Organisasi Pencak Silat di Dunia

Berikut ini beberapa Organisasi pencak silat yang ada di Dunia
  • PERSILAT- Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa
  • IPSI - Ikatan Pencak Silat Indonesia
  • FP2STI - Forum Pecinta dan Pelestari Silat Tradisional Indonesia
  • PESAKA Malaysia - Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia
  • PERSISI - Persekutuan Silat Singapore
  • EPSF - European Pencak Silat Federation
Sampai saat ini Anggota Organisasi Pencak Silat yang sudah terdaftar/tercatat di PERSILAT sebanyak 33 organisasi di seluruh dunia.


PERSILAT- Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa

Persilat (atau Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa), yang didirikan di Jakarta pada tanggal 11 Maret 1980, adalah satu-satunya organisasi internasional Pencak Silat di dunia.
PERSILAT- Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa
PERSILAT dikelola secara kolektif oleh sebuah Presidium yang terdiri dari 69 anggota. Eddie M. Nalapraya ditetapkan sebagai Ketua Presidium. Tugas Presidium adalah antara lain menyelenggarakan Kongres PERSILAT. Kongres yang pertama diselenggarakan oleh Presidium pada tahun 1983 di Kuala Lumpur. Asas PERSILAT adalah persaudaraan, kekeluargaan, persatuan dan menghormati satu sama lain serta tidak membeda-bedakan kebangsaan dan agama. PERSILAT adalah organisasi non-politik.

PSI - Ikatan Pencak Silat Indonesia
IPSI - Ikatan Pencak Silat Indonesia

Ikatan Pencak Silat Indonesia (disingkat IPSI) adalah induk organisasi resmi pencak silat di Indonesia di bawah naungan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia). Pencak silat merupakan olahraga seni beladiri yang berasal dari bangsa Melayu, termasuk Indonesia. Jumlah perguruan pencak silat sangat banyak, berdasarkan catatan PB IPSI sampai dengan tahun 1993 telah mencapai 840 perguruan pencak silat di Indonesia. Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). IPSI didirikan pada tanggal 18 Mei 1948 di Surakarta, Jawa Tengah.

FP2STI - Forum Pecinta dan Pelestari Silat Tradisional Indonesia 
FP2STI - Forum Pecinta dan Pelestari Silat Tradisional Indonesia

Fp@STI merupakan suatu wadah silahturahmi orang-orang yang berempati terhadap perkembangan Silat Tradisi. FP2ST suatu wadah informal yang tidak berafiliasi dengan organisasi manapun, dan bersifat cair (mewadahi semua golongan).


PESAKA Malaysia - Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia

PESAKA Malaysia - Persekutuan Silat Kebangsaan MalaysiaPersekutuan Silat Kebangsaan Malaysia (PESAKA) didirikan pada 24 September 1983, dalam usaha mewujudkan satu organisasi Persilatan di Malaysia pada saat itu terdapat 4 Pertubuhan Peringkat Malaysia yaitu: Seni Silat Lincah Malaysia, Silat Seni Gayong Malaysia, Seni Gayung Fatani Malaysia dan Seni Silat Cekak Malaysia beserta 16 buah PESAKA Negeri (Perlis, Kedah, Pulau Pinang, Perak, Selangor, Kuala Lumpur, Negeri Sembilan, Melaka, Johor, Pahang, Terengganu, Kelantan, Sarawak, Sabah, Labuan dan Putrajaya) yang bergabung. Kini dianggarkan seramai 4 juta ahli-ahli silat di seluruh Malaysia.


PERSISI - Persekutuan Silat Singapore

PERSISI - Persekutuan Silat SingaporeSingapore Silat Federation adalah tangan-tangan yang bekerja dengan Singapore Sports Council (SSC), Dewan Olimpiade Nasional Singapura (SNOC), Asosiasi Rakyat (PA), International Pencak Silat Federation (PERSILAT), dan masih banyak lagi untuk mempertahankan kesadaran olahraga lokal dan internasional.

Singapore Silat Federation adalah salah satu anggota pendiri untuk PERSILAT, dan salah satu negara yang terlibat secara langsung dan aktif untuk memastikan olahraga berhasil terorganisir dengan baik di seluruh dunia.

Singapore Silat Federation atau juga dikenal sebagai Persekutuan Silat Singapura (persisi) dibentuk pada tahun 1976 dan terdaftar dengan Registry of Societies (UEN Nomor S76SS0039A). Persisi telah berhasil terdaftar dan diperbaharui dengan Lembaga Karakter Umum (IPC000526) tahunan, dan menerima status Charity di bawah Amal Act sejak April 2011. Singapore Silat Federation juga bersertifikasi ISO 9001: 2008 dari Sertifikasi Wali Kemerdekaan sejak sertifikasi pertama pada bulan November 2009.

Saat ini ada 20 afiliasi dan 32 klub Silat yang aktif melakukan pelajaran Silat di Singapura, di seluruh pulau. Singapore Silat Federation merupakan badan utama untuk olahraga meliputi lingkup yang besar, seperti; pengelolaan kegiatan Silat, pembinaan, bakat-kepramukaan, koordinasi kompetisi di seluruh dunia, wasit teknis (Wasit / Juri, dan jasa Sekretariat), promosi budaya seni untuk lembaga pendidikan, perusahaan, dan masyarakat.


EPSF - European Pencak Silat Federation

EPSF - European Pencak Silat FederationEuropean Pencak Silat Federation (EPSF) adalah badan resmi untuk Pencak Silat di Eropa dan merupakan perwakilan PERSILAT (Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa), badan dunia untuk Pencak Silat yang berbasis di Jakarta, Indonesia.

Pada tanggal 22 September 2001, Duta besar H.E. Bapak Abdul Irsan SH, Kedutaan Besar Republik Indonesia ke Belanda meresmikan EPSF di hadapan PERSILAT dan delegasi dari National Pencak Silat Federasi negara-negara anggota Eropa.

EPSF adalah badan koordinasi regional PERSILAT dan diatur oleh konstitusi PERSILAT. Selain itu, aturan dan peraturan untuk menjalankan internal EPSF yang ditetapkan dalam 'Standing Order' disetujui oleh PERSILAT dan negara-negara anggota Eropa.

Aturan lainnya: