Kata-Kata Umum dan Gerakan Yang Ada Dalam Permainan Catur

Terdapat beberapa kosa kata dan atau gerakan yang biasanya digunakan dalam permainan catur, berikut ini penjelasannya.


Rokade
Rokade
Contoh Rokade
Rokade (dalam bahasa Inggris, castling) merupakan gerakan khusus dalam catur di mana Raja bergerak dua petak menuju Benteng di baris pertamanya, kemudian meletakkan Benteng pada petak terakhir yang dilalui Raja.

Persyaratan rokade:
  • Bidak Raja dan Benteng yang akan dilibatkan dalam rokade harus belum pernah bergerak;
  • Tidak ada bidak lain di antara Raja dan Benteng;
  • Raja tidak sedang di-skak, dan petak-petak yang dilalui Raja tidak sedang diserang oleh buah catur lawan;
Hal-hal berikut ini merupakan kesalah pengertian dalam rokade, yang semestinya tidak berlaku:
  • Bidak benteng yang terlibat rokade sedang diserang;
  • Jika benteng yang dilibatkan berada di sisi menteri, petak yang berada persis di samping Benteng tersebut tidak boleh dalam serangan.


En passant

En passant terjadi Ketika pion bergerak dua petak maju dan ada pion lawan yang berada satu petak dalam baris tujuan, maka pion lawan dapat memakan dan menempati petak yang baru saja dilalui pion tersebut (seolah-olah pion tersebut bergerak satu petak maju). Namun, gerakan ini hanya dapat dilakukan sesaat setelah gerakan pion maju dua petak, atau hak lawan untuk melakukan gerakan en passant ini hilang.


Promosi
Contoh gerakan pion: promosi (kiri) dan en passant (kanan)
Contoh gerakan pion: promosi (kiri) dan en passant (kanan)
Ketika pion telah maju hingga menempati baris paling akhir, berbarengan dengan gerakan maju tersebut, pion dipromosikan dan harus ditukar dengan bidak berdasarkan keinginan pemain, yaitu menteri, Benteng, Gajah, ataupun Kuda dengan warna yang sama. Pada umumnya, pion dipromosikan menjadi menteri. Tidak ada pementeriran yang membatasi bidak yang dipilih sebagai promosi, jadi dimungkinkan memiliki bidak yang melebihi jumlahnya waktu awal permainan (semisal, dua menteri).


Skak

Skak adalah keadaan ketika Raja sedang diserang oleh satu atau lebih bidak lawan. Pemain yang Rajanya diskak harus menggerakkan Rajanya supaya tidak terserang. Hal ini dapat dilakukan dengan memakan bidak lawan yang menyerang, menutup serangan lawan dengan menempatkan sebuah bidak di antaranya (apabila yang menyerang menteri, Benteng, atau Gajah dan ada petak kosong di antara Raja dan bidak lawan), atau memindahkan Raja ke petak yang tidak sedang diserang. Rokade tidak diijinkan apabila Raja sedang diskak.


Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Catur