umpire. 1 orang wasit kepala, base umpire sebanyak 3 orang dengan posisi sebagai berikut:
  • Wasit kepala tempatnya dibelakang catcher
  • Base umpire bertugas dilapangan menentukan matinya pemain  pemukul di masing-masing base.


Istilah Umum pada Softball
  • Umpire adalah hakim atau wasit dalam pertandingan sofbol, terdapat minimal satu orang hingga tujuh orang Umpire dalam setiap pertandingan Softball.
  • Umpire plate adalah pemimpin pertandingan. Kekuasaan umpire plate dalam sebuah pertandingan sofbol adalah mutlak, Walaupun dapat diprotes (appealed) keputusannya tidak dapat diganggu gugat.
  • Blue adalah Istilah untuk seorang wasit dalam Softball. Disebut Blue karena seragam mereka selalu berwarna biru.

Aturan lainnya:

Peralatan Permainan Softball dan Fungsinya

Seorang pemain Sofbol atau sebuah tim Softball hendaknya memiliki peralatan, perlengkapan,  atau sarana dan prasarana untuk menunjang permainan guna memperoleh permainan yang maksimal. Semua peralatan dan perlengkapan itu adalah wajib bagi setiap tim dalam melaksanakan pertandingan resmi.

Bukan saja bola, namun permainan ini memiliki beberapa peralatan yang akan diterangkan di bawah ini:


Lapangan

Lapangan sofbol berbentuk bujur sangkar. Dibagi menjadi dua daerah yakni daerah fair (fair territory) dan daerah foul (foul territory). Lebih jauh dalam daerah fair terbagi menjadi dua bagian, bagian dalam (Infield), dan bagian luar (outfield). (Baca selengkapnya di sini: "Gambar, Bentuk, Ukuran Lapangan Permainan Softball Beserta Keterangannya")


Bola

Sofbol menggunakan bola berwarna kuning dengan benang grip berwarna merah, yang sebelumnya berwarna putih dengan grip putih. Bahan bola softball terbuat dari kulit atau yang sejenisnya berukuran berat 190 gram.


Sarung tangan (glove)

Sarung tangan (glove dan Mett)
Sarung tangan (glove dan Mitt)
Sarung tangan (glove) dikenakan oleh seluruh pemain bertahan untuk menangkap bola, sementara first baseman dan penangkap bola mengenakan mitt (glove mempunyai jari, sedangkan mitt tidak).

Glove semacam sarung tangan yang terbuat dari kulit agak tebal dengan ukuran 284 gram. Digunakan untuk pemain penjaga. Sedangkan bagi penjaga home base (catcher) selain memakai glove juga mengunakan alat pelindung


Tongkat pemukul (bat)

Tongkat pemukul (bat) yang digunakan dalam pertandingan resmi adalah bat khusus yang diperuntukkan untuk sofbol. Ketentuan pemakaian dan kharakteristik bat yang boleh digunakan tertuang dalam peraturan Federasi Sofbol Internasional.

Tongkat / Kayu pemukul (stick) terbuat dari kayu atau bahan yang sejenis berbentuk bulat panjang dengan bagian tempat pegangan lebih kecil. Ukuran stick softball adalah: Panjang stick 86,5 cm dan Tempat pegangan dibalut sepanjang 40 cm


Helm

Helm dipakai oleh seorang pemukul bola yang berguna untuk melindungi kepala seorang pemukul bola dari terjangan bola dan cedera.


Pakaian pelindung (protective gear) dan sepatu pool (cleats)

Pakaian pelindung (protective gear) dan sepatu pool (cleats)Pakaian pelindung (protective gear) dan sepatu pool (cleats)

Pakaian pelindung (protective gear) dan sepatu pool (cleats) dikenakan oleh seorang penangkap bola. Selain itu diperlukan pula Legguards Softball sebagai pelindung tulang kering pada kaki.


Seragam / Uniform

Seragam / Uniform Softball
Uniform atau seragam ini dipakai oleh setiap pemain yang terdiri dari: baju, celana, dan topi yang seragam atau berwarna dasar sama. Semakin tinggi tingkat pertandingannya, semakin ketat dalam peraturan seragamnya.

Berbagai Sumber

Aturan lainnya:

Gambar, Bentuk, Ukuran Lapangan Permainan Softball Beserta Keterangannya

Lapangan Softball
Klik gambar untuk memperbesar
Lapangan softball berbentuk bujur sangkar dengan ukuran sebagai berikut:
  • Panjang lapangan:  16,76 meter.
  • Jarak dari home base ke tempat pelempar (pitcer’s plate): 13,07 meter
  • Tempat pelambung pitcer  60 X 15 cm.
  • Dalam permainan softball ada 3 tempat hinggap (base) yaitu base I, II, III. Home base, yaitu tempat tempat pemain memukul bola. (home base dan home plate).
  • Base berbentuk bantal dengan ukuran 38 X38 cm, dan tebalnya 5 – 12,5 cm.
  • Home platet, berukuran 43 X 22 cm, dan sisi puncaknya berukuran 30 cm.
  • Perpanjangan base dari base I, II, III dinamakan garis batas, untuk menentukan apakah jatuhnya bola itu di dalam atau diluar garis batas.

Lapangan sofbol berbentuk bujur sangkar. Dibagi menjadi dua daerah yakni daerah fair (fair territory) dan daerah foul (foul territory). Lebih jauh dalam daerah fair terbagi menjadi dua bagian, bagian dalam (Infield), dan bagian luar (outfield).

Di dalam daerah dalam terdapat 4 marka (base). Setiap marka diberi nomor berlawanan dengan arah jarum jam, dimulai dari marka awal yang disebut home plate, diteruskan dengan marka pertama, marka kedua dan marka ketiga. Marka berbentuk bujur sangkar dengan sisi 38 cm (15 inci) yang dibuat sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah. Sudut dari keempat marka membentuk bentuk empat persegi yang disebut berlian (diamond).

Di belakang home plate terdapat batasan yang disebut backstop sejauh 7,62 dan 9,14 meter di belakang home plate.


Jarak lintasan antar marka yang ditentukan
  • Lintasan Fast Pitch: 60 kaki (18,29 m)
  • Lintasan Slow Pitch: 60 kaki atau 65 kaki (19,81 m)

Jarak melempar (pitching) fast pitch yang ditentukan
  • Dewasa. Puteri: 43 kaki (13,11 m), Putera: 46 kaki (14,02 m)
  • Di bawah 18 tahun. Puteri: 40 kaki (12,19 m) atau 35 kaki, Putera: 46 kaki (14,02 m)
  • Di bawah 15 tahun. Puteri: 40 kaki (12,19 m) atau 35 kaki, Putera: 46 kaki (14,02 m)

Jarak melempar (pitching) slow pitch yang ditentukan
  • Dewasa. Puteri: 50 kaki (15,24 m), Putera: 50 kaki (15,24 m), Puteri (univ)     : 50 kaki (15,24 m)
  • Di bawah 18 tahun. Puteri: 50 kaki (15,24 m), Putera: 46 kaki (14,02 m).
  • Di bawah 15 tahun. Puteri: 50 kaki (15,24 m), Putera: 46 kaki (14,02 m) 

Sumber: Wikipedia

Aturan lainnya:

Tipe Permainan Softball

Terdapat 3 tipe permainan sofbol yakni:
 
1.  Fastpitch softball juga dikenal sebagai fastpitch atau bola cepat, adalah bentuk permainan softball yang umumnya dimainkan oleh perempuan dan laki-laki. Fast pitch softball merupakan permainan yang ditentukan oleh pelempar bola. Pelempar melempar bola dengan kecepatan maksimum, serupa dengan bisbol. Perbedaan terdapat pada gaya lempar pelempar bola dan cara pelepasan bola. Pelepasan bola terletak di bawah atau sama dari posisi glove.

 
2. Modified pitch softball atau sering dikenal dengan nama modball. Tujuan utamanya adalah untuk melunakkan aturan-aturan yang dipakai di kategori fast-pitch sehingga pemain-pemain yang belum terbiasa tidak akan terkejut dengan peraturan-peraturan yang "ketat" di sofbol seperti strike zone, jarak antara marka, lamanya permainan dan lain-lain. Kecepatan lemparan pelempar bola dalam modball berada di antara fast dan slow pitch. Kecepatan bola dibatasi dengan putaran lengan melebihi bahu.

3. Slow pitch softball memberikan kemudahan bagi pemukul untuk memukul bola. Pemukul bola diberi bola terus-menerus oleh pelempar bola sampai bisa memukul bolanya. Lemparan pelempar bola pelan melambung. Permainan ini sering dimainkan dalam komunitas sosial sebagaimana sebuah kompetisi, tanpa dibatasi umur dan gender.

Aturan lainnya:

Sejarah Singkat Softball di Dunia

Foto Softball
Foto pertama dari tim softball, Chicago, 1897 (sumber: en.wikipedia.org) 
Softball adalah varian dari bisbol dengan bola yang lebih besar di lapangan yang lebih kecil. Olahraga ini diciptakan pada tahun 1887 di Chicago sebagai permainan dalam ruangan. Pada awalnya disebut bisbol dalam ruangan, bola bubur, taman bermain, softball, bola anak kucing, karena itu juga dimainkan oleh perempuan, bisbol wanita. Nama softball diberikan kepada permainan pada tahun 1926.

Permainan sofbol bermula di Amerika Serikat, yang diciptakan di Gedung Olah Raga Farragut Boat Club Chicago, Illinois pada 16 September 1887 secara tidak sengaja oleh George Hancock.

Awalnya terdapat beberapa alumni Universitas Yale dan Harvard sedang mendengarkan hasil akhir pertandingan sepak bola Amerika antar Yale dan Harvard di klub Farragut Boat. Setelah skor akhir diumumkan yaitu kemenangan Yale, seorang alumnus Yale dengan antusias melempar sebuah sarung tinju ke pendukung Harvard. Seorang dengan reflek mengambil sebuah tongkat dan memukul ke arah sarung tinju itu. Melihat hal itu memberikan sebuah ide seorang reporter Chicago Board of Trade, George Hancock. Dia menyarankan untuk membuat sebuah permainan di dalam ruangan dengan bola yang dibuat dari sarung tinju yang dilempar tadi. Dia mengambil sarung tinju itu dan mengikatnya dengan erat memakai sebuah tali, supaya menyerupai bola. Kemudian dengan beberapa buah kapur, Hancock menandai lantai Farragut Boat menyerupai lapangan bisbol.

Sebagai pemukul digunakanlah sebuah sapu. Tim dibagi menjadi dua dan Hancock meneriakkan kata-kata “Play ball”, maka dimulailah permainan itu dengan skor akhir 44-40. Semenjak itu permainan bisbol versi dalam ruangan dikenal. Dinamakan indoor baseball. ‎ Karena bentuk bola yang berubah-ubah. Nama sofbol sebelumnya menyesuaikan material yang digunakan untuk membuat bolanya, jadilah nama-nama yang digunakan waktu itu yaitu kitten ball, army ball, mush ball, dan juga indoor-outdoor, recreation ball, dan playground ball.

Di awal abad ke-20 sofbol mulai dimainkan di luar ruangan sebagaimana dilakukan di dalam ruangan. Tahun 1908 organisasi amatir untuk permainan baru ini (National Amateur Playground Ball Association of the United States) mengatur olah raga ini untuk dimainkan di luar ruangan menggunakan bola yang lebih besar. Tahun 1923 Kongres Rekreasi Nasional (the National Recreation Congress) meminta komisi untuk menstandardisasi olah raga ini, dan tahun 1926 nama "softball" digunakan walaupun belum diresmikan.

Pada tahun 1933, kejuaraan dunia pertama dilaksanakan dalam lindungan Asosiasi Sofbol Amatir Amerika (Amateur Softball Association of America) di mana telah digunakan sebagai peraturan pokok di Amerika. Juara untuk sofbol kelas pria pada saat itu adalah J. L. Gills dari Chicago, dan juara kelas wanita yaitu Great Northerns dari kota yang sama. Walaupun kejuaraan yang dipertandingkan adalah amatir, mereka biasa di sponsori oleh organisasi industri di wilayahnya.

Sejak tahun 1933 “softball” telah menjadi sebuah nama resmi. Dan pada tahun 1934, pembentukan peraturan bersama untuk lebih jauh memberikan standardisasi peraturan sofbol. Sudah banyak perubahan peraturan sejak saat itu, khususnya pada tahun 1946, di mana terdapat perubahan jumlah pemain dalam satu tim dari 10 ke 9 orang. Pemain ke sepuluh dinamakan “shortfielder” pada saat itu bertugas sebagai penjaga daerah dangkal bagian luar yang menjelalajah di belakang dalam. Tahun 1950 jarak antara pitcher’s plate dan home plate ditambah untuk putera dari 43 kaki ke 46 kaki (13.114 meter).

Dilihat dari segi partisipan, sofbol telah berkembang menjadi olahraga tim yang besar dan digemari. Lapangan yang lebih kecil tersedia. Baik wanita maupun pria , dapat memainkannya. Lebih jauh pria di luar usia atlet dapat memainkan sebagai kegiatan di luar permainan resmi seperti piknik atau dalam komunitas sosial tanpa melalui pemanasan dan latihan rutin yang diperlukan, sejenis dalam bisbol.

Pada tahun 1960an, sebagian dari 125,000 tim telah terdaftar di Asosiasi Sofbol Amatir Amerika. Dan mengadakan enam kejuaraan nasional tiap tahun. Ini tidak termasuk anggota pria maupun wanita yang bertanding dalam kompetisi tidak resmi. Di Negara lain sofbol juga menjadi olahraga yang digemari baik pria wanita tua maupun muda.

Pada tahun 1949, tim Kanada, Toronto's Tip Top Tailors, memenangi kejuaraan internasional yang dilakukan secara berkala oleh Asosiasi Sofbol Amatir dan merupakan kompetisi pertama yang benar-benar merupakan kejuaraan tingkat dunia untuk putera. Diadakan tahun 1966 dibawah sponsor dari Federasi Sofbol Internasional (International Softball Federation). Australia memenangkan kejuaraan pertama untuk wanita tahun 1965. (Sumber: Wikipedia)

Aturan lainnya:

Pengertian Softball Beserta gambarnya

Lapangan Softball
 Softball
Sofbol atau dikenal dengan softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari dua tim, dilakukan dengan memukul bola dengan tongkat pemukul. Bola akan dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan, yaitu pemukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Terdapat sebuah regu yang berjaga (defensif) dan tim yang memukul (ofensif). Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri marka (base) pelari hingga menyentuh marka akhir yaitu home plate.

Aturan lainnya:

Teknik Dasar Permainan Kasti

Permainan kasti adalah salah satu permainan yang dilakukan oleh dua tim. Diperlukan penguasaan teknik permainan bagi seluruh pemain. Karena dengan menguasai teknik-teknik Dasar Permainan Kasti, kita dapat bermain dengan baik dan tentu lebih menyenangkan. Teknik-teknik dasar permainan kasti meliputi teknik melempar, memukul, dan menangkap bola. Berikut ini penjelasannya...


a. Cara memegang Bola kasti yang benar

  • Pegang bola dengan seluruh jari tangan.
  • Pegang bola dengan erat.
  • Jarak jari tangan hendaknya tidak terlalu rapat.

b. Melempar Bola

cara memegang bola kastiDalam dunia Kasti, terdapat dua jenis lemparan yang paling piopuler yakni Melempar Melambung dan Melempar Lurus atau Datar.


1. Melempar Melambung

Lemparan melambung adalah terkni melempar bola yang bertujuan memberikan bola kepada teman yang letaknya agak jauh. Teknik ini digunakan oleh pelempar. Bola yang dilempar Pelempar harus dapat melambungkan bola sesuai permintaan pemukul. Lambungan yang benar adalah posisi bola antara pusar dan dada. Berikut ini cara melakukannya:
  1. Pandangan ke depan.
  2. Berdirilah menyamping dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.
  3. Buka kaki dengan lebar.
  4. Luruskan lutut kaki kiri dan bengkokkan lutut kaki kanan.
  5. Peganglah bola dengan tangan kanan.
  6. Luruskan tangan kiri sejajar bahu dan berada di depan.
  7. Lemparkan bola dari atas kepala sehingga bola melambung tinggi.
  8. Ikuti jalannya lemparan bola dengan tangan.
 
2. Melempar Lurus atau Datar

Teknik melempar bola dengan posisi bola lurus/datar digunakan untuk melempar pelari atau pemukul. Saat melakukannya gunakan tenaga seperlunya, tidak terlalu keras atau terlalu pelan. Teknik ini membutuhkan kecepatan dan ketepatan. Sasarannya adalah punggung atau pantat pelari atau pemukul. Berikut ini cara melakukannya:
  • Pandangan ke depan.
  • Berdirilah menyamping dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.
  • Buka kaki dengan lebar.
  • Luruskan lutut kaki kiri dan bengkokkan lutut kaki kanan.
  • Peganglah bola dengan tangan kanan dan dengan sudut sikut 90°.
  • Luruskan tangan kiri sejajar bahu dan berada di depan.
  • Lemparkan bola sejajar dari kepala agar jalannya bola sejajar dengan dada.
  • Ikuti jalannya lemparan bola dengan tangan.

c. Menangkap Bola

Cara menangkap disesuaikan dengan arah bola yang datang. Arah bola terbagi menjadi tiga jenis yakni: bola melambung, bola mendatar atau setinggi dada, dan bola menyusur tanah

1. Menangkap Bola Melambung
  • Berdirilah tegak dengan kaki kanan di depan.
    Menangkap Bola Melambung
  • Arahkan pandangan ke arah datangnya bola.
  • Bengkokkan siku dan tangan berhadapan.
  • Lemaskan dan renggangkan jari-jari.
  • Tangkaplah bola.
2. Menangkap Bola Mendatar
  • Berdirilah tegak dengan kaki kanan di depan.
    Menangkap Bola Mendatar
  • Arahkan pandangan ke arah datangnya bola.
  • Bengkokkan siku dan tangan berhadapan di dada.
  • Lemaskan dan renggangkan jari-jari.
  • Tangkaplah bola.
3. Menangkap Bola Menyusur Tanah
    Menangkap Bola Menyusur Tanah
  • Berdirilah tegak dengan kaki kiri di depan.
  • Arahkan pandangan ke arah datangnya bola.
  • Tekuk kaki kiri dan lutut kaki kanan menempel di tanah.
  • Letakkan kedua telapak tangan saling berhadapan di depan kaki kanan.
  • Tangkaplah bola.
Lakukanlah latihan melempar dan menangkap bola. Kita bisa melakukannya sendiri, misalnya dengan melemparkannya ke tembok. Tapi alangkah lebih baik jika melakukannya dengan teman kita. Lakukanlah secara berpasangan. Lakukan latihan ini dengan jarak dekat dahulu. Setelah menguasainya, lakukan dengan jarak yang semakin jauh sampai 4 m.


d. Memukul Bola

Memukul adalah satu keterampilan yang harus dikuasai pemain kasti. Setiap pemain harus bisa memukul bola dengan berbagai cara. Pukullah bola sejauh jauhnya agar regu penjaga sulit atau tidak bisa menangkapnya. Sebelum belajar memukul bola, cara memegang alat pemukul harus diperhatikan. Cara memegang alat pemukul yang benar adalah sebagai berikut.
  • Condongkan badan ke arah pemukul.
  • Buka kedua kaki selebar bahu.
  • Pegang dengan tangan kanan, tarik kayu pemukul ke belakang sampai bahu.
  • Beri tanda arah bola yang diinginkan dengan tangan kiri.
  • Perhatikan bola dan pukullah.
  • Gerakkan pemukul dilakukan dengan kekuatan gerakan badan dan tangan kanan.

1. Pukulan Melambung

Teknik pukulan melambung digunakan untuk menghasilkan arah bola yang melambung jauh. Berikut ini cara melakukannya:
    Pukulan Melambung
  • Buka kaki sehingga kaki kiri berada di depan dan kaki kanan di belakang.
  • Serongkan tangan pemegang pemukul 45 derajat ke bawah.
  • Lihatlah arah datangnya bola.
  • Pukullah bola sekuat-kuatnya dengan mengayun tangan pemukul mencapai samping kiri atas.

2. Pukulan Mendatar

Teknik pukulan ini digunakan jika kita menginginkan gerakan bola yang sangat cepat, melesat ke depan. Berikut ini cara melakukannya:
    Pukulan Mendatar
  • Buka kaki sehingga kaki kiri berada di depan dan kaki kanan di belakang.
  • Posisikan pemukul agar sejajar dengan bahu.
  • Tangan kiri meminta arah bola mendatar.
  • Lihatlah arah datangnya bola.
  • Pukullah bola sekuat-kuatnya dengan mengayun pemukul secara mendatar.

3. Pukulan Merendah

Teknik pukulan ini digunakan bila kita menginginkan arah jalannya bola yang cepat dan memantul ke tanah. Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
    Pukulan Merendah
  • Buka kaki sehingga kaki kiri berada di depan dan kaki kanan di belakang.
  • Tarik tangan pemegang pemukul ke belakang atas.
  • Lihatlah arah datangnya bola.
  • Pukullah bola dengan mengayunkan pemukul dari atas ke arah bawah.

Aturan lainnya:

Cara bermain Kasti Yang Benar

Kasti
Sumber ganbar: sipenulisdina.blogspot.com
Permainan kasti biasanya dimainkan oleh anak anak sekolah dasar. Permainan ini dilakukan oleh dua regu, salah satu regu mendapat giliran jaga dan satu regu lagi mendapat giliran untuk memukul.

Disediakan beberapa pos yang ditandai dengan tiang dimana pemain serang (yang mendapat giliran pukul) tak boleh di"gebok" atau dilempar dengan bola. Pemain serang bergiliran memukul bola yang diumpan oleh salah seorang pemain jaga.

Pemain jaga berjaga dilapangan untuk mencoba menangkap pukulan pemain serang. Ketika bola terpukul pemain serang berlari ke pos berikut atau "pulang" ke "rumah" yang dibatasi dengan sebuah garis.

Kalau pemain yang sedang lari menuju pos atau pulang dapat di"gebok" dia dinyatakan mati dan kedua regu berganti sehingga regu serang menjadi regu jaga dan sebaliknya.

Pemain serang yang berhasil pulang mendapat satu angka. Regu yang mendapat angka terbanyak ketika pertandingan berakhir dinyatakan menang. (Sumber: http://mastugino.blogspot.co.id/2013/09/teknik-dasar-permainan-kasti.html)

Aturan lainnya:

Gambar Lapangan Kasti Beserta Ukurannya

Lapangan Kasti
Lapangan Kasti (Klik gambar untuk memperbesar)
Saat akan melakukan permainan kasti maka kita dapat menggunakan lapangan apa saja dengan ukuran yang disesuaikan.  Namun alangkah baiknya ketika bermain bola kasti kita menggunakan lapangan yang luas apalagi ketika tiap pemain dari masing-masing tim ada banyak.

Lapangan kasti sendiri terdiri dari beberapa bagian. Yang pertama bagian untuk pemain yang akan melempar (area pelempar atau pelambung), area pemukul, area pos-pos, dan ruang bebas. Tiap bagian ini diberi tanda menggunakan bendera kecil atau benda-benda lainnya seperti keset atau kain.

Lapangan kasti berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 60-70 meter dan lebar 30 meter. Lapangan terdiri dari beberapa bagian. Yaitu bagian pelempar (pelambung), pemukul, tiang hinggap base (1) dan tiang hinggap terakhir (2) di ujung lapangan, dan ruang bebas. Bagian-bagian ini diberi tanda. Untuk tandanya bisa digunakan keset atau bendera kecil. Sementara untuk ruang tunggu berukuran 5 meter.

Aturan lainnya:

Sejarah Olahraga Kasti

Kasti
Kasti Atau Kastik adalah salah satu jenis permainan tradisional beregu. Olah raga ini dilakukan oleh dua regu dengan menggunakan Bola dan tongkat sebagai pemukul bola untuk melakukan gerakan memukul dan menangkap bola. Ada dua regu yang bermain dalam setiap permainan, yaitu regu pemukul dan regu regu penjaga.

Dalam sejarahnya, permainan Kasti telah dimainkan di Inggris sejak zaman Tudor pada tahun 1744 di Pretty little Pocket-Book yang saat itu disebut " lingkungan " oleh John Newbery.

Pada tahun 1828, William Clarke di London menerbitkan edisi kedua dari buku The Boy, yang meliputi aturan Kasti yang dicetak pertama di Inggris.

Tahun berikutnya, buku ini diterbitkan di Boston, Massachusetts yang pertama membuat aturan nasional yang diformalkan disusun oleh Athletic Association Gaelic (GAA) di Irlandia pada tahun 1884. Game ini masih diatur oleh GAA di Irlandia. Di Inggris diatur oleh Inggris, Rounders yang dibentuk pada tahun 1943.

Sementara dua asosiasi yang berbeda, berbagi elemen permainan dan budaya yang sama. Kompetisi ini diselenggarakan antara tim dari kedua tradisi, dengan permainan yang dilakukan bergantian antara kode dan satu versi yang dimainkan di pagi hari dan satu lagi di sore hari.

Dinasti Tudor adalah dinasti raja dan ratu di Inggris. Garis penguasa ini dimulai pada tahun 1485, ketika Henry VII mengalahkan Richard III pada Pertempuran Bosworth. Henry diterima sebagai raja sesungguhnya.

Setelah aturan formal Kasti di Irlandia, Asosiasi didirikan di Liverpool dan Skotlandia di pertandingan 1889. Baik 'New York' dan 'permainan' versi Massachusetts bisbol sekarang mati, softball, serta berbagi akar sejarah yang sama sebagai Kasti dan memiliki kesamaan dengan versi GAA. Kasti tidak berhubungan dengan Inggris Raya, yang masih bermain di Liverpool, Cardiff dan Newport.

Meskipun Kasti diasumsikan lebih tua dari bisbol, referensi sastra untuk bentuk awal utama 'bola' di pra-Inggris Raya. Permainan ini sekarang dimainkan hingga tingkat internasional.


Kasti modern

Kasti atau Gebokan merupakan sejenis olahraga bola. Permainan yang dilakukan 2 kelompok ini menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu untuk disusun. Siapapun yang berhasil menumpuk batu tersebut dengan cepat tanpa terkena pukulan bola adalah kelompok yang memenangkan permainan. Pada awal permainan, ditentukan dahulu kelompok mana yang akan menjadi penjaga awal dan kelompok yang dikejar dengan suit. Kelompok yang menjadi penjaga harus segera menangkap bola secepatnya setelah tumpukan batu roboh oleh kelompok yang dikejar. Apabila bola berhasil menyentuh lawan, maka kelompok yang anggotanya tersentuh bola menjadi penjaga tumpukan batu. Kerjasama antaranggota kelompok sangat dibutuhkan seperti halnya olahraga sofbol atau bisbol.

Versi lain permainan kasti yang banyak dimainkan anak anak sekolah dasar: pemain dibagi dua regu, salah satu mendapat giliran jaga dan satu regu lagi mendapat giliran untuk memukul. Disediakan beberapa pos yang ditandai dengan tiang dimana pemain serang (yang mendapat giliran pukul) tak boleh di"gebok" atau dilempar dengan bola. Pemain serang bergiliran memukul bola yang diumpan oleh salah seorang pemain jaga. Pemain jaga berjaga dilapangan untuk mencoba menangkap pukulan pemain serang. Ketika bola terpukul pemain serang berlari ke pos berikut atau "pulang" ke "rumah" yang dibatasi dengan sebuah garis. Kalau pemain yang sedang lari menuju pos atau pulang dapat di"gebok" dia dinyatakan mati dan kedua regu berganti - regu serang jadi regu jaga dan sebaliknya. Pemain serang yang berhasil pulang mendapat satu angka. Regu yang mendapat angka terbanyak ketika pertandingan berakhir dinyatakan menang. Permainan ini memang menggunakan gerak dasar berlari, memukul bola dengan sebuah tongkat, menangkap dan melempar. Terdiri dari 2 base dengan jarak minimal 20 meter.


Sumber:

Aturan lainnya:

Pengertian Bola Kasti

Kasti
Kasti Atau Kastik adalah salah satu jenis permainan tradisional beregu. Olah raga ini dilakukan oleh dua regu dengan menggunakan Bola dan tongkat sebagai pemukul bola untuk melakukan gerakan memukul dan menangkap bola. Ada dua regu yang bermain dalam setiap permainan, yaitu regu pemukul dan regu regu penjaga.

Alat pemukul berupa tongkat umumnya terbuat dari kayu. Panjang tongkat pemukul adalah 60 cm. Bola kasti terbuat dari bahan karet yang di bagian dalamnya diisi dengan sabut kelapa atau bahan sejenis. Bila tidak ada bola kasti, bisa juga menggunakan bola tenis yang sedikit dilubangi. Hal itu agar bola sedikit kempes, sehingga bila dipukul tidak melambung terlalu jauh.

Kasti bisa dimainkan oleh anak laki-laki maupun perempuan. Agar dapat bermain kasti dengan baik kita dituntut memiliki beberapa keterampilan yaitu memukul, melempar, dan menangkap bola serta kemampuan lari.

Aturan lainnya: